Pengertian Kasir Kantor Depan Meliputi Syarat-Syarat, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Perlengkapam Kasir Kantor Depan

Sumber Gambar TripAdvisor

Pengertian Kasir Kantor Depan

Kasir kantor depan adalah  petugas hotel yang menangani keuangan kantor depan ,dengan mencatat semua fasilitas hotel yang di gunakan  tamu dan menerima  pembayaran dari tamu –tamu pada saat check out. 
 

Syarat-Syarat Sebagai Seorang Kasir Kantor Depan

Employe front office cashier di hotel mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal menangani administrasi keuangan hotel,baik yang berkaitan ddengan pendapatan hotel maupun pengeluaran berbagai macam biaya .Oleh karena itu, seorang front office cashier harus mempunyai persyaratan sebagai beriku :
  1. Jujur, ramah dan teliti, hal ini sangat penting karena mengingat tugasnya selalu berhubungan  dengan penerimaan uang. Semua pemasukan hotel selama bertugas menjadi tanggungjawab Kasir (cashier).  
  2. Menguasai mesin/computer yang dipakainya dengan baik. Untuk menyelesaikan pembayaran (cash/credit) seorang Kasir (Cashier) harus mengusai semua kunci pembuka dan menutup (Key posting) yang ada pada mesin atau computer yang dipakainya. 
  3. Menguasai semua jenis hitungan. Agar tidak menghambat kelancaran pekerjaan, maka seorang Kasir (Cashier) harus mengusai semua jenis hitungan, yaitu: perkalian, pengurangan, tambah dan bagi.  
  4. Dapat mempergunakan bahasa atau bahasa Inggris dengan baik. Bahasa dan bahasa Inggris harus dikuasainya dengan baik, karena harus berhubungan dengan tamu asing secara langsung. 
  5. Mempunyai tulisan tangan yang rapih. Tulisan tangan haruslah rapih untuk menghindari kesalahan atau kesalafahaman. 
  6. Menguasai penggunaan jenis-jenis peralatan yang dipergunakan. 
  7. Mempunyai hubungan kerja yang baik, terutama dengan pegawai di lingungan sendiri, dalam hal ini bagian Kasir Kantor Depan Hotel (Front Office Cashier) khususnya dan Kantor Depan Hotel Departemen (Front Office Department) pada umumnya. 
  8. Dapat menguasai situasi setempat. Dalam keadaan normal seorang kasir (cashier) tidak mengalami kesukaran, tetapi bila ada hal-hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya akan menjadi buyar. Umpamanya tamu yang tidak mau membayar kwitansinya karena ada sesuatu yang tidak disetujuinya maka dalam situasi ini, harus dapat menguasai keadaan pada saat itu.
 
Secara singkat uraian diatas adalah sebagai berikut:
  •   Kejujuran (honesty)  
  • Ketelitian (punctuality) 
  • Hati-hati (carefullly)  
  • Dapat di percaya (reliability) 
  • Bertanggung jabab (responbily) 
  • Cekatan (accuracy) 
  • Penolong (helpful)  
  • Ramah (courteous) 
  • Kerapian  (well gromed)

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir Kantor Depan

  1. Pencetakan secara benar dari rekening tamu.  
  2. Kebenaran dari uang yang diterima ataupun dikeluarkan. 
  3. Kebenaran dari jumlah uang yang disetor.   
  4. Menyiapkan rekening tamu. 
  5. Menerima pembayaran: uang muka, rekening, penjualan tunai, penerimaan piutang.  
  6. Melakukan pembayaran: pengembalian ataupun pinjaman kepada tamu. 
  7. Menyetorkan jumlah uang yang diterima.

Perlengkapam Kasir Kantor Depan

  • a)  Guest Bill/Folio/Invoice
  1. GB (Guest Bill) yakni penerimaan kas atas pembayaran master bill tamu pada saat tamu check out.   Transaksi debet rekening tamu adalah transaksi tamu selama tinggal di hotel, terdiri dari: Room, F&B, Telephone, Laudry, Pool, Miscellaneuos Charge, Paid Out, etc.  
  2. Transaksi credit adalah transaksi yang akan mengurangi jumlah debet rekening tamu. Di antaranya: pembayaran, potongan harga, pemindahan ke bagian piutang, penerimaan transfer bank. 
  3. Keterangan (remark) adalah billing instruction. Ada dua jenis, yaitu: Personal Account harus ada Credit Card, Transfer Bank, dan Deposit Cash. dan Company Account harus ada Guarantee Letter ataupun Voucher.

  • b)   Cash Receipt
 

  • CS (Cash Sales) adalah peneriman  tunai dari transaksi  tamu yang tidak menginap di hotel. 
  • Cash Sheet - Cash Sheet adalah formulir yang digunakan untuk mencatat pemasukan kas dan pengeluaran kas dalam satu shift kerja Kasir Kantor Depan, sehingga dapat diketahui saldoakhir kas yang diterima.   
  • Summary Cash Report 
  • PP (Pre-Payment)   Pre-Payment yaitu penerimaan kas dari tamu pada saat tamu masih tinggal di hotel, untuk jaminan pembayaran. 
  • ARD (Advance Reservation Deposit)  Advance Reservation Deposit yakni penerimaan kas atas deposit pemesanan kamar tamu yang diberikan tamu atau pihak travel agent atau pihak ke-3 sebelum tamu check-in di hotel.
  • Remmitance of Fund - Remittance of Fund adalah amplop yang digunakan untuk menyetor uang tunai yang diterima selama operasional satu shift kerja kasi, dimana uang tunai yang disetorkan tersebut diperinci secara fisik 
  • House Bank - House Bank adalah uang tunai yang digunakan untuk operasional Kasir, misalnya untuk penukaran uang dan pengembalian. Housbank pada awal shift harus sama dengan akhir shift. Kasir harus bertanggung jawab apabila terjadi short/kekurangan terhadap housebank.
  • Paid Out  
  • Miscellaneous Charge
  •  City Ledger Payment  - City Ledger Payment adalah penerimaan tunai atas pembayaran rekening tamu  yang sudah check-out dari Travel Agent atas tamu-tamunya yang sudah menginap di hotel.
  • Safe Deposit Box yaitu Sejenis peti besi untuk menyimpan barang barang berharga (uang,permata dan surat surat berharga) kepunyaan tamu dan hotel.
  • Printer 
  • Stamps  
  • Re-bate Form 
  • Currency Exchange  
  • Front Office Cashier Register Machine (posting machine) yaitu mesin yang digunakan untuk mencetak transaksi debet dan kredit pada rekening tamu.
  • Imprinter yaitu Alat yang digunakan untuk mencatat imformasi dari credit card seperti american express, dinner club, moster  charge dan lain lain.

Ruang Lingkup Kasir Kantor Depan

  1. Penanganan pembayaran tamu hotel. 
  2. Pelayanan tukar uang asing(money changer). 
  3. Pelayanan titip barang berharga.  
  4. Penyusunan hasil rekapitulasi hasi penjualan hotel.

Persiapan Kasir Kantor Depan

  1. Menyiapkan area tugasnya.  
  2. Menyiapkan peralatan/perlengkapan kerja, misalnya mesin kas register, formulir  rekening  tamu,dan sebagainya. 
  3. Menyiapkan uang kontan yang di perlukan.  
  4. Menyiapkan seluruh instruksi yang telah diterima, misalnya untuk penukaran uang asing,titip barang berharga dan sebagainya. 
  5. Menyiapakan harga jual yang berlaku saat ini.

Kerja Sama Antar Section

1. Receptionist       => front office cashier akan menerima rekening tamu dan kartu  registrasi dari receptionist.
  1. Outlet                 => menyetor bill dan rekapitulasi penjualan/transaksi yang diterima.
  2. Concierge           => informasi tamu pindah kamar ataupun berhubungan dengan luggage.
  3. General Cashier => penyetoran yang diterima melalui front office cashier.
  4. Security              => tamu skippe.
  5. Acc. Receivable => khusus rekening tamu yang telah meninggalkan hotel.
  6. Income Audit     => semua penjualan yang terjadi dalam sehari beserta dokumennya.  



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kasir Kantor Depan Meliputi Syarat-Syarat, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Perlengkapam Kasir Kantor Depan. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.
 
 
Penelusuran yang terkait dengan CASH SHEET, REMITTANCE dan HOUSEBANK REPORT
  • pengertian summary cash report
  • formulir front office cashier
  • contoh cash sheet
  • cashier merupakan petugas hotel yang bertugas
  • perlakuan rekening city ledger
  • cashiering hotel
  • sop fo cashier
  • tugas kasir hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel