Akuntansi Perhotelan Meliputi Pendapatan, Penjualan Kamar, Penjualan Makanan dan Minuman, dan Penerimaan Kas
Kamis, 17 September 2020
Pendapatan
Penjualan merupakan satu aspek yang sangat penting dalam urat nadi kehidupan usaha tersebut. Eksistensi dan kesinambungan hidup organisasi usaha sangat tergantung dari kemampuannya menghasilkan arus kas dari penjualan produk yang dihasilkan.
Usaha hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar, penjualan makanan dan minuman, penjualan dari outlet-outlet lainnya.
b. Media Pemesanan Kamar
c. Sumber-sumber Reservasi
Laporan yang Dihasilkan:
a. Makanan
Bagian yang Terlibat
Dokumen yang Digunakan:
Laporan yang Dihasilkan:
Penjualan Kamar
Bagian Organisasi yang Terlibat:
Penjualan Makanan dan Minuman
Bagian Organisasi yang Terlibat :
Pengumpulan Piutang
Bagian Organisasi yang Terlibat:
Dokumen yang Digunakan:
Penerimaan Uang Muka
Bagian Organisasi yang Terlibat:
Dokumen yang Digunakan:
Usaha hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar, penjualan makanan dan minuman, penjualan dari outlet-outlet lainnya.
- Penjualan Kamar
- Penjualan makanan dan Minuman
- Penjualan lain-lain dan masing-masing outlet
- Produk yang dijual merupakan kombinasi antara barang dan jasa.
- Produk berbentuk barang yang dijual dihasilkan melalui proses produksi.
- Perusahaan harus mempunyai persediaan kapasitas (capacity stock).
Jurnal Penjualan
Piutang Usaha (City ledger/Guest ledger) Rp.XXX –
Penjualan kamar (Room revenue) – Rp.XXX
Hutang Jasa Pelayanan (Service charge) – Rp.XXX
Hutang PHR (Government Tax) – Rp.XXX
Contoh:
Hotel Bali menjual kamarjenis super deluxe dengan harga Rp.1.000.000,- per malam. Setiap tamu yang menginap sudah mendapatka breakfast dengan
harga Rp.100.000,-. Harga tersebut sudah termasuk government tax dan
service tcharge sebesar 21%. Jurnal atas transaksi tersebut adalah:
AR Guest Ledgar Rp.1.000.000,- –
Room revenue – Rp.743.801,-
Room revenue meal coupon – Rp.82.645,-
Service Charge – Rp.82.645,-
Government tax – Rp.90.909,-
Dalam industry hotel, akun piutang usaha biasanya dibedakan antara tamu yang masih aktif dan tamu yang sudah keluar (check out), untuk tamu yang masih aktf akan dicatat dalam akun Guest Ledger,
dan setelah tamu keluar dari hotel tetapi tagihannya masih ada yang
manatagihan ini menjadi beban dari pihak agen perjalanan, maka tagihan
tersebut akan dipindahkan kea kun City Ledger.
Dalam
industry perhotelan, khususnya pada penjualan mekanan dan minuman
dikenal adanya suatu system penjualan yang menggunakan teknologo
computer, yang disebut dengan point of sale systems (POSS), POSS berfokus pada 3 tujuan, yaitu:
- Ketepatan atas order
- Pencatatan penjualan
- Pemberian kepuasan
POSS
menggunakan kombinasi terminal dan printer yang berfungsi sebagai
inputdan output. Laporan yang dihasilkan POSS memberikan informasi
tentang:
- Analisa pendapatan, memberikan rincian per jenis penjualan dan per outlet, yang bisa digunakan sebagai sumber data untuk daily of sales.
- Produktivitas karyawan, memberikan informasi jumlah covers, rata-ratapenjualan dan total penjualan, yang bisa digunakan untuk mengevaluasi produktivitas karyawan secara individual.
- Control persediaan, dengan membandingkan antara jumlah porsi tercatat dengan jumlah porsi yang dikonsumsi (portin control)
POSS juga
membantu Cost Control dalam pengukuran kos yang dikeluarkan dengan
tingkat penjualan yang diperoleh (diharapkan akan diperoleh).
Penjualan Kamar
a. Jenis Pemesanan Kamar- Pemesanan Kamar Bergaransi (Guaranteed Reservations) Yang termasuk pemesanan kamar bergaransi: Prepayment, Advance Deposit, Travel Agent/Airlines, Corporate
- Pemesanan Kamar tak Bergaransi (Non Guaranteed Reservations)
b. Media Pemesanan Kamar
- Telepon
- Surat
- Telex
- Faxsimile
- Go show
c. Sumber-sumber Reservasi
- Company atau Perusahaan
- Travel Agent/Biro Perjalanan
- Airlines Agency/Perusahaan Penerbangan
- Government/Pemerintahan
- Airport Representative
- Hotel Guest/Tamu Hotel
- Car Rental Company/Perusahaan Penyewaan Mobil
- Central Reservation System/Sistem Pemesanan Terpusat
- Individual/Perseorangan
Bagan Organisasi yang Terlibat:
- Reservation
- Front Office (FO) dan FO cashier:
- Bellboy
- Roomboy
- Housekeeping
- Night Audit
- Income Auditor
- Account Receivable
- General Cashier.
