Bagian Housekeeping Department dan Struktur Organisasi Housekeeping Department Secara Lengkap
Housekeeping Department adalah bagian yang bertugas memelihara kebersihan, kerapian, kelengkapan kamar – kamar tamu, restaurant, bar, dan tempat – tempat umum dalam hotel, termasuk tempat – tempat untuk karyawan, kecuali tempat – tempat yang menjadi tanggung jawab steward, misalnya Dapur (kitchen area), daerah pencucian alat – alat (dishwashing Area), dan tempat sampah (Garbage Area).Housekeeping dibagi menjadi beberapa section, antara lain yaitu:
Publik area
Petugasnya sering di sebut dengan public area attendant (houseman) bertugas memelihara bersihkan dan kerapihan area-area umum yang sering digunakan oleh para tamu.
Pembagian tugas houseman antara lain:
Kelompok kerja pagi : jam 08.00-15.00
Kelompok kerja siang : jam 15.00-23.00
Kelompok kerja malam: jam 23.00-08.00
Jenis-jenis alat-alat pembersih yang sering digunakan antara lain
- sapu (broom/ sweeper)
- mop (pel)
- sikat (brush) yang terbagi atas berbagai macam keperluan
- penampung debu (dust pan)
- tempat sampah (bucket/ dust bin)
- penjebak debu (lobby duster)
- semproten (gun sprayer)
- pembesih kaca (glass cleaner)
- tanda bahaya (danger notice)
- floor squeeze adalah alat untuk membersihkan genangan air
- vacumm cleaner (alat penyedot debu)
- floor machine (alat untuk menyikat lantai)
- carpet machine (alat untuk membersihkan karoet)
- blower (alat untuk mengerinkan karpet), atc
Jenis bahan-bahan pembersih yang digunakan
- glass cleaner, gunanya untuk membersihkan kaca
- MPC (multi perpose cleaner), gunanya untuk membersihkan seluruh bagian furniture, kaca, metal,dll
- Wooden polish, gunanya untuk mengkilapkan semua yang berbahan dari kayu
- Metal polish, gunanya untuk mengkilapkan semua yang berbahan dari metal
- Sabun cair, gunanya untuk membersihkan alat-alat dari kaca, porselin, dan plastic
- Go gatter, untuk membersikan toilet
- Forward, untuk bahan pembersih dan desinffektan lantai
- Wax strip, untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, atau pelapis lantai
- Complete, untuk sealer atau memberikan ketahanan maksimum dari goresan sepatu dan debu
- Spot and satian remover, untuk membersihkan noda-noda pada karpet.
Metode pembersihan
- Dusting (mengelap kering)
- Dump dusting (mengelap lembab)
- Sweeping (menyapu)
- Dam sweeping/ moping (mengelap)
- Glass wiping (membersihkan kaca)
Jenis-jenis lantai
- Hard floor (lantai keras) antara lain: marmer, ubin dan teraso
- Resilent (lantai lunak) antara lain vinyl, asbestor, linoleum
- Lantai kayu
- Permadani (karpet)
Room section
Mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membersihkan dan merapihkan kamar dan mengecek seluruh keadaan kamar. Petugas pembersihan kamar disebut room attendant, untuk laki-laki room boy dan untuk wanita room maid.
1) Jenis kamar
- standart room
- superior/ deluxe room
- suite room, yang terbagi atas : standart suite, deluxe suite, suite superior, junior suite, family suite, presindential suite, penthouse
- studio room adalah kamar yang dilengkapi dengan studio bed(sofa yang bisa dibuat tempat tidur)
2)Jenis tempat tidur
- single bed , tempat tidur yang digunakan untuk 1 orang
- double bed adalah kamar uang dilengkapi dengan satu tempat tidiur dengan ukuran queen atau king untuk dua orang
- twin beded room adalah kamar yang dilengkapi dua single bed dalam satu kamar
- triple room adalah kamar yang dilengkapi dengan double bed dan single bed, untuk tiga orang
- holiday bed adalah tempat tidur yang disambung oleh heardboard
- rollaway bed adalah bed tambahan untuk menambah kekurangan tempat tidur dikamar (extra bed)
- baby crib adalah tempat tidur khusus untuk bayi atau anak-anak
- sofa bed adalah sofa yang bagian bawahnya bisa untuk menyembunikan tempat tidur tambahan
- Murphy bed adalah tempat tidur yang bisa dilipat kedalam dinding
- Fold away bed adalah tempat tidur yang bisa dilipat dan dapat disimpan
3) Status kamar
- O (occupied), status kamar yang telah ditempati oleh tamu (berisi).
- V (vacant), adalah kamar kosong
- VD (vacant dirty), adalah kamar kosong tapi kotor.
- VR (vacant ready) adalah kamar kosong yang telah dibersihkan tapi belum siap untuk dijual.
- VI (vacant inspection) adalah kamar kosong yamg telah diperiksa dan telah siap untuk dijual
- SO (sleep out) adalah kamar berisi tetapi tamu tidak tidur dikamar.
- NB (no baggage) adalah kamar yang berisi tetapi tamunya tidak membawa barang.
- DND (don’t Distrub) adalah kamar yang berisi dan tamanya tidak ingin diganggu biasanya kamar ini memasang tanda DND pada pintu kamar.
- OOO (out of order) adalah kamar yang rusak dan tidak bisa dijual
- DL (double lock) adalah kamar yang dikunci dua kali, hal ini bisa terjadi karena keinginan tamu maupun para pihak management hotel.
- HU ( house use) adalah kamar yang digunakan oleh tamu hotel secara gratis.
4) Istilah kamar menurut letak
- connecting room adalah kamar yang bersebelahan dihubungkan dengan pintu.
- Adjoining room adalah kamar yang berseberangan.
- Duplex room adalah kamar yang memiliki satu sampai tiga kamar yang berbeda tingkat yang dihubungkan dengan tangga.
- Cabana room adalah kamar terpisah yang letaknya bisa menghadap kolam renang kebun dan sebagainya.
5).Pembersihan dan penataan kamar
Biasanya bisa meggunakan 2 sheet, tapi yang sering digunakan adalah tiga sheet, adapun tata cara membersihkan kamar adalah membersihkan searah jarum jam, dari dalam keluar dan dari atas ke bawah. Untuk memasuki kamar harus memperhatikan status kamar yang akan di bersihkan. Standar operasional prosedur memasuki kamar adalah
- ketuk pintu tiga kali sambil mengucapkan housekeeping.
- Masuk kamar secara perlahan-lahan.
- Hidupkan lampu, matikan ac, buka jendela
- Bersihkan kamar dari sampah
- Rapikan pakaian tamu yang berserakan ditempatkan ditempat semula jangan dipindah-pindah apalagi yang didalam tas, pakaian kotor di kirim ke loundry.
- Making the bed (merapikan tempat tidur), linen yang kotor ditempatkan di trolly, ambil sheet bersih kemudian rapikan tempat tidur.
- Melengkapi guest amenities.
- Masuk kamar mandi, bersihkan kamar mandi.
- Dusting
- Vacuuming
- Jika keluar kamar tutup jendela, hidupkan ac suhu kamar, matikan lampu.
- Isi laporan room attenden report.
6) .Pembersihan kamar mandi
- Membersihkan dinding, tirai shower, dan cermin.
- Membersihkan bathtub.
- Membersihkan toilet atau bidet dan uranior.
- Membersihkan washtafel.
- Membersihkan lantai kamar mandi.
- Mengosongkan bak sampah.
7) Peralatan kamar
- wardrobe (lemari) dan lamp
- luggage rack (meja untuk menempatkan tas atau pun sepatu)
- desk and chair (meja dan kursi)
- night lamp (lampu)
- mirror (cermin)
- standing lamp (lampu yang ada dipojok)
- television
- minibar
- night table (meja disamping tempat tidur)
- guest supplies antara lain :tissue box, ashtray (asbak), matchess (korek api), stationary kit (amplop, kertas surat, pen, post card), memo pad and pencil, biasanya ditempatkan di night table (meja malam), comb (sisir), sewing kit (alat jahit menjahit), shoes shine (pengkilap sepatu), laundry bag and list ( kantong tempat pakaian kotor), glass and glass cover, DND sign, slipper (sandal), room service menu, doorknob menu, telephone box, tea set
- Peralatan kamar mandi: shop, bath foam, cotton bud, sanitary bag, scale (timbangan badan), tooth brush and paste, mosturaizer, shower cap, disposal bag, shampoo, conditioner, tissue roll
Laundry
Mempunyai tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan pemeliharaan seluruh jenis linen yang dipergunakan operasioal hotel. Dan juga menerima pencucian pakaian tamu dan pakaian seragam hotel.
Linen (lena/ kain)
Linen attendant adalah yang bertanggung jawab atas penyimpanan, penyediaan, kelengkapan, kebersihan, yang dibutuhkan untuk keperluan hotel. Antara lain
- sheet (seprai),
- pillow case (sarung bantal)
- blanket (selimut)
- bed cover (penutup tempat tidur)
- bed protector (pelindung kasur)
- towel (anduk) : bath towel, hand towel, face towel, bath mat (keset), bath rug (baju mandi),
- napkin (sapu tangan)
- table cloth (taplak meja), atc
Untuk Laundry Department itu sendiri adalah bagian yang memberikan pelayan pencucian pakaian tamu, pakaian seragam (uniform) untuk karyawan serta menyediakan kebutuhan linen yang diperlukan untuk operasional hotel.
Laundry Department dibagi menjadi beberpaa section, antara lain sebagai berikut:
- Washer : Bagian pencucian.
- Linen : Bertanggung jawab atas linen dan napkin/ sheet, table.
- Iron : Bagian penyetrikaan pakaian tamu atau karywan.
- Dry Cleaning : Bagian yang mengoperasikan penatu kimia.
- Valet : Bagian yang mengambil pakaian dari tamu dan mengantarkan pakaian itu kembali dalam
- Checker : Bagian pengecekan pakaian.
- Rolls : Bagian Rolling untuk bahan bahan lembaran atau sheet.
- Uniform : Bagian pakaian seragam karyawan atau trainee.
- Office : Kantor yang merupakan sentral dari unit.
Struktur Organisasi Housekeeping Department
Struktur organisasi housekeeping adalah proses pengelompokan seksi-seksi, tugas, dan tanggung jawab atau wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Dengan adanya pengelompokan seksi-seksi yang jelas, setiap karyawan yang ada di bagian housekeeping dapat mengetahui dengan pasti bidang pekerjaan, atasan, dan tanggung jawabnya.Dapat dikatakan struktur organisasi merupakan wadah orang-orang yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan organisasi. Adapun yang dimaksud dengan prinsip-prinsip organisasi, yaitu:
- Prinsip kesatuan komando
- Prinsip pembagian divisi kerja yang jelas
- Prinsip rentang kendali
- Prinsip pelimpahan wewenang dan tanggung jawab
Housekeeping memiliki struktur organisasi yang garis besar pembagian tugas-tugasnya adalah sebagai berikut:
- Housekeeping Manager/Chief housekeeping/Executive House Keeper :
Bertanggung jawab untuk mengendalikan dan menjalankan seluruh operasional di Housekeeping Department, sesuai dengan ketentuan atau
- Assistant House Keeper :
Bertanggung jawab untuk mengawasi atau mengontrol dan mengoreksi keseluruhan seksi-seksi di bagian Housekeeping, sesuai dengan ketentuan atau Policies & Prosedure tugas yang telah ditetapkan/digriskan/ditentukan oleh Manajemen melalui Manager/Kepala Bagian Housekeeping.
- Supervisor :
Bertanggung jawab untuk mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan tugas diseksinya dalam hal pemeliharaan dan pengawasan seluruh inventaris, teknis pelaksanaan tugas serta koordinasi seluruh administrasi sesuai ruang lingkupnya.
- Room Boy/Room Maid/Attandent :
Petugas yang bertanggung jawab khusu atas pemeliharaan inventaris, pembersihan serta pengawasan ruangan kamar-kamar tamu atau yang akan dijual atau yang disewakan kepada tamu.
- Houseman/Housemaid/Attandent :
Petugas yang betanggung jawab khusu atas pemeliharaan dan pembersihan serta pengawasan ruangan dan inventaris yang berada atau terdapat diluar kamar tamu.
- Linen Man/Attandent :
Petugas yang bertanggung jawab khusus atas peredaran atau pendistribusian atas sirkulasi linen-linen yang ada di hotel.
- Laundry Man/Attandent :
Petugas yang bertanggung jawab khusus untuk urusan:
- Guest Laundry : Cucian pakaian tamu yang ada di hotel
- Uniform Laundry : Cucian Uniform Karyawan hotel
- Linen Laundry : Cucian Linen-linen yang ada di hotel
Struktur Organisasi di hotel banyak mempergunakan system scientific manajenment, yaitu system pengorganisasisan di hotel dengan mempergunakan jenjang jabatan yang ada dengan membentuk skala piramida kepemimpinan. Piramida kepemimpinan ini secara fungsional dapat dibagi menjadi tiga yaitu : hotel besar, hotel menengah dan hotel kecil.
Baca Juga: Apa Itu Wine? - Prosedur Server Wine and Champabhe Beserta Cara Penghidangannya Secara Lengkap
Penelusuran yang terkait dengan housekeeping department adalah
- struktur housekeeping department
- housekeeping adalah
- materi housekeeping
- bagian bagian housekeeping
- housekeeping report adalah
- fungsi housekeeping department
- tujuan housekeeping
- ruang lingkup housekeeping
Belum ada Komentar untuk "Bagian Housekeeping Department dan Struktur Organisasi Housekeeping Department Secara Lengkap"
Posting Komentar