Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan
Jumat, 25 September 2020
Tulis Komentar
Sumber Gambar : Ekonomi.Bisnis.com |
Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping
Sebelum menyiapkan
kamar, room attendant harus
mengetahui status dari setiap kamar yang akan di bersihkan. Status kamar
tersebut berasal dari front office pada
saat check in dan juga berdasarkan
pengamatan langsung room attendant
sebelum dan sesudah membersihkan kamar. Dari status kamar tersebut, room attendant dapat menghitung jumlah
linen dan amenities yang di perlukan
di kamar.
Baca Juga: Jenis-Jenis Cleaning Equipment, Chemical & Supplies Beserta Penggunaan Bahan Kimia Dengan Aman
Adapun singkatan yang di pakai dalam industri perhotelan antara lain
:
- VC (Vacant Clean) adalah kamar dalam keadaan bersih (clean).
- VD (Vacant Dirty) adalah kamar dalam keadaan kosong dan belum di bersihkan.
- VR (Vacant Ready) adalah kamar dalam keadaan bersih dan siap dijual.
- VCI (Vacant Clean Inspected) adalah kamar dalam kedaan bersih sudah diperiksa supervisor.
- OC (Occupied Clean) adalah kamar yang ditempati oleh tamu dan sudah dibersihkan.
- OD (Occupied Dirty) adalah kamar yang ditempati oleh tamu tetapi belum dibersihkan.
- EA (Expected Arrival) adalah kamar yang dipersiapkan untuk tamu yang diharapkan datang.
- ED (Expected Departure) adalah kamar yang diperkirakan tamunya akan check out.
- CI (Check In) adalah tamu yang baru datang/masuk (register).
- CO (Check Out) adalah tamu yang sudah keluar dari kamar.
- WI (Walk In Guest) adalah tamu yang masuk (register) ke hotel tanpa pemesanan kamar.
- DU (Day Use) adalah tamu yang masuk (CI) pada hari itu dan keluar (CO) pada hari itu juga.
- DL (Double Locked) adalah kamar yang pintunya dikunci ganda/dua kali dari dalam kamar sehingga petugas tidak bisa masuk kedalam kamar.
- OO (Out of Order) adalah kamar yang rusak/tidak dapat digunakan dan tidak bisa dijual.
- OS (Out of Service) adalah kamar yang kosong dan dalam perbaikan.
- DND ( Do Not Disturb) adalah kamar yang tamunya tidak boleh diganggu.
- HU (House Use) adalah kamar yang ditempati oleh staf hotel.
- SO (Sleep Out) adalah kamar yang sudah dibayar oleh tamu tetapi tidak ditempati.
- VIP (Very Important Person ) adalah tamu yang dianggap sangat penting.
- SR (Service Refused/Refuse Service) adalah kamar yang akan dibersihkan room attendant tetapi ditolah oleh tamu.
- ONL (Occupied No Luggage) adalah tamu yang check in tetapi tidak membawa suatu barang apapun.
(Bagyono,34)
Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan
Istilah-Istilah
Telepon
Istilah
|
Arti
|
On Line
|
Suatu keadaan dimana telepon yang
dituju sedang digunakan
|
Collect Call / Transferred Charge Calls
|
Percakapan yang diminta seseorang,
dimana biaya ditanggung oleh penerima telepon
|
Long Distance Calls
|
Percakapan telepon dengan tujuan ke
wilayah/ kota lain tetapi masih dalam satu negara
|
City Calls
|
Percakapan telepon yang dilakukan dari
satu tempat ke tempat lain dalan satu wilayah / kota
|
Personal Calls
|
Kegiatan menelepon melalui operator
telepon, telepon hanya disambungkan kpadanya bila orang yang dituju ada,
dicatat sebagai beban biaya pribadi
|
SLI (Sambungan Langsung Internasional)
|
Hubungan telepon ke luar negeri
|
SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh)
|
Hubungan Telepon jarak jauh
|
International Direct Dial Calls (IDD
Calls)
|
Permintaan Percakapan jarak jauh
antarnegara, hubungan ini dilakukan melalui operator telepon (Biasa juga
disebut overseas call)
|
Extension / Interline
|
Menelepon dengan menggunakan nomor
extension, yaitu sambungan telepon dari luar perusahaan/instansi ke nomor
telepon yang terdapat dalam perusahaan/instansi
|
Direct Line
|
Percakapan telepon yang dilakukan
seseorang di luar perusahaan tanpa melalui operator telepon
|
House Phone
|
Fasilitas telepon yang disediakan untuk
tamu, gunanya agar tamu dapat
menghubungi langsung nomor telepon yang ada dalam hotel
|
Incoming Calls
|
Menerima sambungan telepon dari luar
perusahaan melalui operator telepon
|
Out Calls
|
Sambungan telepon dari dalam kantor ke
luar kantor
|
Toll Free Calls
|
Percakapan telepon dengan system
pelayanan otomatis, dimana biaya di tanggung kepada orang yang dipanggil.
|
Person to Person Calls
|
Permintaan percakapan telepon dengan
pesan agar disambungkan dengan orang tertentu
|
Department to Department
|
Sambungan telepon yang terjadi dalam
perusahaan, antara satu department dengan department lainnya
|
Fixed Time Calls
|
Fasilitas yang dihubungkan dengan orang
tertentu pada waktu yang telah ditentukan.
|
Telephone Credit Card
|
Layanan telepon yang untuk seseorang
yang menggunakan kartu kredit, tagihan akan dipungut melalui bank yang
mengeluarkan kartu kredit tersebut.
|
Charge Advisory Calls
|
Layana telepon untuk mengetahui biaya
dan lamanya percakapan telepon
|
Temporary Transfer Calls
|
Kesepakatan yang dibuat seseorang
dengan kantor telepon untuk mentransfer nomor telepon ke nomor telelpon lain
secara otomatis pada suatu saat tertentu
|
Freefone (Bebas Pulsa)
|
Fasilitas yang disediakan kantor
telepon yang memungkinkan pelanggan untuk menelepon tanpa membayar, karena
beban tagihan ditanggung oleh perusahaan
|
Baca Juga: Pengertian Hosekeeping dan Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain
Demikian
Penjelasan Tentang Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan . Semoga
Bermanfaat dan Jangan Lupa
Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya
Belum ada Komentar untuk "Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan"
Posting Komentar