Accounting Department - Tugas dan Tanggung Jawab Book Keeper, Receiving Clerk, Food Control, Beverage Control, Material and Property Control, Store Keeper dan Purchasing Clerk

Accounting Department

Bagian Accounting dalam hotel bertanggung jawab untuk mengendali­kan kegiatan operasional keuangan. Jumlah orang di Bagian Accounting tergantung pada pengelolaan keuangan orang yang bersangkutan. Staf Accounting perusahaan lokal dalam pembentukan instansi, mereka mengumpulkan dan mengirimkan data, serta bertanggung jawab untuk hasil operasi perhitungan secara aktual. Sebagai contoh adalah daftar waktu dilanjutkan pada kantor instansi di mana daftar gaji karyawan ditarik dan dikirim kembali ke Bagian Accounting setiap hari, setiap minggu, atau waktu yang telah ditentukan. Laporan pendapatan kemudian diketik lalu dikirim ke kantor pusat. buas membayar semua rekening, mengirim laporan, menerima pembayaran (rekening yang diterima), menghitung informasi daftar gaji dan menulis daftar gaji, mengakumulasi data operasi (pendapatan dan biaya), dan mengumpulkan laporan pendapatan bulanan. Selain itu, mereka membuka rekening bank, mengamankan uang perusahaan, mengatur semua kegiatan di Bagian Accounting.
Pembagian Kerja dalam Accounting Department

Istilah dalam Accounting Perhotelan

  1. Accounting : bagian yang menangani keuangan hotel baik pemasukan maupun pengeluaran
  2. Company Account : pencatatan dalam laporan keuangan transaksi antar cabang dari perusahaan yang sama
  3. Account  : bagian pembukuan yang menangani data-data pengeluaran di hotel
  4. Charge : biaya
  5. Extra Charge : biaya tambahan
  6. Reimbushment : uang penggantian uang karyawan untuk membeli bahan operasional
  7. Compliment : tidak dikenakan biaya (gratis)
  8. Patty Cash : dana kas kecil
  9. Posting : pemindahan dari captain order ke guest bill
  10. Corkage Charge : biaya yang dikenakan untuk makanan dan minuman yang dibawa dari luar
  11. Cover Charge : biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang datang
  12. Banquet : sub.department dari F&B yang bertugas untuk menjual function room, serta fasilitas hotel lainnya
  13. Officer's Check : bill yang diperuntukkan untuk karyawan yang memegang keputusan (manager) di restaurant
  14. Cancellation : pembatalan oleh pihak pemesan, bahwa mereka tidak jadi menggunakan fasilitas hotel
  15. Cancellation Fee : biaya yang dikenakan atas dasar pembatalan pemesanan


Pembagian Kerja dalam Accounting Department

1.Book Keeper

Jabatan                           : Book Keeper
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : General Accounting Section
Atasan Langsung           : Assistant Accounting and Office Manager
Bawahan Langsung       : -

a.   Fungsi
  • bertanggung jawab atas pembukuan semua Journal Voucher yang ada dan dibukukan pada buku besar atau ledger, serta menutup buku dan menyusun Work Sheet atau Trial Balance, mengisi semua formulir laporan keuangan sesuai dengan angka-angka dalam buku besar
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Assistant dan Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • meneliti kembali semua Journal Voucher yang telah dibuku­kan dan juga Financial Statement yang telah dibuat, apabila terdapat misposting maka dibuatkan Journal Voucher-nya
  • membukukan semua transaksi pembayaran maupun penerima cek atau BG ke dalam masing-masing buku bank
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Assis­tant dan Accounting & Office Manager
 
2.Tugas Bulanan (Monthly)
  • meneliti kembali semua jurnal yang dikirimkan oleh seksi-­seksi di Accounting Department
  • meneliti kembali semua laporan bulanan yang dikirimkan oleh seluruh departemen dan dibuatkan jurnalnya
  • melengkapi jurnal-jurnal lainnya termasuk adjustment atau koreksi
  • membukukan seluruh jurnal ke dalam buku besar sesuai dengan Charge of Accounts yang berlaku
  •  menutup buku besar dan membuat neraca percobaan atau Trial Balance
  • mengisi formulir neraca dan lampirannya serta rugi laba berikut lampirannya sesuai dengan angka-angka pada buku besar
  • menyerahkan formulir-formulir dan Financial Statement yang telah diisi lengkap kepada sekretaris untuk diketik
  • menjilid formulir Financial Statement yang telah selesai diketik/cetak bersama komentar dari Accounting & Office Manager dan mengirimkan kepada manajemen dan direksi
  • melaksanakan tugas lain dan Assistant dan Accounting & Office Manager
  • menyimpan (filing) semua dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • menghadiri rapat Accounting Department :meneliti kembali semua jurnal yang telah dibukukan dan juga Financial Statement serta mengadakan koreksi atau ad­justment yang diperlukan
 
3.Tugas Tahunan (Yearly)
  • meneliti kembali semua jurnal yang telah dibukukan dan juga membuat koreksi atau adjustment yang diperlukan
  • membantu Assistant dan Accounting & Office Manager menyusun anggaran perusahaan dan Goals Action Sheet
  • membantu Assistant dan Accounting Office Manager dalam menyusun Annual Report atau laporan keuangan tahunan serta Inventory Book

2. Receiving Clerk

Jabatan                           : Receiving Clerk
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Cost Control Section
Atasan Langsung           : Cost Control Supervisor
Bawahan Langsung       : -

a.   Fungsi
  • bertanggungjawab atas penerimaan barang-barang yang dibeli oleh perusahaan yang menyangkut kualitas, kuantitas, dan harga sesuai ketentuan dalam Purchase Order (PO) yang berlaku
  • menyerahkan barang-barang tersebut ke General Store dan melaksanakan tugas-tugas lain dari Cost Control Supervisor dan Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • menerima barang-barang dari vendor berdasarkan Perchance Order (PO) untuk pembelian stok atau Re-Order Level (ROL), serta Purchase Request (PR), Direct Purchase untuk Direct Issue
  • meneliti, menimbang, dan menghitung barang-barang yang dikirimkan oleh vendor (kuantitas, kualitas, dan harga) sesuai ketentuan
  • membuat Receiving report (KR) berdasarkan barang-barang yang diterima sesuai ketentuan, dan meneliti pula keleng­kapan data/dokumen penyerta, antara lain:invoice atau nota , realisasi nomor PO atau PR – DP
  • membuat Notice of Arrival atau Memorandum of Invoice apabila barang datang tanpa nota atau invoice
  • menolak penerimaan barang dan vendor apabila barang yang dikirim tanpa didukung oleh Purchase Order (PO), Pur­chase Request (PR), Direct Purchase (DP) sesuai ketentuan
  • menghubungi departemen yang bersangkutan apabila terdapat penerimaan  barang yang menyimpang atau tidak sesuai dengan ketentuan
  • menyerahkan barang-barang yang telah diterima sesuai ketentuan kepada General Store untuk disimpan atau langsung menyerahkan kepada departemen yang bersangkutan
  •  melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Control Supervisor dan Accounting & Office Manager dengan layak dan berhubungan dengan kedinasan
2.Tugas Bulanan (Monthly) menghadiri rapat Accounting Department
3.Tugas-Tugas Lain (Insidental) mengadakan market survey



3.Food Control

Jabatan                           : Food Control
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Cost Control Section
Atasan Langsung           : Cost Control Supervisor
Bawahan Langsung       : -
 
a.   Fungsi
  • bertanggung jawab atas pencatatan dan pengawasan harga pokok penjualan makanan (Cost of Food Sold) dan persediaan makanan (Food Inventories
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Con­trol Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas

1.Tugas Harian (Daily)
  • memposting ke dalam cardex semua barang yang termasuk dalam makanan/food yang diterima berdasarkan Receiving Report (KR)
  • memposting ke dalam cardex semua pengeluaran makanan dengan Store Room Requisition (SRR)
  • Pricing Requisition dan Inter Kitchen Transfer ke dalam Food Cost Book
  • verifikasi Voucher Payable atas pembelian makanan
  • membuat Daily Flash Food Cost Report
  • meneliti dan menyalin Employees Meals Report
  • meneliti dan menyalin Food History Records
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Control Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan
 
2.Tugas Mingguan (Weekly)
  • mengadakan Inventory Food pada setiap outlet dan Store
  • membuat Weekly Food Cos
  • membuat Weekly Report Employees Meals
 
3.Tugas Bulanan (Monthly)
  • mengadakan Inventory Food pada setiap outlet dan Store
  • menutup Food Cost Book
  • membuat Food Reconciliation
  • membuat Journal Food Consumed dan Employees Meals
  • membuat uraian laporan entertaining
  • menghadiri rapat Accounting Department


4. Beverage Control

Jabatan                           : Beverage Control
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Cost Control Section
Atasan Langsung           : Cost Control Supervisor

a.   Fungsi
  • bertanggung jawab atas pencatatan dan pengawasan harga pokok penjualan (Cost of Beverage Sold) dan persediaan minuman (Beverage Inventories)
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Con­trol Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • memposting ke dalam cardex semua barang minuman (beverage) yang diterima berdasarkan Receiving Report (KR)
  • memposting ke dalam cardex semua pengeluaran minuman (beverage) dengan berdasarkan Store Room Requisition
  • Pricing Requisition dan Inter Bar Transfer ke dalam Beverage Cost Book
  • verifikasi Voucher Payable atas pembelian minuman
  •  membuat Daily Beverage Sheet
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Control Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan
 
2.Tugas Mingguan (Weekly)
  • mengadakan Inventory Beverage pada setiap outlet dan Store b) membuat Weekly Beverage Cost, Sales & Potential Sales
 
3.Tugas Bulanan (Monthly)
  • mengadakan Inventory Beverage pada setiap outlet dan Store
  • menutup Beverage Cost Book
  • membuat Beverage Reconciliation
  • membuat Journal Beverage Consumed
  •  membuat uraian laporan entertaining
  • menghadiri rapat Accounting Department
 
4.Tugas Tengah Tahunan (Six Months)
  • membantu mengadakan Inventory Operating Equipment di seluruh outlet dan Store
 
5.Tugas Tahunan (Yearly)
  • membantu mengadakan inventory keseluruhan baik barang­-barang persediaan, Operating Equipment maupun Fixed Assets
  •  membantu pembuatan/penyusunan Inventory Book
 
6.Tugas-Tugas Lain (Insidental)
  • mengadakan market survey
  • membuat Calculation of Standard Recipe (Food) dan Yield Test

5. Material and Property Control

Jabatan                           : Material and Property Control
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Cost Control Section
Atasan Langsung           : Cost Control Supervisor
Bawahan Langsung       : -
 
a.   Fungsi
  • bertanggung jawab atas pencatatan dan pengawasan yang menyangkut biaya materials/supplies, persediaan material, operating equipment, dan fixed assets
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Con­trol Supervisor atau Accounting & Office Manager dengan layak dan berhubungan dengan kedinasan
 
b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • memposting ke dalam cardex semua barang materials/supplies yang diterima berdasarkan Receiving Report (KR)
  •  memposting ke dalam cardex semua pengeluaran barang materials/ supplies berdasarkan Store Room Requisition (SRR)
  • Pricing Requisition dan Inter Dept. Materials/Supplies Book
  • verifikasi Voucher Payable atas pembelian materials/supplies
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Cost Control Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan
 
2.Tugas Bulanan (Monthly)
  • mengadakan inventory materials/supplies pada setiap departemen dan store
  • menutup Materials/Supplies Book
  • membuat Materials/Supplies Reconciliation
  • membuat Journal Materials/Supplies Consumption
  • menghadiri rapat Accounting Department
 
3.Tugas Tengah Tahunan (Six Months)
  • mengadakan Inventory Operating Equipment di seluruh outlet dan store
  •  membuat Operating Equipment Reconciliation Replacement
 
4.Tugas Tahunan (Yearly)
  • mengadakan inventory keseluruhan baik barang persediaan, operating equipment maupun fixed assets
  • membuat atau menyusun Inventory Book
  • membuat perhitungan penyusutan atas barang-barang fixed assets
 
5.Tugas-Tugas Lain (Insidental)
  • memposting ke dalam Operating Equipment Register Book untuk penerimaan barang-barang Operating Equipment berdasarkan Receiving Report (KR)
  • memposting ke dalam Fixed Assets Register Book untuk penerimaan barang-barang Fixed Assets berdasarkan Re­ceiving Report sesuai dengan klasifikasi barang grup I, II atau III
  • membuat Fixed Assets Card untuk setiap penerimaan barang-barang fixed assets
  • membuat Inventory List untuk operating equipment pada masing-masing outlet sebagai Fixed Stock untuk operasional
  • mencatat Property to Remove yaitu penyesuaian pencatatan untuk barang-barang Fixed Assets yang berubah atau pindah penempatannya
  • mengadakan survei pasar untuk materials/supplies


6. Store Keeper

Jabatan                           : Store Keeper (Food and Beverage Store Keeper/ Materials and Supplies Store Keeper)
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Store Room Section
Atasan Langsung           : Store Room Supervisor
Bawahan Langsung       : -

a.   Fungsi
  • membantu tugas dari Store Keeper dalam penyimpanan, pencatatan, dan pengeluaran barang dan gudang
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Store Keeper Supervisor dan Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • menerima barang dan meneliti kembali barang-barang yang diterima oleh receiving berdasarkan receiving report disertai dokumen penyerta yang lengkap
  • memisahkan barang-barang yang akan disimpan sesuai dengan klasifikasi dan penempatannya masing-masing, yaitu: kelompok makanan (Food), kelompok minuman (Beverage), kelompok Material & Supplies, Operating Equipments, Fixed Assets
  • semua barang yang diterima dicatat dalam Bin Card
  • mengeluarkan barang-barang berdasarkan Store Room Re­quisition dan mencatat dalam Bin Card masing-masing barang sesuai ketentuan yang berlaku
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Store Keeper Supervisor dan Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan
  • menyimpan (filing) semua dokumen sesuai ketentuan yang berlaku
 
2.Tugas Mingguan (Weekly)
  • bersama Cost Control mengadakan Weekly Inventory khusus Food & Beverage di store
 
3.Tugas Bulanan (Monthly)
  • bersama Cost Control mengadakan Monthly Inventory untuk Food, Beverage, Supplies di store
  • menghadiri rapat Accounting Department
 
4.Tugas Tengah Tahunan (Six Months) bersama-sama Cost Control mengadakan inventory khusus operating equipment di store dan Tugas Tahunan (Yearly) bersama-sama Cost Control mengadakan inventory tahunan yang mencakup seluruh barang-barang yang disimpan di store



7. Purchasing Clerk

Jabatan                           : Purchasing Clerk
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Purchasing Section
Atasan Langsung           : Purchasing Supervisor
Bawahan Langsung       : -
 
a.   Fungsi
  • membantu tugas-tugas Purchasing Supervisor yang menyang­kut proses pencatatan dan pengadaan atau pembelian barang-­barang keperluan perusahaan
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Purchas­ing Supervisor yang layak dan berhubungan dengan kedinasan

b.   Uraian Tugas
 
1.Tugas Harian (Daily)
  • menerima Purchase Report (PR) darn store untuk permintaan pembelian yang bersifat stok (Re-Order Level) dan Direct Purchase dari departemen, serta mengajukan persetujuan­nya kepada Purchasing Supervisor untuk ditandatangani
  • menindaklanjuti Purchase Request tersebut kepada Account­ing & Office Manager dan General Manager untuk ditanda­tangani/persetujuannya
  • setelah Purchase Request tersebut lengkap tanda tangan persetujuan dari yang berkepentingan, kemudian dibuatkan nomor Purchase Order (PO) secara unit
  • membuat Purchase Order (PO) berdasarkan ketentuan atau pembagian dari Chief Purchasing untuk tiap-tiap Purchase Request (PR)
  • meminta persetujuan kepada Accounting & Office Manager dan General Manager disertai dokumen-dokumen, antara lain:Copy Purchase Request, surat penawaran 3 vendors (Quotation Analysis)
  • mencatat Daily Purchase Report pada buku atau formulir yang telah tersedia
  • menyimpan (filing) semua dokumen sesuai ketentuan yang berlaku
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Purchas­ing Supervisor atau Accounting & Office Manager yang layak dan berhubungan dengan kedinasan
  • membuat surat-surat keluar




Demikian Penjelasan Tentang Accounting Department - Tugas dan Tanggung Jawab Book Keeper, Receiving Clerk, Food Control, Beverage Control, Material and Property Control, Store Keeper dan Purchasing Clerk. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id  Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel