Struktur Organisasi Sales Marketing Di Hotel dan Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director

Definisi dari Sales and Marketing Department [ Lengkap ] - Pengertian atau Definisi dari Sales and Marketing Department. Pada dasarnya sales dan marketing merupakan suatu hal yang saling berhubungan satu dengan yang lainya, Sales merupakan bagian yang bertugas menjual sedangkan marketing merupakan bagian yang mempunyai tugas untuk memasarkan.


Jadi Sales and Marketing Department adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas untuk penjualan prodak yang dimiliki hotel serta memasarkanya. Apa saja prodak yang dimiliki oleh hotel? Produk yang dimiliki oleh hotel sendiri yaitu berupa penyewaan kamar, tempat makanan dan minuman, SPA, dll yang harus dipasarkan oleh bagian sales & marketing department.







Struktur Organisasi Sales And Marketing



Sebagian besar tamu yang menginap di hotel berbintang adalah tamu yang berasaldari MICE, khususnya di daerah kota. di era ini, hotel sudah tidak mengandal walk in guest lagi karena tidak banyak tamu yang melakukan itu, kecuali untuk hari-hari libursaja atau Holiday time. maka dari itu peran sales and marketing sangat dibutuhkan untuk mendongkrak keuntungan yang sebesar-besarnya. minimal untuk seorang marketing adalah mencapai budget yang di tentukan oleh manajemen. untuk mencapai tujuan tersebut maka dibuatlah  struktur organisasi sale and marketing department


Tugas-Tugas Utama Para Sales Marketing



  • Selalu Aktif Dalam Mencari Target Customer.
Pangsa pasar harus sudah terencana bersama dengan pemikiran dari konsep bisnis. Hal inilah yang semakin memudahkan pada saat produk Anda sudah benar-beanr siap untuk dipasarkan. Kerja dari para sales bisa saja dimulai sejak beberapa waktu sebelum terjadinya proses produksi selesai. Promosikan terhadap masyarakat tentang hasil temuan dari perusahaan. Tumbuhkan rasa ingin tahu mereka dengan cara terus menginfokan keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Memantau setiap lokasi dimana para calon pembeli berada. Tentukan berdasarkan wilayah dan sebarkan para sales pada setiap masing-masing tempat tersebut. Berlakukan sistem rolling saat para sales belum mampu dalam mencapai target pada area tertentu. Hal ini adalah sebagai bentuk penyegaran dan pembaharuan strategi baru dari pemasaran mereka. Sesuaikan cara berpromosi dengan kondisi lokasi yang saat ini sedang dicoba.

Kenali secara mendalam karakteristik para calon pelanggan di lokasi tersebut. Hal ini merupakan awal dari penentuan penggunaan strategi. Sifat konsumtif untuk lebih mudah dalam menerima produk baru daripada masyarakat yang sudah terbiasa untuk hidup hemat. Pelanggan yang lebih selektif terhadap pengeluaran secara finansial rumah tangga memang membutuhkan tenaga ekstra dalam usaha untuk mengenalkan produk Anda. Yakinkan mereka bahwa produk yang telah ditawarkan memiliki keunggulan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan yang lainnya.

  •  Merekap Data Hasil Penjualan Sales.

Data dari hasil penjualan harus disusun dengan rapi, mendetail dan secara terperinci. Hal ini sangat bermanfaat dalam memudahkan pihak lain saat menganalisinya. Evaluasi yang akan dilakukan atas dasar rekapan data tersebut. Selanjutnya akan digunakan dalam menilai ketepatan strategi sales.

Cara berpromosi yang lebih tepat pada saat terjadinya penjualan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dibutuhkan adanya kerjasama tim yang semakin solid dan lebih loyal agar visi dam misi perusahaan dapat terwujud. Para sales harus saling membantu dan tidak diperkenankan untuk saling serang dan memelihara egonya masing-masing. Prestasi dari para sales tidak tercermin dari berapa banyak jumlah produk yang berhasil dijual oleh setiap masing-masing individu, akan tetapi secara global. Inilah bentuk dari cara gotong-royong diantara sesama anggota agar dapat meringankan beban dari para sales marketing di dalam sebuah tim.

  • Menjamin Kepuasan Dari Para Pelanggan.
Kepuasan pelanggan bisa terjadi karena adanya manfaat yang telah diberikan dari produk yang sesuai dari informasi sales saat sedang berpromosi. Jelaskan segala hal yang telah menyangkut produk agar para pelanggan tidak merasa tertipu. Apabila salah satu dari unsur setiap produk tidak diketahui dan semakin mengakibatkan terjadinya kerugian, maka akan semakin berdampak pada kekecawaan para pelanggan.

Jangan sampai Anda menganggap remeh permasalahan seperti ini, rasa kecewa akan melahirkan rasa tidak percaya. Akan semakin sulit untuk meyakinkan para pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk akan tetapi tidak merasa puas dengan manfaatnya. Garansi merupakan sebuah trik penting sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerugian yang seringkali diakibatkan oleh adanya kelalaian dari perusahaan. Jaminkan kualitas terhadap produk yang unggul dengan dilengkapi garansi untuk menjaga kepuasan dari para pelanggan.

  • Mencari Mitra Kerja
Menggaet pihak lain agar dapat meningkatkan penjualan produk adalah salah satu cara dalam mempercepat proses penjualan. Tentunya harus dengan persetujuan dari pimpinan dan hasil diskusi yang telah dilakukan oleh tim sales sebelumnya. Kerjasama ini harus menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mitra sales marketing dapat berasal dari kalangan lembaga keuangan, jasa pengiriman barang dan lain sebagainya.Bagi hasil keuntungan juga harus dipikirkan lagi sebelum akan terjun langsung ke lapangan. Buatlah perjanjian hitam di atas putih (bermaterai) lengkap dengan penandatanganan berkas. Waspadalah terhadap rekan kerja baru bukan berarti mencurigai akan tetapi keamanan dari segi finansial perusahaan juga wajib untuk dijaga.

  • Menyusun Strategi Pemasaran Lanjutan.
Penyusunan strategi lanjutan sudah menjadi tanggungjawab para sales marketing apabila cara-cara anjuran perusahaan sama sekali tidak dapat memenuhi target penjualan. Ketentuan yang telah disepakati bersama boleh juga untuk dimodifikasi agar bisa sesuai dengan kondisi lapangan. Namun jangan sampai merubah nilai total, ingat hanya menghasilkan inovasi baru saja.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director

  • Berperan sebagai pengawas/pemimpin
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai sales director kamu akan berperan sebagai pengawas dan pemimpin tim penjualan.Direktur penjualan mengoordinasikan perkiraan penjualan, pengangguran, perencanaan, dan optimalisasi proses.Sales director juga bertanggung jawab mengarahkan dan mendukung implementasi yang konsisten atas strategi dan rencana bisnis dan penjualan.Ia juga mengarahkan rencana bisnis yang dimiliki tim penjualan kepada pemangku kepentingan yang berkaitan.Sales director bertugas untuk memastikan bahwa target penjualan yang telah ditetapkan akan tercapai tepat waktu dan kemudian mengembangkan target tersebut.Sebagai sales director, kamu perlu untuk membangun hubungan yang baik dengan teman kerja juga koneksi yang akan menguntungkan hubungan bisnis.

Hal ini tentu akan mendukung kinerja tim internal dan meningkatkan upaya penjualan.Untuk memastikan kinerja yang optimal, sales director atau direktur penjualan mengoordinasikan pelatihan manajemen internal di dalam departemen penjualan.Dalam hal ini, direktur penjualan berperan sebagai pendamping kepada rekan kerja yang berada di dalam satu tim.Hal ini mencakup membantu pelaksanaan tugas dan memastikan peningkatan dalam keterampilan profesional baik secara individu maupun tim.

  • Membuat strategi
Sales director juga berperan membuat strategi. Ia akan mengoordinasikan prakiraan penjualan, penganggaran, dan proses perencanaan yang akan diterapkan oleh tim.Direktur penjualan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas dalam proses dan strategi penjualan.Ia bertugas untuk mengoordinasikan rencana strategi dengan kepala staf penjualan dan pemangku kepentingan yang relevan untuk menyelaraskan dan menjamin keberhasilan strategi yang ada.

  • Membuat analisis
Sales director memiliki tugas dalam peran analisis untuk memantau konsumen serta kompetisi ketika melakukan proses penjualan.Ia memantau keakuratan dan efisiensi laporan penjualan serta hal-hal penting lainnya dalam divisi penjualan.Direktur penjualan bertanggung jawab untuk menyusun, memperbaiki, dan menyarankan revisi pada laporan penjualan yang diberikan, sebelum dipresentasikan kepada Chief Sales Officer.Presentasi ke Chief Sales Officer bertujuan untuk perumusan strategi penjualan dan pengambilan keputusan di masa depan.

  • Mencari kesempatan/peluang
Sales director memiliki tanggung jawab dalam mencari kesempatan dan peluang yang dapat memajukan penjualan.Ia membantu tenaga penjualan dalam manajemen dan pemahaman tentang kendala, hambatan, atau adanya hal yang tidak konsisten dalam proses peningkatan strategi penjualan.Direktur penjualan juga bertugas untuk terus mengumpulkan informasi dan menjaga agar tim penjualan tetap mendapatkan informasi terbaru yang memungkinkan bisnis untuk bersaing secara kompetitif di pasar.

Hubungan Kerja antara Housekeeping dengan Sales dalam Dunia Perhotelan

Kerjasama housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay. Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya setrika, extra bed, microwave, compliment laundry dan lain sebagainya.

Kerjasama housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay. Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya setrika, extra bed, microwave, compliment laundry dan lain sebagainya.

Sales & Marketing
  1. Memberitahukan apabila akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
  2. Memberitahukan bila ada group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh housekeeping terhadap group tersebut.
  3. Mengajak calon pelanggan untuk melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
  4. Memberitahukan setiap kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
  5. Memberitahukan perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan daat melayani mereka lebih baik.
Housekeeping
  • Membantu sales dalam menyediakan permintaan tamu.
  • Mempersiapkan kamar “show room” selalu dalam keadaan bersih dan sia dikunjungi setiap waktu.
  • Menginformasikan setiap perubahan yang ada di kamar agar sales dapat memberikan informasi yang benar kepada tamu.
  • Meng-update total inventory di housekeeping secara periodik, misalnya : total extra bed, kamar show room, dll.




Demikian Penjelasan Tentang  Struktur Organisasi Sales Marketing Di Hotel dan Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   . Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan struktur organisasi sales marketing di hotel
  • gaji sales marketing hotel
  • sales marketing department in hotel
  • istilah dalam sales & marketing hotel
  • hubungan sales marketing dengan departemen lain
  • tugas sales executive hotel
  • tugas director of sales and marketing hotel
  • sales manager hotel adalah
  • tugas sales admin hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel