Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping), Struktur Organisasi, dan Kode Status Kamar Tamu
Kamis, 17 September 2020
Sumber Gambar: ecmag.com |
Materi Perhotelan - Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
Baca Juga: Pengertian Dasar Pastry & Bakery : Job description Beserta Alat - Alat Yang Digunakan
Baca Juga: Pengertian Dasar Pastry & Bakery : Job description Beserta Alat - Alat Yang Digunakan
Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping)
Tugas Pokok
Menyelenggarakan kebersihan dan pemeliharaan area serta perlengkapannya untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan menyenangkan bagi tamu serta bagi karyawan.
Menyelenggarakan kebersihan dan pemeliharaan area serta perlengkapannya untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan menyenangkan bagi tamu serta bagi karyawan.
Fungsi Pokok
- Menyelenggarakan pembersihan secara teratur terhadap semua kamar tamu, ruang umum untuk tamu dan ruang pelayanan
- Membuat dekorasi baik untuk didalam ruangan maupun di luar ruangan
- Mengatur seluruh perabotan kamar (furniture)
- Menangani lena (linen) dan pakaian seragam kerja (uniform)
- Menyelenggarakan administrasi pemeliharaan dan membuat laporan
- Menyusun rencana pembiayaan pembersihan dan pemeliharaan
- Membina kerjasama yang baik dengan semua departemen di hotel
- Menyediakan pelayanan lost and found
- Menyediakan pelayanan baby sitting
Peranan Tata Graha
Secara khusus tugas dan tanggung jawab setiap seksi dapat dijabarkan sebagai berikut :
Tugas utama dari seksi ini sehubungan dengan tanaman hias dan rangkaian bunga adalah, pengadaan / merangkai bunga, penyimpanan, pengiriman / pendistribusian, pengambilan peralatan (clear-up)
- Menghasilkan produk utama hotel
- Menjaga asset fisik hotel
Secara khusus tugas dan tanggung jawab setiap seksi dapat dijabarkan sebagai berikut :
- Seksi kamar (room section)
- Seksi ruangan umum (houseman section)
- Seksi lena dan pakaian seragam kerja (linen and uniform section)
- Seksi gudang tata graha (housekeeping store)
- Seksi pengadaan bunga (florist)
Tugas utama dari seksi ini sehubungan dengan tanaman hias dan rangkaian bunga adalah, pengadaan / merangkai bunga, penyimpanan, pengiriman / pendistribusian, pengambilan peralatan (clear-up)
- Seksi binatu (laundry anda dry cleaning)
Housekeeping Department Organization Chart
Room Attendant
Setiap tamu yang menginap di hotel tentunya selalu ingin menikmati keadaan kamar uang bersih, rapih, dan nyaman. Kondisi kamar yang demikian yang dapat menyakinkan tamu bahwa sejumlah uang yang telah dikeluarkan untuk menyewa kamar tidak sia-sia. Selain itu keadaan kamar hotel juga dapat menunjukan perhatian dan kepedulian hotel dalam menciptakan lingkungan yang bersih, aman dan menyenangkan untuk para tamunya. Departemen / bagian housekeeping yang paling bertanggung jawab dalam tugas-tugas ini, harus memastikan bahwa kamar-kamar yang disewa oleh tamu dan seluruh lingkungan hotel diluar kamar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan tamu. Bukti keberhasilan dalam penyelenggaraan kebersihan kamar adalah kembalinya tamu untuk tinggal di hotel yang bersangkutan. Lebih dari itu, para tamu yang merasa mendapatkan kepuasan baik dalam produk kamar maupun pelayanan dari para room attendant akan menjadi tamu langganan (frequent-stay / repeater guest)Untuk menjaga standart kebersihan kamar hotel. Room attendant (room boy / room maid) harus menerapakan sejumlah prosedur yang telah ditetapkan oleh hotel, sering disebut SOP (Standar Operating Procedure). Dengan mengikuti SOP, petugas dapat menghemat waktu dan energy yang akhirnya dapat meningkatkan efektifitas dan produktivitas kerja. SOP yang ditetapkan pada setiap hotel disesuaikan dengan kebutuhan, artinya SOP mengacu pada jumlah kamar, luas kamar, dan fasilitas yang terdapat dalam kamar.
Room attendant adalah sebutan untuk petugas hotel pada seksi kamar (room section) yang bertanggung jawab terhadap kamar tamu (guest room). Selain room attendant sebutan lain yang sering dipakai adalah room boy (untuk pria) dan room maid (untuk wanita).. sedangkan untuk kepala seksinya di sebut dengan penyelia atau pengawas kamar tamu. Di industry perhotelan, lebih popular dengan sebutan supervisor atau floor supervisor.
Room Boy adalah karyawan hotel pada Houskeeping Department yang bertugas memelihara kebersihan, penataan ataupun kelengkapan supplies didalam kamar hotel (Rumekso, SE, Housekeeping Hotel, 2000).
Persiapan diri (Penampilan)
Yang dimaksud dengan penampilan room attendant adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapatdipertanggungjawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupunsesama karyawan dan sikap yang sopan selalu siap melaksanakan tugas dengan penuh keramahan dan rasa tanggung jawab. Dalam melaksanakan tugas ini Room Attendant berhubungan langsung dengan tamu. Untuk itu menjaga kebersihan dan kerapian dari ujung rambut sampai ke ujung kaki merupakan hal yang wajib dilaksanakan.Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
- Berpenampilan rapi dan bersih serta sopan.
- Rambut pendek di atas kerah.
- Bagi wanita bila rambut panjang harus diikat/digelung.
- Tidak mengenakan assesories yang berlebihan.
- Tidak menggunakan make-up yang berlebihan.
- Tidak berkumis/berjenggot bagi laki-laki.
- Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang.
- Kebersihan gigi gunakan uniform yang sesuai (right size, good quality, clean and good condition,) dan digunakan hanya untuk kerja.
Sikap yang harus dilakukan oleh seorang room attendant antara lain adalah sebagai berikut :
- Jujur, sopan, dan selalu member salam kepada tamu
- Pakaian harus rapih dan terawatt, sepatu bersih dan berkaos kaki
- Dapat berkomunikasi (dalam bahasa inggris)
- Selalu tepat waktu
- Member pelayanan yang ramah, berusaha mengingat nama tamu
- Tidak bersikap pilih kasih kepada tamu
- Tidak memberi informasi tentang manajemen dan rahasia hotel kepada tamu
- Tidak memakai perhiasan yang berlebihan saat bekerja
- Tidak merokok pada saat bekerja atau pada jam kerja
- Tidak makan permen karet ketika berkerja
- Tidak membaca saat berkerja
- Tidak bersikap angkuh dan sombong terhadap tamu
- Tidak bersiul saat bekerja
- Tidak menyanyi waktu bertugas
- Tidak menonton televisi dan menghidupkan radio pada saat membersihkan kamar
- Tidak meminta tips kepada tamu
- Tidak menjawab telepon untuk tamu dikamar
- Tidak mengajak teman berkujung ke hotel
- Tidak member kunci kamar kepada orang lain
- Tidak meninggalkan hotel dengan membawa kunci hotel
- Tidak membawa barang hotel tanpa ijin
Sebelum memulai pekerjaan, room attendant juga harus selalu siap dengan perlengkapan pribadi antara lain, sapu tangan, jam tangan, pulpen dan block note.
STATUS KAMAR TAMU
Status kamar tamu merupakan pengindentifikasian kondisi dikamar
tamu untuk menentukan tindakan yang dilakukan pada kamar tersebut.
SATUS KAMAR
|
KODE
|
DESKRIPSI
|
Vacant
Clean
|
VC
|
Kamar yang tidak dihuni dan sudah
dibersihkan oleh room attendant
|
Vacant
Clean Inspection
|
VCI
|
Kamar yang tidak dihuni oleh tamu dan
sudah diberishkan oleh room attendant serta dicek oleh room supervisor.
|
Vacant
Dirty
|
VD
|
Kamar yang tidak dihuni dan belum
dibersihkan oleh room attendant
|
Sleep
Out
|
SO
|
Kamar yang sudah di tempati ( terjual )
akan tetapi tamunya tidak menempatinya, dan status kamarnya masih occupied
|
Occupied
|
OC
|
Kamar yang sudah terjual dan dihuni oleh
tamu
|
Occupied
no luggage
|
ONL
|
Kamar yang sudah terjual dan ada penghuninya akan tetapi tidak membawa
barang – barangnya
|
Out
of service
|
OS
|
Kamar yang untuk sementara tidak untuk
dijual
|
Out
of Order
|
OOO
|
Kamar yang masih dalam keadaan perbaikan
(maintenance )
|
Don’t
Disturb
|
DND
|
Kamar yang occupied yang penghuninya tidak ingin diganggu selain ada
permintaan dari penghuninya
|
Check-In
|
CI
|
Kamar yang sudah di tempati oleh tamu
|
Check
Out
|
CO
|
Kamar yang Sudah ditinggalkan oleh tamu
karena waktu tinggalnya sudah berakhir.
|
Expected
Arrival
|
EA
|
Kamar yang sudah di booking dengan
status confirm.
|
Expected
Departure
|
ED
|
Kamar yang sudah confirm check out.
|
Service
Refuse
|
SR
|
Kamar yang dihuni oleh tamu namun
menolak untuk pelayanan pembersihan kamar.
|
Baca Juga: Pengertian Housekeeping dan Sop Pembersihan Kamar Secara Umum ( Check Out dan Occupied Room )
Demikian Penjelasan Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping), Struktur Organisasi, dan Kode Status Kamar Tamu. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa
Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.