Materi Hosekeeping - Persiapan Cleaning Equipment, Chemical, Supplies, dan Formulir
Kamis, 17 September 2020
Peralatan dan Chemical yang di Gunakan Housekeeping - Sebelum melaksanakan kegiatan pembersihan kamar, room attendant harus mempersiapkan cleaning equipment (peralatan pembersih), chemical (bahan kimia pembersih), supplies / amenities (persediaan), dan formulir. Kegiatan persediaan sebelumnya dilakukan di ruang linen. Ditempat inilah room attendant menerima pembagian tugas dan room status, mengambil kunci dan mengakhiri kerjanya pada saat shif. Ditempat ini pula room attendant mengambil stok untuk linen dan bahan-bahan serta amenities yang diperlukan. Kadang-kadang amenities dan bahan ditempetkan sendiri digudang housekeeping. Namun demikian, tidak semua hotel menggunakan kantor housekeeping untuk morning briefing ataupun afternoon breafing dan pembagian tugas pada ketiak akan mulai kerja. Dari housekeeping office, room attendant langsng menuju ke pantry yang berada ditiap lantai hotel (hotel bertingkat) untuk mempersiapkan trolley dengan segala isinya berdasarkan tingkat hunian kamar hotel (hotel occupancy). Persiapan room attendant trolley beserta isinya dibeberapa hotel dikerjakan oleh room attendat yang bertugas pada shift sebelumnya. Misalnya trolley pada shif pagi sudah disiapkan oleh room attendant yang bekerja pada shift malam sebelumnya, sehingga room attendant yang bertugas pada shift pagi hanya melengkapi perangkat yang belum lengkap disesuaikan dengan keadaan actual pagi itu.
Jenis dan jumlah perangkat pembersihan yang perlu dipersiapkan akan berbeda antara hotel satu dengan hotel yang lain. Hal ini disesuaikan dengan jenis kamar yang dibersihkan, jenis amenities yang disediakan hotel, dan ukuran trolley. Umumnya ukuran trolley yang sesuai dengan standar cukup untuk membawa semua kebutuhan pembersihan setengah hari.
Tugas pembersihan kamar tamu akan dapat dilaksanakan secara efektif oleh room attendant apabila semua peralatan pembersihan, chemical, dan supplies tersedia sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu departemen housekeeping perlu menyediakan beragam jenis alat untuk membersihkan setiap objek. Demikian juga dengan chemical (bahan kimia pembersih) dan supplies yang harus selalu tersedia di trolley pada saat melaksanakan proses pembersihan kamar.
Baca Juga: Pengertian Housekeeping, Tugas dan Tanggung Jawab dan Jenis – Jenis Kunci yang biasa Digunakan pada Department Housekeeping
Ø Linen supplies
Ø Bathroom supplies
Ø Printing supplies and stationary kit
Ø Room supplies
Untuk mendapatkan hasil kerja efektif dan efisien, petugas menggunakan room attendant chart untuk menampung semua perangkat pembersihan. Kelalaian atau ketidak telitian petugas dalam meyiapkan perlatan pembersihan dalam trolley dapat mengakibatkan pemborosan waktu karena room attendant harus mengambil perangkat yang tertinggal tersebut di pantry, gudang atau ruangan lena.
Keterangan Formulir :
Dalam melakukan pembersihan kamar, room attendant harus mengisi formulir room attendant control sheet / room boy control sheet setiap kali selesai membersihkan satu kamar. Room attendant bertanggung jawab menuliskan barang-barang yang masuk ke dalam kamar dan juga yang keluar dari kamar pada formulir tersebut. Dalam formulir ini terdapat data seperti sirkulasi linen yang kotor dan yang bersih, sirkulasi aminities lengkap dengan jumlah linen dan amenities yang masuk dan keluar dari kamar.
Dalam pencatatan room attendant control sheet, petugas tidak boleh hanya mengandalkan ingatan. Semua linen dan aminities yang masuk / keluar dari kamar harus segera di catat pada formulis. Demikian juga dengan catatan-catatan khusus yang terjadi dalam kamr seperti bola lampu mati, dinding tergores, tirai robek, televise tidak dapat hidup, dan lain-lain. Satu hal juga yang tidak boleh dilupakan adalah mengisi waktu masuk kamar dan keluar kamar tersebut. Pada akhir shift, formulir harus diserahkan kembali ke kantor housekeeping agar pengawas dapat menindak lanjuti hal-hal yang diperlukan seperti kerusakan kamar-kamar yang masih DND, menghitung produktifitas kerja room attendant, sirkulasi linen, pemakaian aminities dan lain-lain. Selain itu, apabila kegiatan administrasi ini dilakukan secara tertib maka akan sangat bermanfaat sebagai control dan membantu perhitungan biaya dalam departemen housekeeping.
Infomasi yang ada dalam room attendant control sheet antara lain adalah sebagai berikut :
Room attendant control sheet berfungsi sebagai alat yang efektif untuk :
Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping), Struktur Organisasi, dan Kode Status Kamar Tamu
Demikian Penjelasan Tentang Hosekeeping - Persiapan Cleaning Equipment, Chemical, Supplies, dan Formulir. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.
Penelusuran yang terkait dengan housekeeping adalah
Jenis dan jumlah perangkat pembersihan yang perlu dipersiapkan akan berbeda antara hotel satu dengan hotel yang lain. Hal ini disesuaikan dengan jenis kamar yang dibersihkan, jenis amenities yang disediakan hotel, dan ukuran trolley. Umumnya ukuran trolley yang sesuai dengan standar cukup untuk membawa semua kebutuhan pembersihan setengah hari.
Tugas pembersihan kamar tamu akan dapat dilaksanakan secara efektif oleh room attendant apabila semua peralatan pembersihan, chemical, dan supplies tersedia sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu departemen housekeeping perlu menyediakan beragam jenis alat untuk membersihkan setiap objek. Demikian juga dengan chemical (bahan kimia pembersih) dan supplies yang harus selalu tersedia di trolley pada saat melaksanakan proses pembersihan kamar.
Baca Juga: Pengertian Housekeeping, Tugas dan Tanggung Jawab dan Jenis – Jenis Kunci yang biasa Digunakan pada Department Housekeeping
1.Cleaning Equipment
Berikut ini jenis perlatan pembersih yang diperlukan untuk menyiapkan kamar.- Carry caddy - Kotak perlengkapan pembersih untuk menyiapkan perlengkapan dan bahan pembersih yang bentuknya kecil
- Hand glove - Alat yang digunakan untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia pembersih
- Sponge / scoure - Alat untuk menggosok bathtub, dinding kamar mandi dan wash bashin
- Hand brush - Sikat yang dipakai untuk menggosok kotoran dan noda pada lantai atau dinding kamar mandi
- Dry cloth - Kain untuk mengelap objek furniture, keramik, porcelain, dan sejenisnya
- Glass cloth - Kain untuk mengeringkan gelas-gelas dalam kamar
- Polishing cloth - Potongan kain masih baru maupun handuk rusak yang tidak terpakai yang digunakan untuk mengkilapkan metal
- Chamois - Alat yang terbuat dari kulit kijang asli maupun sintetis untuk mengeringkan bathtub, kaca dan objek sejenis
- Glass Squeegee - Alat untuk menyeka air atau bahan pembersih pada kaca
- Sprayer Bottle - Alat penampung bahan kimia pembersih kaca lengkap dengan penyemprotnya
- Toilet Bowl Brush - Alat untuk menggosok bagian dalam toilet bowl
- Door Stopper - Alat pengganjal pintu kamar
- Wet Mop - Mop untuk mengepel lantai keramik
- Bucket dan Mop Presser - Alat untuk memeras mop, lengkap dengan ember penampung air
- Dust Mop - Mop kering untuk mengangkat debu pada lantai marmer, keramik dan kayu
- Dry Vacum Cleaner - Penyedot debu dan sampah berukuran kecil yang terdapat dalam kamar
2. Chemical
Berikut adalah bahan kimia pembersih yang diperlukan dalam pembersihan :- Desinfectant : bahan kimia untuk membunuh kuman
- Glass Cleaner : bahan kimia untuk membersihkan kaca
- Floor cleaner : bahan kimia untuk membersihkan lantai
- Furniture polish : bahan kimia yang digunakan untuk mengkilapkan perabotan
- Detergent : bahan pencuci gelas, porcelain dan sejenisnya
- Metal polish : bahan pengkilap metal
- Multi purpose cleaner : bahan pembersih multi fungsi seperti untuk kaca, gelas, furniture, dan lantai
- Air fresher : sebagai bahan pengharum ruangan
3. Supplies
Berikut ini jenis persediaan kamar yang diperlukan dalam kegiatan menyiapkan kamar tamu, diantaranya adalah sebagai berikut :Ø Linen supplies
- Double sheet (seprei untuk double bed)
- Single sheet (seprei untuk single bed)
- Pillow case (sarung bantal)
- Bath towel (handuk mandi)
- Hand towel (handuk tangan)
- Bath mat / bath rug
Ø Bathroom supplies
- Shampoo and conditioner (shampoo untuk keramas)
- Bath foam atau bath gel (sabun cair untuk mandi busa)
- Body lotion / hand body (pelembab kulit)
- Talcum powder (bedak)
- Bath salt (garam untuk mandi)
- Tooth brush kit (sikat gigi dan pasta)
- Cotton bud
- Detergent
- Shower cap (penutup kepala ketika mandi)
- Shaving kit (cukuran kumis atau jenggot)
- Nail fail (amplas kuku)
- Match (korek api)
- Shoe polish (semir sepatu)
- Candle (lilin)
- Bath soap (sabun mandi)
- Hand soap (sabun untuk cuci tangan)
- Tissue roll (tissue toilet)
- Tissue box (kotak tissue)
- Sanitary bag / disposal bag
Ø Printing supplies and stationary kit
- Ballpoint
- Pencil
- Sticker hotel
- Writing paper / letter head (kertas surat)
- Fax paper (kertas untuk faximilie)
- Envelope (amplop)
- Memo pad (kertas memo)
- Door knob menu
- Don’t disturb sign (tanda jangan diganggu)
- Guest command (formulir komentar tamu)
- Laundry list (daftar harga cucian)
- Post card (kartu pos)
- Minibar list (daftar harga minibar di kamar)
- Laundry bag (kantong untuk laundry)
- Slipper (sandal kamar)
- Room service menu (daftar menu room service)
- Hotel directory
- Magazine (majalah)
Ø Room supplies
- Asbak
- Gelas minum
- Bola lampu, dan sebagainya
Untuk mendapatkan hasil kerja efektif dan efisien, petugas menggunakan room attendant chart untuk menampung semua perangkat pembersihan. Kelalaian atau ketidak telitian petugas dalam meyiapkan perlatan pembersihan dalam trolley dapat mengakibatkan pemborosan waktu karena room attendant harus mengambil perangkat yang tertinggal tersebut di pantry, gudang atau ruangan lena.
4.Formulir pembersihan kamar
Setelah trolley selesai di set up dengan perangkat pembersihan, room attendant siap untuk memulai kegiatan utamanya yaitu membersihkan kamar tamu. Kamar-kamar yang harus dibersihkan dapat diketahui dari room status report. Pada sebagian hotel, formulir ini juga disebut room report. Formulir ini merupakan alat komunikasi dua arah yang efektif antara departemen housekeeping dengan departemen front office dalam mengkomunikasikan status kamar. Misalnya apabila ada tamu check out, maka bagian front office akan menghubungi bagian housekeeping. Sebaliknya, ketika kamar telah selesai dibersihkan dan siap di huni, maka bagian house keeping akan memberikan informasi terbaru mengenai kamar yang check out tersebut melalui computer online menjadi vacant clean atau vacant ready sehingga bagian front office dapat menjual kembali kamar tersebut kepada tamu-tamu lain. Pada hotel yang memiliki sistem komputerisasi, room report sudah diisi dengan data nomor kamar, nama tamu, status kamar, dan keterangan atau komentar. Data ini diperoleh dari print out information system. Jika hotel belum menggunakan ini, maka room attendant perlu menyalin data-data kamar yang telah disiapkan malam harinya dan mengadakan pengecekan secara langsung pada pagi hari.
Contoh room
report :
ROOM REPORT
Floor : ……………….. Date
: ………………
Time : ………………..
Room No
|
Code
|
Number Of Person
|
Remarks
|
101
|
|
|
|
102
|
|
|
|
103
|
|
|
|
104
|
|
|
|
105
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
Code :
O = Occupied
V = Vacant
DND =
Do Not Disturb Check
by,
DL =
Double Lock
CO =
Check Out
SO = Sleep Out ----------------------------
ONL =
Occupied No Luggage Name
OOO =
Out Of Order
Keterangan Formulir :
- Floor, menunjukan tingkat atau lokasi kamar
- Date, menunjukan tanggal pembuatan laporan
- Time, menunjukan waktu saat laporan dibuat
- Room, kolom untuk mencatat nomor kamar yang ada di hotel
- Code, menunjukkan kode status kamar
- Person, menunjukkan jumlah tamu yang menginap
- Check by, tempat tanda tangan petugas yang mengisi laporan
Dalam melakukan pembersihan kamar, room attendant harus mengisi formulir room attendant control sheet / room boy control sheet setiap kali selesai membersihkan satu kamar. Room attendant bertanggung jawab menuliskan barang-barang yang masuk ke dalam kamar dan juga yang keluar dari kamar pada formulir tersebut. Dalam formulir ini terdapat data seperti sirkulasi linen yang kotor dan yang bersih, sirkulasi aminities lengkap dengan jumlah linen dan amenities yang masuk dan keluar dari kamar.
Dalam pencatatan room attendant control sheet, petugas tidak boleh hanya mengandalkan ingatan. Semua linen dan aminities yang masuk / keluar dari kamar harus segera di catat pada formulis. Demikian juga dengan catatan-catatan khusus yang terjadi dalam kamr seperti bola lampu mati, dinding tergores, tirai robek, televise tidak dapat hidup, dan lain-lain. Satu hal juga yang tidak boleh dilupakan adalah mengisi waktu masuk kamar dan keluar kamar tersebut. Pada akhir shift, formulir harus diserahkan kembali ke kantor housekeeping agar pengawas dapat menindak lanjuti hal-hal yang diperlukan seperti kerusakan kamar-kamar yang masih DND, menghitung produktifitas kerja room attendant, sirkulasi linen, pemakaian aminities dan lain-lain. Selain itu, apabila kegiatan administrasi ini dilakukan secara tertib maka akan sangat bermanfaat sebagai control dan membantu perhitungan biaya dalam departemen housekeeping.
Infomasi yang ada dalam room attendant control sheet antara lain adalah sebagai berikut :
- Floor, lantai / seksi yang menjadi tanggung jawab room attendant
- Time, waktu petugas mulai dan mengakhiri kerja
- Date, tanggal room attendant melaksanakan tugasnya
- Linen, kelompok linen, misalnya sheet, pillow case, towel, dan lain-lain
- Guest supplies, kelompok keperluan tamu, misalnya soap, shampoo, stationary, dan lain-lain
- Time in, waktu ketika room attendant masuk kamar untuk membersihkannya
- Time out, waktu ketika room attendant keluar dari kamar untuk membersihkan kamar lain
- Remarks, keterangan
- Total received, jumlah linen bersih dan guest supplies yang diterima dari ruang lena
- SL (Soiled Linen), jumlah linen kotor yang dikeluarkan dari kamar
- Room status, status kamar yang dibersihkan
- Room number, nomor kamar yang dibersihkan
- Total used / soiled, jumlah keseluruhan linen kotor yang dikeluarkan dari kamar. Jumlah harus sama dengan linen bersih yang masuk dari linen room
- Clean returned, jumlah linen bersih yang tersisa
- Signature, tanda tangan room attendant
- Supervised by, nama dan tangan pengawas kamar (supervisor)
Room attendant control sheet berfungsi sebagai alat yang efektif untuk :
- Mengontrol waktu kerja room attendant
- Menilai dan mengevaluasi kinerja room attendant
- Mengantisipasi tindak kejahatan karyawan, pengunjung, tamu
- Mengontrol distribusi linen dan supplies ke kamar
- Mengontrol biaya department housekeeping
Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping), Struktur Organisasi, dan Kode Status Kamar Tamu
Demikian Penjelasan Tentang Hosekeeping - Persiapan Cleaning Equipment, Chemical, Supplies, dan Formulir. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.
Penelusuran yang terkait dengan housekeeping adalah
- gaji housekeeping
- materi housekeeping
- ruang lingkup housekeeping
- bagian bagian housekeeping
- housekeeping department
- section housekeeping
- struktur organisasi housekeeping
- tujuan housekeeping