Pengertian F&B Service Menurut Para Ahli serta Jenis-Jenis , Fungsi dan Tujuannya

Pengertian F&B Service

Industri Food & Beverage (F&B) adalah salah satu industri yang telah ada dan berkembang sejak lama. Jenis bisnis yang dikategorikan masuk dalam industri F&B yaitu bisnis yang menempatkan makanan atau minuman sebagai poros bisnisnya, termasuk F&B service. Seiring dengan perkembangan zaman, pengertian F&B service mengalami perluasan makna.
Secara umum, pengertian F&B service adalah sebuah istilah yang menggambarkan layanan penyajian makanan kepada pelanggan. Biasanya, sebuah bisnis menawarkan layanan tersebut secara bersama-sama dengan menjual produk makanan atau minuman (F&B product).
Contoh bisnis untuk menggambarkan gabungan F&B service dan F&B product adalah warung makan atau restoran bintang lima. Di dua tempat tersebut, pemilik bisnis menawarkan produk makanan atau minuman untuk dibeli serta tempat dan penyajian makanan untuk dinikmati pelanggan.

Menurut Soekresno dan Pendit (1998:4) menyebutkan bahwa food and beverage department merupakan bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua  bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama.



2 (dua) bagian tersebut adalah:

1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.

2. Food and beverage bagian belakang (back service)
Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.
Tujuan departemen food and beverage menurut Soekarno dan Pendit (1998:5) adalah:
  1. Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
  2. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan, dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan sanitasinya.
  3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.


Fungsi Food And Beverage

Food and beverage merupakan salah satu kebutuhan yang secara komersial dan profesional, karena di bagian ini amat lah penting.
Artinya bagi sebuah hotel Merupakan sumber usaha yang keuntungan nya dapat di kelolah melalui (room sales).
Adapun fungsi dari F&B yaitu :
  • Memenuhi selera (memberi kepuasan) bagi tamu.
  • Memelihara dan meningkatkan nama baik hotel.
  • Membuat keuntungan yang wajar.
Fungsi utama dari Fungsi Food and Beverage adalah untuk melayani serta mencapai kepuasan pelanggan, mungkin akan berusaha untuk memuaskan dengan cara :
  • Fisiologis : Adalah sebuah kebutuhan makanan khusus
  • Ekonomi : Merupakan sebuah kebutuhan dengan nilai yang terbaik mulai dari harga dibayarkan
  • Sosial : Adalah suasana yang bersahabat, terus terang dalam mengungkapkan perasaan
  • Psikologis : Yaitu kebutuhan guna meningkatkan harga diri
  • Kenyamanan : Adalah keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan.
Dalam kebutuhan yang seperti ini sangat menentukan faktor, seperti rasa bertanggung jawab dalam menentukan berbagai jenis metode pelayanan.


 Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement

Departemen ini memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu, bertanggung jawab untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum serta penyediaan tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk event meeting atau acara resmi yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum.
      Selain itu, Food & Baverage Departement juga memiliki tugas-tugas lainnya yang mendukung berlangsungnya operasional kerja pada departemen ini. Tugas-tugas tersebut yaitu:
  1. Membersihkan dan atau memeriksa area makan/restoran sebelum pelayanan pada pelanggan berlangsung sesuai dengan prosedur .
  2. Membersihkan dan atau memeriksa fasilitas pelanggan sebelum pelayanan.
  3. Mempersiapkan area yang nyaman secara rapih untuk pelayanan termasuk penyesuaian penerangan dan musik bila perlu.
  4. Menyesuaikan dan menata meja kursi sesuai dengan persyaratan perusahaan dan atau permintaan pelanggan.
  5. Memastikan kenyamanan rancangan perabotan dan keselamatan staf dan pelanggan.
  6. Mempersiapkan dan memeriksa perlengkapan untuk pelayanan.
  7. Selalu mencari informasi tentang variasi menu dengan cara selalu mengontak staf dapur.


Tujuan Food and Beverage

  • Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyak nya sehingga mendapatkan pelanggan yang banyak
  • Memberikan pelayanan sebaik mungkin hingga tamu merasa puas.
  • Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Food & Beverage Service
  • pengertian food and beverage service menurut para ahli
  • pengertian food and beverage product
  • fungsi food and beverage service
  • pengertian food and beverage department
  • food and beverage service department
  • istilah dalam food and beverage service
  • contoh food and beverage
  • materi food and beverage kelas 11
  • Ilmuperhotelan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel