Department Accounting di Hotel - Pengertian , Tugas, Tanggung Jawab, Siklus Akuntansi Perhotelan Beserta Seksi – seksi yang ada di Accounting Dept. dan Tugas masing – masing seksi

 Pengertian Department Accounting Di Hotel

Accounting Department atau Bagian Keuangan adalah department yang bertugas  untuk mencatat selulur transaksi keuangan, dan membuat laporan keuangan hotel baik pemasukan dan pengluaran.Accounting merupakan bagian terpenting yang terdapat dihotel karena pada bagian ini sangat berfungsi untuk mengwasi kuangan kuangan hotel yang keluar maupun yang masuk sebagai pendapatan.

Tugas tugas accounting department (Duties of Accounting):

  • Menerima dan melakukan pembayaran
  • Menerima pembayaran cash (cash payment), melakukan pembayaran secara cash maupun cek
  • Melakukan pencatatan uang dan barang(Pembukuan)
  • Mencatat semua pembelian barang oleh hotel yang tidak dibayar cash
  • Melakukan pencatatan pembeli barang barang yang diperlukan oleh hotel
  • Melakukan pencatatan penyimpanan dan pengeluaran barang barang
  •  Mencatat hasil penjualan hotel



Tanggung jawab accounting department (Responsibilities of Accounting):

Mengawasi aliran uang dihotel
  • Mengawasi atau mengontrol bagian pendapatan dan pengeluaran hotel
  • Membuat pembukuan atas segala transaksi pembelia barang di hotel
  • Membuat laporan keuangan hotel baik pendapatan maupun pengeluaran

Siklus Akuntansi Perhotelan

1. Penjualan Produk dan Jasa

Untuk efisiensi dan mempermudah pekerjaan bagian akuntansi, transaksi harian penjualan produk dan jasa dicatat dalam buku khusus penjualan, di akhir periode akuntansi baru dibuatkan jurnal khusus penjualan. Usaha hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar (Room Revenue), penjualan makanan dan penjualan minuman (Food and Beverage Revenue), di mana di satu sisi menjual jasa dan di sisi lainnya menjual barang. Berbeda dengan usaha-usaha lainnya, penjualan pada usaha hotel mempunyai keunikan tersendiri, yaitu:
  • Produk yang dijual merupakan kombinasi antara barang dan jasa.
  • Penjualan pada usaha hotel biasanya mempunyai volume yang tinggi dengan harga individu yang relatif rendah, hampir sama dengan usaha retail.
  • Produk berbentuk barang yang dijual dihasilkan melalui proses produksi seperti yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur.
  • Perusahaan harus mempunyai persediaan kapasitas (capacity stocks) untuk dapat menjual produk berupa jasa.
  • Penjualan atas produk dan jasa dibebani pajak dan service (tax and service).

Pada siklus penjualan akan melibatkan akun piutang usaha (city ledger, guest ledger, credit card), akun kas dan setara kas, akun penjualan, akun hutang pajak PHR (Government Tax), dan memungut uang jasa pelayanan kepada para konsumen atas nama karyawan. Secara periodik, uang service yang terkumpul dibagikan kepada karyawan, biasanya setelah dikurangi loss and breakage (kehilangan dan kerusakan).

2. Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas (cash disbursement)

Merupakan transaksi dari penagihan dan penjualan tunai harian di mana hasil penagihan, penjualan tunai, dan pengeluaran kas harian dicatat dalam buku khusus yang disebut dengan buku kas dan bank.
Pembelian Produk dan JasaUntuk efisiensi dan mempermudah pekerjaan bagian akuntansi, transaksi harian pembelian produk dan jasa dicatat buku khusus pembelian, di akhir periode akuntansi dibuatkan jurnal khusus pembelian.

3. Payroll (Sistem Gaji)

Karena hotel terdiri dari beberapa departemen, maka bagian personalia harus membuat rekapitulasi daftar gaji, upah, dan Pph 21 sesuai dengan departemen di mana karyawan tersebut bekerja. Untuk mempermudah pengaturan manajemen keuangan pada usaha perhotelan, maka diperlukan sebuah sistem otomatisasi akuntansi yang dapat terhubung pada semua divisi dan mencatat semua transaksi keuangan secara mudah dan efisien semacam Jurnal.Jurnal merupakan software akuntansi online yang menyediakan layanan akuntansi terpadu dan dapat digunakan oleh beberapa departemen/divisi sekaligus dalam satu sistem. Dengan Jurnal, Anda bisa memantau semua transaksi keuangan dari beberapa bagian keuangan yang berbeda kapan pun dan di manapun secara instan melalui smartphone Anda. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini dan miliki kemudahan mengelola akuntansi keuangan usaha hotel Anda dengan kemitraan bersama kami.


Seksi – seksi yang ada di Accounting Dept. dan Tugas masing – masing seksi

1.Finance Manager
  • Mengesahkan laporan keuangan ( Neraca, R/L= Rugi-Laba) untuk disetuju oleh General Manager, selanjutnya GM menyerahkan kepada Direktur
  • Menyetujui pemasukan dan pengeluaran uang
  • Menyetujui permintaan barang dari Department ( Goods Request ) Dan pengeluaran barang dari Gudang ( Store Room Request )
  • Memimpin seluruh SDM Accounting sesuai struktur organisasi
  • Bertanggung jawab langsung kepada General Manager

2.Accounting Supervisor
  • Menbuat laporan keuangan ( Neraca, R/L ) untuk diashkan oleh Fin. Adm. Manager
  • Mengawasi pekerjaan Accountant dan bawahannya
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Adm. Manager

3.Night Audit
  • Miminta pekerjaan semua kasir operation dalam satu hari
  • Membuat summary revenue pada malam hari
  • Menyerahkan summary berikut lampirannya ( Bills ) beserta uang pada keesokan hari kepada Accounting Back Office sesudah ditandatangani Chief Cashier
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Adm. ManagerInternal Auditor
  • Memeriksa semua data akuntansi ( sesudah transaksi ) dari hulu ke hilir
  • Bekerja sama atau membantu tugas Accounting supervisor untuk membuat laporan keuangan
  • Melaporkan temuan penyimpangan keuangan kepada Finance Manager
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Adm. Manager

4.Cost Controller
  • Mengerjakan pekerjaan akuntansi dan lainnya yang berhubungan dengan keuangan sebelum terjadi transaksi
  • Meneliti, memeriksa, menyetujui Goods Request dari Department untuk persetujuan Fin. Manager
  • Memeriksa segala tagihan atau Invoice dari supplier sebelum dibayar
  • Memeriksa permintaan maintenance atau pemeliharaan barang maupun pembuatan barang oleh ME sebelum disetujui Fin. Manager
  • Membuat atau mengubah semua tarif product hotel sebelum dipublikasi
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Manager

5.Purchasing Supervisor
  • Memriksa good request yang sudah disetujui  untuk dicarikan barang ke supplier
  • Mengetahui semua harga – harga barang keeperluan hotel di pasar guna pembuatan Purchase Order
  • Membuat summary purchase bulana untuk dilaporkan kepada Fin. Manager
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Manager

6. Store Room Supervisor
  • Menjaga semua barang yang ada di gudang
  • Mengatur alur keluar masuk barang di gudang
  • Membuat summary bulanan ( Inventory ) barang untuk laporan kepada Fin. Manager
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Manager

7.Chief Cashier
  • Memimpin semua outlet Cashier, Room, Restaurant, Room Service, Sport & Recreation, Drugstore
  • Bekerja sama dengan Night Audit
  • Membuat summary harian dan bulanan untuk Fin. Manage
  • Bertanggung jawab langsung kepada Fin. Manager

8. Accountant
  • Membantu pekerjaan Accounting Supervisor
  • Memimpin pekerjaan bawahan :City Ledger, Account Receivable, Account Payable, General Cashier, dan Book Keeper
  •  Menyusun laporan keuangan dengan Acct. Supervisor
  • Bertanggung jawab langsung kepada Acct. Supervisor

9.City Ledger
  • Memeriksa semua pendapatan credit untuk pembuatan Invoice kepada customer
  • Menagih kepada customer ( pemakai jasa Hotel ) yang tidak membayar kontan atau kredit untuk diserahkan kepada General Cashier
  • Membuat daftar piutang untuk Accountant
  • Bertanggung jawab langsung kepada Accountant

10. Account Receivable
  • Memeriksa semua data uang masuk/Bill/Outlet yang didapat dari Night Audit
  • Membuat Summery Revenue
  • Memberikan data Bill cash kepada Book Keeper dan Menyerahkan uang kontan kepada General Cashie
  • Menyerahkan Bill credit kepada City Ledgeruntuk ditagih
  • Bertanggung jawab langsung kepada Accountant

11. General Cashier
  • Menyimpan uang kontan, buku – buku, check dan giro bilyet untuk pembayaran
  • Mengerjakan buku – buku harian kas dan bank
  • Menyimpan bukti – bukti kas dan Bank yang masuk atau keluar untuk diserahkan kepada Book keeper
  • Menyetor dan mengambil uang di Bank atas perintah atasan
  • Bertanggung jawab langsung kepada Accountant

12. Account Payable
  • Mengerjakan PLDB ( Purchase Ledger Day Book = buku harian pembelian )
  • Membuat summary bulanan pembelian
  • Memproses uang pengeluaran Hotel
  • Mengerjakan seluruh masalah teknis akuntansi dari awal hingga akhir
  • Bertanggung jawab langsung kepada Accountant

13. Book Keeper
  • Mengerjakan seluruh masalah teknis akuntansi dari awal hingga akhir
  • Bertanggung jawab langsung kepada Accountant

Kesimpulan

Dari seksi seksi yang ada bila dilihat dari tugas pokoknya masing-masing dapat dikelompokan menjadi tiga bagian :

Bagian yang menangani atau mencatat penerimaan yaitu:
  • Night Audit
  • Internal Auditor
  •  Account Receivable
  • Chief Cashier
  • General Cashier
 Bagian yang menangani atau mencatat pengeluaran dan pengendalian biaya yaitu:
  • Cost Controller
  • Purchasing Supervisor
  • Store Room Supervisor
  • Account Payable
  • General Cashier
Bagian yang memproses data akuntansi menjadi Laporan keuangan yaitu Book keeper



Demikian Penjelasan Tentang Department Accounting di Hotel -  Pengertian , Tugas,  Tanggung Jawab, Siklus Akuntansi Perhotelan Beserta Seksi – seksi yang ada di Accounting Dept. dan Tugas masing – masing seksi. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Info Materi Terbaru.



Penelusuran yang terkait dengan accounting hotel
  • belajar accounting hotel
  • gaji accounting hotel
  • struktur organisasi accounting hotel
  • istilah accounting hotel
  • chief accounting hotel adalah
  • accounting hotel job description
  • makalah accounting hotel
  • sop accounting -- hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel