Pengertian Food and Beverage
Menurut
Soekresno dan Pendit (1998:4) menyebutkan bahwa food and beverage
department merupakan bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung
jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan
lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal
di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak
diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman
dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi
dua bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling
bekerjasama.
2 (dua) bagian tersebut adalah:
1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.
2. Food and beverage bagian belakang (back service)
Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus
melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.
Tujuan departemen food and beverage menurut Soekarno dan Pendit (1998:5) adalah:
- Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
- Memberikan
pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini
menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan,
dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan
sanitasinya.
- Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.
Baca Juga: Pengertian
Pramusaji (Waiter) Hotel Meliputi Syarat, Grooming, kualifikasi
pekerjaan, Posisi, Tugas, Tanggung Jawab dan Perlengkapan Wajib Seorang
Waiters
Kesehatan Kerja Yang Perlu di Perhatikan
Manajemen Hotel harus menjaga kesehatan
semua karyawan dan tamunya, dengan tercapainya system operasional Hotel
yang menjunjung tinggi kesehatan kerja maka biaya yang tidak perlu bias
ditekan dan tidak dikeluarkan.Para tamu Hotel akan sangat senang
untuk tinggal di Hotel yang mempunyai tingkat kesehatan lingkungan yang
tinggi, Hotel tersebut akan menjadi pilihan utama untuk kunjungan
selanjutnya. Pemeriksaan Kesehatan:.
Untuk itu semua karyawan Hotel bagian
makanan dan minuman harus secara teratur mengikuti pengecekan kesehatan
setiap 6 bulan sekali. Biasanya untuk pemeriksaan kesehatan yang lazim
dilakukan bagi karyawan bagian makanan dan minuman adalah Rectal Swab Test.
Kebersihan dan Keselamatan Kerja
Kebersihan dan keselamatan kerja harus selalu diperhatikan oleh
setiap karyawan dibagian food & beverage, kebersihan dan keselamatan
kerja yang dilakukan di bagian pelayanan makanan dan minuman yaitu:
- Memperlakukan barang pecah belah. Memeriksa kekurangan barang
pecah belah, piring gelas dan alat makan dan minum dari perak sebelum
dan sesudah digunakan, buang segera gelas atau piring cangkir keramik
yang pecah. Pisahkan barang-barang dari perak dan kaca setelah
digunakan, jika sebuah gelas pecah, pindahkan gelas dengan hati-hati dan
pastikan tidak ada pecahannya yang tercecer
- Melaksanakan pelayanan. Pada saat memberikan pelayanan setiap
prosedur harus dilaksanakan dengan benar, hal yang dilakukan seperti
pindahkan cangkir-cangkir dari meja ketika mengisi cangkir dengan air
panas, jangan mengisi nampan berlebihan dan tidak diperbolehkan membawa
nampan melewati atas kepala tamu yang sedang duduk dimeja dan selalu
memberitahu mereka tentang kehadiran anda, pada saat membuka anggur
jauhkan dari tamu agar tidak terkena gabus penutup botol.
- Gelas dan piring Pisahkan gelas dan piring yang pecah ketika
memilih, gunakan trolley untuk memindahkannya. Ketika menggunakan rak,
periksa bahwa bagian tepi yang dapat diatur. Pastikan dalam keadaan aman
sebelum menempatkan makanan dalam nampanMenjaga penampilan pribadi.
Gunakan pakaian seragam secara lengkap, baik dan benar, seperti
menggunakan sepatu bertumit rendah, perhiasan yang disesuaikan dengan
kebijakan hotel, baju yang sesuai dengan ukuran, serta rambut pendek
atau panjang tetapi menggunakan hairnet, kesemua hal tersebut perlu
dilakukan agar anda dapat bekerja dengan nyaman,
- Mengurangi resiko. Melaporkan kepada atasan apabila
menemukan karpet yang longgar, penempatan tanda keselamatan yang tidak
sesuai, pemisahan sambungan kabel listrik dan semua yang akan
menyebabkan resiko tersandung dan jatuh.
Macam-Macam Service Food and Beverage
Pelayanan merupakan
salah satu faktor penting dalam menjual produk, apalagi pada department
food and beverage. First impression dari tamu masih menjadi hal yang
perlu dipertimbangkan dalam mewujudkan loyalty pelanggan. Sebelum
menjadi seorang waiter/ss, pengetahuan mengenai pelayanan sangat
diperlukan untuk menambah nilai plus dalam melakukan service.
Sebagian besar di
restoran lokal ataupun di hotel masih mengandalkan gaya ala carte dalam
menjual makanan. Padahal, masih banyak lho macam-macam service itu.
Mungkin nama Ala carte lebih sering dikenal oleh para food and beverage
team, namun sebenarnya bahwa ala carte itu adalah american service.
Berikut adalah jenis-jenis service food and beverage :
1. Table service
Suatu sistem pelayanan
dimana tamu duduk dikursi menghadap meja makan, kemudian makanan dan
minuman diantarkan dan disajikan, table service ini umumnya dibedakan
menjadi 4 kategori yaitu:
a) American service (sistem pelayanan ala Amerika / Ala Carte)
- Sifat pelayanannya sederhana, tidak resmi dan cepat
- Makanan sudah siap ditata dan diatur diatas piring
b) English service (sistem pelayanan ala Inggris)
Pelayanan ini digunakan
oleh keluarga bangsawan di Inggris, makanan tersedia dimeja dan diatur
oleh nyonya rumah dalam piring dan dihidangkan kepada tamunya dan nyonya
rumah tersebut biasa disebut hostess, jadi service ini banyak digunakan
dirumah tangga. Contoh yang paling umum adalah jika ada yang berulang
tahun, maka yang berulang tahun akan memotong kue dan langsung
memberikannya kepada tamu.
c) French service
French service adalah
suatu tipe pelayanan yang sifatnya formal/resmi, awalnya pelayanan ini
digunakan untuk tamu bangsawan, sekarang ini disukai untuk orang yang
ingin mendapatkan pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari
dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan dekat tamu dengan
menggunakan “range oven atau rechaud oven” dan setelah matang. Ditata
atau disusun diatas oval platter dengan menggunakan guerdion dan dihias
dengan hiasan yang baik kemudian satu persatu hidangan tersebut
ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu. Pelayanan jenis ini
mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Bila tamu telah
memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai. Kemudian dipotong
oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring
tamu, yang terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan
mahal.
d) Russian service
Pelayanan jenis ini
sering disebut juga dengan modified french service karena dalam beberapa
hal mempunyai kesamaan dengan french service. Pelayanan ala rusia
sifatnya sangat formal, mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian
yang luar biasa dari petugas, perbedaan yang menonjol antara rusian
dengan french adalah:
- Russian service memerlukan seorang waiter, sedangkan french service memerlukan dua orang waiter
- Makanan yang
disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur sedangkan
french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran.
2. Counter service
Suatu sistem pelayanan
dimana para tamu datang lalu duduk di counter, apabila makanan dan
minuman yang dipesannya sudah siap, maka akan disajikan kepada tamu di
atas counter. Petugas yang menyajikan bisa waiter ataupun juru masaknya.
Pelayanan ini lebih praktis, hemat tenaga dan waktu.
3. Self service
Self
service atau buffet service adalah suatu sistem pelayanan restoran
dimana semua makanan secara lengkap(hidangan pembuka, sup, hidangan
utama, hidangan penutup) telah tertata dan diatur rapi di atas meja
hidang atau meja prasmanan. Para tamu secara bebas mengambil sendiri
hidangannya sesuai dengan selera.
4. Carry out service
Carry out service lebih
dikenal dengan istilah take out service yaitu sistem pelayanan dimana
tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap ataupun disiapkan
terlebih dahulu, dibungkus dalam kotak untuk dibawa pergi, jadi makanan
tidak dinikmati di tempat.
Baca Juga: Pengertian
Pelayanan dan Restoran Meliputi Ruang Lingkup, Tipe-tipe Restoran,
Peranan, Klasifikasi Pelayanan dan Tipe-Tipe Service di Restoran
Demikian
Penjelasan Tentang Pengertian Food and Beverage - Kesehatan Kerja, Kebersihan dan Keselamatan Kerja Beserta Macam-Macam Service Food and Beverage . Semoga
Bermanfaat dan Jangan Lupa
Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Food & Beverage Service
- pengertian food and beverage product
- fungsi food and beverage service
- pengertian food and beverage department
- food and beverage service department
- istilah dalam food and beverage service
- tugas food and beverage service
- contoh food and beverage
- materi food and beverage service pdf
Belum ada Komentar untuk "Pengertian Food and Beverage - Kesehatan Kerja, Kebersihan dan Keselamatan Kerja Beserta Macam-Macam Service Food and Beverage"
Posting Komentar