Dokumen yang Digunakan:
- Guest bill: digunakan untuk mencatat transaksi penjualan yang dilakukan oleh tamu selama menginap di hotel dan sebagai bukti tagihan kepada tamu, yang terdiri dari:Master bill, Extra bill
- Reservation Form
- Registration Form
- Registration Card
- Room Count Sheet
- Room Sales Recapitulation
- Remittance of Fund
Laporan yang Dihasilkan:
- Room Sales Recapitulation
- Daily of Sales disiapkan oleh income auditor yang berisi laporan penjualan keseluruhan
Penjualan Makanan dan Minuman
Kelompok Makanan dan Minumana. Makanan
- Makanan pembuka (Appetizers)
- Sup (Soup)
- Makanan utama (Main course)
- Makanan penutup (Dessets)
- Minuman keras (Liquer)
- Beer
- Minuman ringan (Soft drink)
- Minuman hangat (Hot beverage)
Bagian yang Terlibat
- Waiter/Waitress
- Food and Beverage (F&B) Cashier
- Kitchen
- Income Auditor
- Night audit
- FO cashier
Dokumen yang Digunakan:
- Menu List: daftar harga dan jenis makana serta minuman
- Restaurant and Bar order: mencatat pesanan tamu
- Restaurant and Bar bill: mencatat transaksi penjualan makanan dan minuman yang dilakukan tamu dan sebagai bukti tagihan kepada tamu
- Restaurant and Bar summary of sales: mencatat penjualan makanan dan minuman baik tunai maupun kredit pada masing-masing shift
- Remittance of Fund: merupakan amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada hari itu
Laporan yang Dihasilkan:
- Restaurant and Bar Summary of Sales
- Daily of Sales disiapkan oleh income auditor yang berisi laporan penjualan keseluruhan
Penerimaan Kas
Kas merupakan akun yang penting dalam operasional suatu hotel, tanpa ditunjang dengan kas yang memadai maka akan dapat mengganggu kelancaran aktivitas operasional suatu hotel, karena kas juga sebagai modal kerja yang sangat menunjang kelangsungan aktivitas keseharian suatu hotel.Penjualan Kamar
Bagian Organisasi yang Terlibat:
- Front Office (FO) dan FO cashier
- Night Audit
- Income Auditor
- General Cashier.
- Guest bill
- Room Sales Recapitulation
- Remittance of Fund
Penjualan Makanan dan Minuman
Bagian Organisasi yang Terlibat :
- F&B cashier
- FO cashier
- Night Audit
- Income Auditor
- General Cashier
- Restaurant and Bar bill: mencatat transaksi penjualan makanan dan minuman yang dilakukan tamu dan sebagai bukti tagihan kepada tamu
- Restaurant and Bar summary of sales: mencatat penjualan makanan dan minuman baik tunai maupun kredit pada masing-masing shift
- Remittance of Fund: merupakan amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada hari itu
Pengumpulan Piutang
Bagian Organisasi yang Terlibat:
- Account Receivable: mencatat penjualan kredit, dan menyiapkan faktur tagihan serta melakukan penagihan
- Collector: melakukan penagihan atas piutang tamu berdasarkan faktur.
- General Cashier: menerima semua hasil penagihan piutang dan melakukan pengecekan kembali dan menyetor uang ke bank.
Dokumen yang Digunakan:
- Guest bill
- Reservation Form
- Agent Voucher
- DPP
- Invoice
- Cash Receipt
Penerimaan Uang Muka
Bagian Organisasi yang Terlibat:
- Reservation
- Front Office (FO) dan FO cashier:
- Night Audit:
- Income Auditor
- General Cashier
Dokumen yang Digunakan:
- Cash Receipt
- Reservation Form
Demikian Penjelasan Tentang Akuntansi Perhotelan Meliputi Pendapatan, Penjualan Kamar, Penjualan Makanan dan Minuman, dan Penerimaan Kasa. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa
Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.
Penelusuran yang terkait dengan akuntansi perhotelan
- akuntansi perhotelan pdf
- makalah akuntansi perhotelan
- pengantar akuntansi perhotelan
- contoh jurnal umum akuntansi perhotelan
- materi akuntansi perhotelan
- buku akuntansi perhotelan
- sistem pelaporan akuntansi hotel
- sistem pencatatan penjualan akuntansi perhotelan