Accounting Department - Tugas dan Tanggung Jawab Accounting and Office Manager, Assistant Accounting and Office Manager , Cost Control Supervisor dan Store Keeper Supervisor Secara Lengkap
Jumat, 11 September 2020
Bagian Accounting
dalam hotel bertanggung jawab untuk mengendalikan kegiatan operasional
keuangan. Jumlah orang di Bagian Accounting tergantung pada pengelolaan
keuangan orang yang bersangkutan. Staf Accounting perusahaan lokal dalam
pembentukan instansi, mereka mengumpulkan dan mengirimkan data, serta
bertanggung jawab untuk hasil operasi perhitungan secara aktual. Sebagai contoh
adalah daftar waktu dilanjutkan pada kantor instansi di mana daftar gaji
karyawan ditarik dan dikirim kembali ke Bagian Accounting setiap hari, setiap
minggu, atau waktu yang telah ditentukan. Laporan pendapatan kemudian diketik
lalu dikirim ke kantor pusat. buas membayar semua rekening, mengirim laporan,
menerima pembayaran (rekening yang diterima), menghitung informasi daftar gaji
dan menulis daftar gaji, mengakumulasi data operasi (pendapatan dan biaya), dan
mengumpulkan laporan pendapatan bulanan. Selain itu, mereka membuka rekening
bank, mengamankan uang perusahaan, mengatur semua kegiatan di Bagian
Accounting.
Pembagian Kerja dalam Accounting Department
Istilah dalam Accounting Perhotelan
- Accounting : bagian yang menangani keuangan hotel baik pemasukan maupun pengeluaran
- Company Account : pencatatan dalam laporan keuangan transaksi antar cabang dari perusahaan yang sama
- Account : bagian pembukuan yang menangani data-data pengeluaran di hotel
- Charge : biaya
- Extra Charge : biaya tambahan
- Reimbushment : uang penggantian uang karyawan untuk membeli bahan operasional
- Compliment : tidak dikenakan biaya (gratis)
- Patty Cash : dana kas kecil
- Posting : pemindahan dari captain order ke guest bill
- Corkage Charge : biaya yang dikenakan untuk makanan dan minuman yang dibawa dari luar
- Cover Charge : biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang datang
- Banquet : sub.department dari F&B yang bertugas untuk menjual function room, serta fasilitas hotel lainnya
- Officer's Check : bill yang diperuntukkan untuk karyawan yang memegang keputusan (manager) di restaurant
- Cancellation : pembatalan oleh pihak pemesan, bahwa mereka tidak jadi menggunakan fasilitas hotel
- Cancellation Fee : biaya yang dikenakan atas dasar pembatalan pemesanan
Pembagian Kerja dalam Accounting Department
1. Accounting and Office Manager
Jabatan : Accounting and Office
Manager
Bagian : Accounting Department
Seksi : -
Atasan Langsung : General Manager
Bawahan Langsung : Assistant
Accounting and Office Manager, Credit Manager, Cost Control Supervisor, Store
Keeper Supervisor, Purchasing Supervisor
a. Fungsi
Bertanggung jawab atas kelancaran operasional di
Accounting Department yang menyangkut kegiatan proses pencatatan, penyusunan
laporan keuangan, dan pengendalian, atau pengawasan seluruh laporan baik yang
menyangkut aspek keuangan maupun operasional, serta menyusun anggaran
perusahaan, melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh General Manager
dan melaksanakan fungsi-fungsi Manager di Accounting Department
b. Uraian
Tugas
1) Tugas Harian (Daily)
- meneliti seluruh kepala seksi Accounting Department yang hadir sesuai jadwal waktu kerja (work time schedule) yang berlaku
- meneliti dan menandatangani daily income summary general cashier report
- meneliti dan menandatangani deposit income ke bank atau setoran income ke direksi (owning company)
- meneliti dan menandatangani daily sales report
- meneliti dan menandatangani daily collection report atau hasil pengutipan dan account receivable yang disetorkan ke Front Office Cashier
- meneliti dan menandatangani allowance atau rebate credit yang ada
- meneliti dan menandatangani semua purchase request (PR) yang ada untuk persetujuannya
- meneliti dan menandatangani untuk persetujuannya yang menyangkut semua pembayaran advance payment, cash/check request, cash disbursement voucher, voucher payable, reimbursement, dll.
- menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di Accounting Department dan jalan keluarnya
- melaksanakan instruksi-instruksi dari General Manager
- membantu dan menyelesaikan masalah-masalah yang timbul baik dan manajemen maupun dari departemen lain apabila diminta pertimbangannya
- meneliti dan melakukan tindak lanjut seluruh laporan harian dari departemen-departemen yang masuk ke Accounting Department
- meneliti dan menandatangani daily flash food cost report
- meneliti, melakukan tindak lanjut, dan mengkoordinir atas penyelesaian out standing balance of accounts receivable baik guest active (in the house) maupun city ledger
- meneliti, melakukan tindak lanjut, dan mengoordinir atas penyelesaian out standing balance of account payable (hutang rekanan) dan other payable
2) Tugas Mingguan/Sepuluh Hari (Ten Days)
- meneliti dan menandatangani laporan mingguan darn cost control:weekly report food sales & cost by outlets, weekly report beverage sales, cost & over or short by outlets, weekly report beverage actual sales, potential sales & cost by outlets
- meneliti dan melakukan tindak lanjut ten days report for cast dari Front Office
- mengkoordinir weekly inventory food & beverage dan Cost Control
3) Tugas Bulanan (Monthly)
- mengoordinir penyusunan laporan keuangan atau financial statement dan melakukan koreksi-koreksi yang diperlukan
- meneliti dan menandatangani serta membuat komentar untuk laporan keuangan atau financial statement
- meneliti dan menandatangani semua bank reconciliation
- meneliti dan menandatangani semua journal voucher entry yang ada beserta journal adjustment yang ada
- mengoordinir monthly inventory yang dilakukan oleh Cost Control
- minimal sebulan sekali mengadakan check on the spot: house bank general cashier, house bank & income FOC dan rest & bar cashier, receiving, store, accounts payable card, accounts receivable card, cardex guest bill di FOC dan details of nett out standing
- memimpin rapat Accounting Department yang membahas masalah yang timbul dan mencari jalan keluarnya, serta melaporkan secara tertulis kepada manajemen
- meneliti, menandatangani, dan melakukan tindak lanjut aged trial balance of accounts receivable
- meneliti, menandatangani, dan melakukan tindak lanjut age trial balance of account payable
- meneliti dan melakukan tindak lanjut cost control reconciliation
- menandatangani jadwal kerja dan Accounting Department
4) Tugas Tengah Tahunan (Six Months)
- mengoordinir semi annual inventory oleh Cost Control yang menyangkut fixed assets dan operating equipments
- meneliti dan menandatangani replacement & consumption operating equipments dan Cost Control
5) Tugas Tahunan (Yearly)
- mengoordinir yearly inventory secara keseluruhan yang menyangkut food & beverage and supplies, fixed assets, dan operating equipments
- meneliti dan menandatangani inventory book
- mengadakan adjustment & correction untuk semua accounts yang terjadi.
- membantu manajemen dalam penyusunan goals action plan dan anggaran yang meliputi marketing plan atau marketing objectives, payroll budget, profit & loss statement budget, cash flow budget, operating equipment budget, dan budget investasi
- memberikan penilaian atas kecakapan/prestasi karyawan dan staf Accounting Department
- menyusun program rencana kerja Accounting Department
6) Tugas-Tugas Lain (Insidental)
- mengadakan survei pasar
- inspeksi ke Accounting Section
- mengadakan konfirmasi atas:Balance of Accounts receivable, Balance of Accounts payable, konfirmasi hotel owning company accounts
- menghadiri meeting:Rapat Kepala Departemen & Operating Meeting, Rapat Credit Department, Rapat departemen lain apabila diundang
2. Assistant Accounting and Office Manager
Jabatan : Assistant
Accounting and Office Manager
Bagian : Accounting
Department
Seksi : General
Accounting Section
Atasan Langsung : Accounting and Office Manager
Bawahan Langsung : general Cashier, Income Auditor, Accounts
Payable, Department Head Secretary, Paymaster, Rest and Bar Cashier Supervisor,
Book Keeper
a. Fungsi
bertanggung jawab atas kelancaran operasional di General
Accounting Section yang menyangkut kegiatan proses pencatatan, khususnya dalam
penyusunan laporan keuangan serta membantu Accounting and Finance Manager dalam
menyusun anggaran perusahaan, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh
Accounting and Office Manager, serta mewakili tugas-tugas Accounting and Office
Manager apabila tidak di tempat atau tidak hadir
b. Uraian
Tugas
1.Tugas
Harian (Daily)
- meneliti seluruh staf General Accounting yang hadir sesuai jadwal kerja yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pembuatan daily income summary general cashier report sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan deposit income ke bank atau setoran income ke direksi (owning company) sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pencatatan transaksi cash receipt ke dalam cash receipt book sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan meneliti agar pelaksanaan pembayaran baik dengan cash maupun check/bilyet giro sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pencatatan transaksi cash payment dan check payment ke dalam cash & check register sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pembuatan daily sales report, pencatatan sales pada sales book, dan allowance pada allowance book sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pembayaran utang rekaan (accounts payable) dan pencatatan pada account payable book sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan pengutipan (collection) dan pencatatan accounts receivable pada city ledger control book sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- membimbing dan mengawasi agar pelaksanaan penerimaan barang di rest & bar cashier dan outlet lain serta laporan daily summer of sales F & B sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku
- melaksanakan tugas-tugas lain yang diinstruksikan oleh Account and Office Manage
- mencatat transaksi atau mutasi dan bank pada buku bank
- menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di General Accounting Section dan jalan keluarnya
2.Tugas Bulanan (Monthly)
- meneliti semua jurnal voucher yang masuk sesuai dengan Chart of Accounts yang berlaku
- meneliti semua laporan-laporan dari seluruh departemen yang masuk, baik yang menyangkut aspek operasional maupun keuangan dan membuat jurnalnya
- membimbing dan mengawasi pencatatan seluruh jurnal ke dalam buku besar dan pembuatan Trial Balance
- membimbing dan mengawasi pembayaran Service Charge maupun sales untuk karyawan serta pencatatan pada Salary Book
- membuat Bank Reconciliation
- membuat jurnal-jurnal yang diperlukan termasuk adjustment
- memberikan paraf pada semua jurnal voucher untuk kebenarannya sesuai Charge of Accounts yang berlaku
- membuat atau mengisi semua formulir yang ada untuk Financial Statement (laporan keuangan) dengan lengkap
- membuat jadwal kerja untuk General Accounting Section pada setiap akhir bulan untuk bulan berikutnya
- menghadiri rapat Accounting Department
3.Tugas 6 Bulanan (Six Months)
Membuat adjustment untuk Reserves of
Replacement Operating Equipment Journal
4.Tugas Tahunan (Yearly)
- meneliti kembali semua jurnal yang telah dibukukan ke dalam buku besar dan membuat koreksi atau adjustment yang diperlukan
- membantu Accounting and Office Manager dalam penyusunan anggaran perusahaan dan goals action sheet
- membantu Accounting and Office Manager dalam penyusunan Annual Report atau laporan tahunan keuangan dan Inventory Book
- memberikan penilaian atas kecakapan/prestasi kerja karyawan General Accounting Section
- menyusun program rencana kerja
5.Tugas-Tugas Lain (Insidental)
- mengadakan inspeksi ke seksi rest & bar cashier
- menghadiri meeting apabila diundang
- mewakili tugas-tugas Accounting and Office Manager apabila berhalangan atau tidak hadir, sesuai dengan pelimpahan wewenang yang diberikan
3. Cost Control Supervisor
Jabatan : Cost Control
Supervisor
Bagian : Accounting
Department
Seksi : Cost Control
Section
Atasan Langsung : Accounting and Office manager
Bawahan Langsung : Food Controller, Beverage Controller, Supplies
and Property Controller, Receiving Clerk
a. Fungsi
- bertanggung jawab dalam kelancaran operasional yang menyangkut pengendalian dan pengawasan harga pokok penjualan (Cost of Good Sold) dan biaya (Expenses) dari seluruh departemen, serta peralatan operasi (Operating Equipment) dan harta tetap (Fixed Assets)
- melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Accounting and Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan, serta juga bertanggung jawab atas penerimaan barang penyimpanan dan pengeluaran barang
b. Uraian
Tugas
1.Tugas Harian (Daily)
- meneliti staf Cost Control Section yang hadir sesuai jadwal kerja yang berlaku
- membimbing dan mengawasi pelaksanaan kerja
- meneliti Receiving Report (RR) atas kelengkapan dokumen dan otorisasinya dari pejabat yang berwenang, antara lain:ketentuan yang tercantum dalam Purchase Request, ketentuan yang tercantum dalam Purchase Order, nota (invoice) dari vendor yang bersangkutan atau Notive of Arrival dan Receiving apabila barang datang tanpa invoice (nota)
- melakukan posting ke dalam cardex semua barang yang diterima dari Food, Beverage, Supplies, dan Operating Equipments berdasarkan Receiving Report
- melakukan posting ke dalam fixed assets register semua barang fixed assets yang diterima berdasarkan Receiving Report
- melakukan posting ke dalam cardex semua pengeluaran barang dari Food, Beverage, Supplies, dan Operating Equipments berdasarkan Store Room Requisition
- pricing Requisition dan Inter Kitchen & Bar Transfer dalam Food Cost Book dan Beverage Cost Book
- pricing Requisition ke dalam Supplies Book
- verifikasi voucher payable atas pembelian food, beverage, dan supplies
- membuat Daily Flash Food Cost
- meneliti dan menyimpan Employees Meals Report
- membuat Beverage Daily Sheet
2. Tugas Mingguan (Weekly)
- membuat Weekly Food Cost Report
- membuat Weekly Beverage Cost & Potential Analysis
- membuat Weekly Report of Employees Meals
- mengadakan Inventory Food & Beverage pada setiap outlets
3.Tugas Bulanan (Monthly)
- mengadakan monthly inventory untuk food, beverage, dan supplies di general store maupun di seluruh departemen
- membuat food reconciliation dan journal voucher
- membuat beverage reconciliation dan journal voucher
- membuat material supplies reconciliation dan journal voucher
- membuat employees meals report
- membuat summary of officers check dan entertaining report
- membuat summary of food history record
- menghadiri rapat Accounting Department
4. Tugas Tengah Tahunan (Six Months)
- mengadakan semi annual inventory untuk operasional di seluruh outlets dan general store
- membuat operating equipment reconciliation/replacement
5. Tugas Tahunan (Yearly)
- membuat program kerja.
- memberikan penilaian kecakapan/prestasi kerja karyawan.
- mengadakan annual inventory untuk operating equipment dan fixed assets.
- membuat operating equipment reconciliation/replacement.
- membuat inventory book untuk seluruh inventory, operating equipments, dan fixed assets.
6. Tugas-Tugas Lain (Insidentil)
- membuat standard recipe calculation & yield test
- membuat standard cocktail recipe calculation
- mengadakan market survey
4.Store Keeper Supervisor
Jabatan : Store Keeper
Supervisor
Bagian : Accounting
Department
Seksi : Stone Room
Atasan Langsung : Accounting and Office Manager
Bawahan Langsung : Food and Beverage Store Keeper, Material
and Supplier Store Keeper
a. Fungsi
bertanggung jawab atas penyimpanan, keselamatan, dan pengeluaran
barang-barang persediaan maupun peralatan operasi yang disimpan di General
Store Room, dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Accounting
and Office Manager
b. Uraian
Tugas
1.Tugas
Harian (Daily)
- menerima barang dan meneliti kembali barang-barang yang diterima oleh Receiving berdasarkan Receiving Report disertai data dokumen yang lengkap
- memisahkan barang-barang yang akan disimpan sesuai dengan klasifikasi dan penempatannya masing-masing, sebagai berikut: kelompok makanan (food), kelompok minuman (beverage), kelompok materials dan supplies, operating equipment, fixed assets
- semua barang-barang yang diterima dibuatkan dan dicatat dalam masing-masing Bin Card
- mengeluarkan barang-barang Store Room Requisition dan mencatat masing-masing barang di dalam Bin CarD
- membuat Purchase Request untuk barang-barang yang stoknya sudah menipis dan menandatangani Purchase Request yang bersifat Re-order Level
- menandatangani dan meneliti Purchase Request yang bersifat Direct Purchase (Direct Issue) yaitu barang yang segera dibutuhkan oleh departemen, tetapi tidak tersedia di gudang
- melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Accounting and Office Manager dengan layak yang berhubungan dengan kedinasan
2.Tugas Mingguan (Weekly)
bersama-sama dengan Cost Control mengadakan Weekly Inventory
khusus Food and Beverage di General Store Room
3. Tugas Bulanan (Monthly)
- bersama-sama dengan Cost Control mengadakan Monthly Inventory untuk makanan, minuman, dan persediaan di General Store Room
- membuat Store Room Consumption Analysis
- menghadiri rapat Accounting Department
4.Tugas
Tengah Tahunan (Six Months) bersama-sama dengan Cost Control mengadakan inventory
khusus Operating Equipment di General Store Room
5.Tugas
Tahunan (Yearly)
bersama-sama dengan Cost Control mengadakan inventory
tahunan yang mencakup seluruh barang-barang yang disimpan di General Store
Room
Demikian Penjelasan Tentang Accounting Department - Tugas dan Tanggung Jawab Accounting and Office Manager, Assistant Accounting and Office Manager , Cost Control Supervisor dan Store Keeper Supervisor Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya