Struktur Organisasi Sales Marketing Di Hotel dan Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director
Kamis, 10 September 2020
Definisi dari Sales and Marketing Department [ Lengkap ] - Pengertian atau Definisi dari Sales and Marketing Department. Pada dasarnya sales dan marketing merupakan suatu hal yang saling berhubungan satu dengan yang lainya, Sales merupakan bagian yang bertugas menjual sedangkan marketing merupakan bagian yang mempunyai tugas untuk memasarkan.
Jadi Sales and Marketing Department adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas untuk penjualan prodak yang dimiliki hotel serta memasarkanya. Apa saja prodak yang dimiliki oleh hotel? Produk yang dimiliki oleh hotel sendiri yaitu berupa penyewaan kamar, tempat makanan dan minuman, SPA, dll yang harus dipasarkan oleh bagian sales & marketing department.
Jadi Sales and Marketing Department adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas untuk penjualan prodak yang dimiliki hotel serta memasarkanya. Apa saja prodak yang dimiliki oleh hotel? Produk yang dimiliki oleh hotel sendiri yaitu berupa penyewaan kamar, tempat makanan dan minuman, SPA, dll yang harus dipasarkan oleh bagian sales & marketing department.
Struktur Organisasi Sales And Marketing
Sebagian besar tamu yang menginap di hotel berbintang adalah tamu yang berasaldari MICE, khususnya di daerah kota. di era ini, hotel sudah tidak mengandal walk in guest lagi karena tidak banyak tamu yang melakukan itu, kecuali untuk hari-hari libursaja atau Holiday time. maka dari itu peran sales and marketing sangat dibutuhkan untuk mendongkrak keuntungan yang sebesar-besarnya. minimal untuk seorang marketing adalah mencapai budget yang di tentukan oleh manajemen. untuk mencapai tujuan tersebut maka dibuatlah struktur organisasi sale and marketing department
Tugas-Tugas Utama Para Sales Marketing
- Selalu Aktif Dalam Mencari Target Customer.
Memantau setiap lokasi dimana para calon pembeli berada. Tentukan berdasarkan wilayah dan sebarkan para sales pada setiap masing-masing tempat tersebut. Berlakukan sistem rolling saat para sales belum mampu dalam mencapai target pada area tertentu. Hal ini adalah sebagai bentuk penyegaran dan pembaharuan strategi baru dari pemasaran mereka. Sesuaikan cara berpromosi dengan kondisi lokasi yang saat ini sedang dicoba.
Kenali secara mendalam karakteristik para calon pelanggan di lokasi tersebut. Hal ini merupakan awal dari penentuan penggunaan strategi. Sifat konsumtif untuk lebih mudah dalam menerima produk baru daripada masyarakat yang sudah terbiasa untuk hidup hemat. Pelanggan yang lebih selektif terhadap pengeluaran secara finansial rumah tangga memang membutuhkan tenaga ekstra dalam usaha untuk mengenalkan produk Anda. Yakinkan mereka bahwa produk yang telah ditawarkan memiliki keunggulan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan yang lainnya.
- Merekap Data Hasil Penjualan Sales.
Data dari hasil penjualan harus disusun dengan rapi, mendetail dan secara terperinci. Hal ini sangat bermanfaat dalam memudahkan pihak lain saat menganalisinya. Evaluasi yang akan dilakukan atas dasar rekapan data tersebut. Selanjutnya akan digunakan dalam menilai ketepatan strategi sales.
Cara berpromosi yang lebih tepat pada saat terjadinya penjualan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dibutuhkan adanya kerjasama tim yang semakin solid dan lebih loyal agar visi dam misi perusahaan dapat terwujud. Para sales harus saling membantu dan tidak diperkenankan untuk saling serang dan memelihara egonya masing-masing. Prestasi dari para sales tidak tercermin dari berapa banyak jumlah produk yang berhasil dijual oleh setiap masing-masing individu, akan tetapi secara global. Inilah bentuk dari cara gotong-royong diantara sesama anggota agar dapat meringankan beban dari para sales marketing di dalam sebuah tim.
- Menjamin Kepuasan Dari Para Pelanggan.
Jangan sampai Anda menganggap remeh permasalahan seperti ini, rasa kecewa akan melahirkan rasa tidak percaya. Akan semakin sulit untuk meyakinkan para pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk akan tetapi tidak merasa puas dengan manfaatnya. Garansi merupakan sebuah trik penting sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerugian yang seringkali diakibatkan oleh adanya kelalaian dari perusahaan. Jaminkan kualitas terhadap produk yang unggul dengan dilengkapi garansi untuk menjaga kepuasan dari para pelanggan.
- Mencari Mitra Kerja
- Menyusun Strategi Pemasaran Lanjutan.
Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director
- Berperan sebagai pengawas/pemimpin
Hal ini tentu akan mendukung kinerja tim internal dan meningkatkan upaya penjualan.Untuk memastikan kinerja yang optimal, sales director atau direktur penjualan mengoordinasikan pelatihan manajemen internal di dalam departemen penjualan.Dalam hal ini, direktur penjualan berperan sebagai pendamping kepada rekan kerja yang berada di dalam satu tim.Hal ini mencakup membantu pelaksanaan tugas dan memastikan peningkatan dalam keterampilan profesional baik secara individu maupun tim.
- Membuat strategi
- Membuat analisis
- Mencari kesempatan/peluang
Hubungan Kerja antara Housekeeping dengan Sales dalam Dunia Perhotelan
Kerjasama housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay. Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya setrika, extra bed, microwave, compliment laundry dan lain sebagainya.Kerjasama housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay. Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya setrika, extra bed, microwave, compliment laundry dan lain sebagainya.
- Memberitahukan apabila akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
- Memberitahukan bila ada group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh housekeeping terhadap group tersebut.
- Mengajak calon pelanggan untuk melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
- Memberitahukan setiap kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
- Memberitahukan perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan daat melayani mereka lebih baik.
- Membantu sales dalam menyediakan permintaan tamu.
- Mempersiapkan kamar “show room” selalu dalam keadaan bersih dan sia dikunjungi setiap waktu.
- Menginformasikan setiap perubahan yang ada di kamar agar sales dapat memberikan informasi yang benar kepada tamu.
- Meng-update total inventory di housekeeping secara periodik, misalnya : total extra bed, kamar show room, dll.
Demikian Penjelasan Tentang Struktur Organisasi Sales Marketing Di Hotel dan Tugas dan Tanggung Jawab Sales Director. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id . Trimakasih
Penelusuran yang terkait dengan struktur organisasi sales marketing di hotel
- gaji sales marketing hotel
- sales marketing department in hotel
- istilah dalam sales & marketing hotel
- hubungan sales marketing dengan departemen lain
- tugas sales executive hotel
- tugas director of sales and marketing hotel
- sales manager hotel adalah
- tugas sales admin hotel