Membersihkan dan Menyimpan Trolly dan Menata Perlengkapan yang ada di Trolly Secara Lengkap
Semua alat dan bahan pembersih yang sangat banyak, dipergunakan setiap saat oleh karyawan yang cukup banyak. Agar supaya alat dan bahan pembersih itu dapat dipergunakan secara efektif maka perlu diadakan penggudangan yang teratur, baik oleh pihak pekerja maupun oleh pengawas atau penyelia.
Tindakan kontrol yang baik adalah pada saat pengambilan, pemakaian, dan sebelum penyimpanan.
Baca Juga: Tahap – tahap Atau Teknik Making Bed Menggunakan Bed Cover ( Duve dan 3 Sheet )
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam kontrol dan penggudangan alat-alat dan bahan pembersih adalah sbb:
1. Penggudangan sapu dan sikat
- Kotoran yang melekat harus disikat
- Sikat dan sapu hendaknya digantung
- Disimpan dalam keadaan kering
- Sikat yang tidak bisa digantung harus ditengadahkan
2. Penggudangan Alat penampung (container)
- Harus bersih dan kering
- Ditumpuk dengan rapi untuk menghemat tempat
3. Penggudangan Lena (linen)
- Harus bersih dan kering
- Dilipat dan diatur dengan rapih
- Dikelompokan menurut jenisnya
4.Penggudangan alat-alat pelindung dan pembantu :
- Harus dalam keadaan bersih dan kering
- Diatur dengan rapi supaya tidak menggangu lalu lintas dan menghemat ruangan atau tempat.
5.Penggudangan alat-alat mekanik (Vacuum Cleaner)
- Bersihkan seluruh bagian alat itu
- Kabel harus dililitakan dengan rapi
- Periksa seluruh komponennya
- Secara periodik diadakan pemeliharaan dan perbaikan
6. Penggudangan alat bahan pembersih
- Dikelompokan menurut jenisnya
- Ditempatkan pada tempat yang telah ditentukan
- Ditutup dengan ketat dan rapi
- Sebaiknya setiap tempat atau container berisi nama atau merk bahan pembersih yang ada didalamnya
- Perhatikan petunjuk-petunjuk tertentu (jangan ditaruh dengan korek api, jangan dibalik, disimpan yang teduh, ditutup engan rapat dsb)
Cara penggudangan yang baik tindakan yang dilakukan untuk mencegah hilangnya alat dan bahan pembersih dalam kegiatan sehari-hari:
- Mencatat semua alat dan bahan pembersih yang diambil pada “equipment and supplies daily control sheet”
- Mencatat supplies yang habis dalam melaksanakan tugas.
- Mencocokkan dan mencatat alat serta bahan pembersih sebelum menggudangkan atau menyimpan.
Beberapa aspek penting yang berhubungan dengan proses pembersihan kamar tamu, yaitu menata perlengkapan trolley,memasuki/akses ke kamar untuk pelayanan, membereskan tempat tidur,membersihkan dan merapikan kamar serta membersihkan dan menyimpan trolley.Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut ini.
Menata Perlengkapan dan Trolley
Tugas dari seorang pramugraha sangat rumit dan luas. Waktu yang tersedia cukup terbatas. Oleh karena itu, berusahalah menepati waktu dan menggunakannya dengan efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan waktu yang efektif dan efisien maka hasil yang dicapai akan maksimal.
a. Persiapan diri (Penampilan)
Yang dimaksud dengan penampilan room attendant adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesama karyawan dan sikap yang sopan selalu siap melaksanakan tugas dengan penuh keramahan dan rasa tanggung jawab. Dalam melaksanakan tugas ini Room Attendant berhubungan langsung dengan tamu. Untuk itu menjaga kebersihan dan kerapian dari ujung rambut sampai ke ujung kaki merupakan hal yang wajib dilaksanakan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.
- Berpenampilan rapi dan bersih serta sopan.
- Rambut pendek di atas kerah.
- Bagi wanita bila rambut panjang harus diikat/digelung.
- Tidak mengenakan assesories yang berlebihan.
- Tidak menggunakan make-up yang berlebihan.
- Tidak berkumis/berjenggot bagi laki-laki.
- Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang.
- Kebersihan gigi gunakan uniform yang sesuai (right size, good quality,clean and good condition,) dan digunakan hanya untuk kerja.
Gambar Standar Grooming Room Maid terlihat seluruh badan
b. Persiapan Peralatan
Sebelum menjalankan tugasnya masing-masing, seperti mengambil kunci kamar di Housekeeping Office dan mengambil room attendant sheet dengan wajah yang ceria, maka Room Attendant harus mempersiapkan peralatan kerja yang meliputi : formulir pramugraha (roomboy sheet), kunci kamar, pulpenatau pensil, buku catatan (block note) termasuk linen dan guest supplies, dan menempatkannya dengan rapi ke dalam room attendant trolley.
Gambar Perlengkapan Kebutuhan kamar padaTrolley, Trolley harus di Dusting terlebih dahulu.
Khusus untuk penempatan linen di dalam room attendant trolley cukup untuk setengah hari kerja saja, dan sisanya akan disiapkan kembali setelah jam istirahat. Di samping itu juga perlu juga disiapkan guest supplies, untuk mengganti guest supplies yang dipakai tamu dalam kamar. Tempatkan guest supplies di dalam room attendant trolley, dan jangan membawa guest supplies terlalu banyak. Bawalah guest supplies secukupnya saja. Sebelum room attendant mempersiapkan linen, guest supllies atau peralatan kerja,
mereka harus memeriksa kondisi dari trolley (andai kata ada kerusakan, cepat segera dilaporkan kepada supervisor) dan membersihkan trolley tersebut. Susunlah penempatan linen dan guest supplies di dalam room attendant trolley sesuai dengan standard dan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan kesiapan tersebut, seorang pramugraha dapat mulai bekerja dan memeriksa semua kamar yang akan dikerjakan. Kondisi atau status kamar itu ditulis dalam formulir pramugraha. Kemudian, dilaporkan atau dicatat oleh atasan atau penyelia (floor supervisor
c. Menata Perlengkapan
Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi atau status kamar, seorang pramugraha dapat menghitung jumlah kamar yang akan dibersihkan. Ini berarti bahwa jumlah lena yang diperlukan dapat diketahui. Berdasarkan jumlah lena yang diperlukan, seorang pramugraha melengkapi lena dan perlengkapan lainnya pada kereta pramugraha sesuai dengan kebutuhannya. Kereta kerja pramugraha atau disebut ”Room Attendant Trolley” adalah kereta kerja yang digunakan oleh pramugraha untuk membawa lena dan perlengkapan lainya dalam melaksanakan pekerjaannya. Di dalam kereta ini seluruh keperluan untuk membersihkan dan melengkapi kamar tamu disimpan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian Room attendant Trolley digunakan untuk memperoleh cara kerja yang efektif dan efisien. Oleh karenanya Room attendant/roomboy/maid dapat membawa sekaligus seluruh peralatannya sesuai dengan yang dibutuhkan.
Persiapan untuk seluruh perlengkapan yang harus dibawa dengan menggunakan Room Attendant Trolley tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan pramugraha di dalam mendapatkan alat yang diperlukan.
Pekerjaan untuk menyiapkan kelengkapan room attendant trolley harus dilakukan oleh pramu graha sebelum dan sesudah waktu kerja mereka.
Barang-barang keperluan kamar yang dipersiapkan dalam trolley cart adalah:
Linen Supplies
- Double sheet (sprei untuk double bed)
- Single sheet (sprei untuk single bed
- Pillow case (sarung bantal)
- Bath towel (handuk mandi)
- Hand towel (handuk tangan)
- Face towel (handuk muka)
- Bath mat/Bath Rug (keset untuk di kamar mandi)
Perlengkapan tamu (Guest Supplies)
- Bath soap
- Hair shampoo
- Bath foam
- Tooth brush & paste
- Tissue
- Toilet paper
- Shower cap
- Sanitary napkin
- Sanitary bag/disposal bag
- Sewing kit
- Matches
- Candle
- Stationary kit : envelope, writing paper, postcard, cable gram, memo pad, guestcomment slip, ball point brosur, stiker, dan lain-lain.
Others supplies:
Laundry bag, laundry cleaning list, room service menu, door knob menu,Do Not Disturb sign, telephone tend card, folder/hotel promotion, TV/video programme, sewing kit, formulir lain yang diperlukan.
Room Supplies
- Asbak
- Gelas minum
- Bola lampu, dan sebagainya
Gambar Peralatan dan Bahan Pembersih yang Digunakan untuk Membersihkan Kamar Tamu
Semua peralatan dan bahan pembersih di atas dimasukkan pada carry cady pada saat room attendant membersihkan kamar tamu, kecuali vacuum cleaner diletakkan di samping pintu kamar yang sedang dibersihkan. Semua peralatan dan perlengkapan untuk membersihkan kamar tamu ditempatkan pada trolley itu diatur dengan rapi serta dikelompokkan pada masing-masing rack trolley. Dengan teraturnya isi trolley itu, berarti seorang pramugraha dapat dengan cepat dan tepat mengambil barang yang diinginkan. Di beberapa hotel, kereta pramugraha dilengkapi dengan sejumlah lena oleh pramugraha yang bertugas evening/petang atau yang bertugas night/malam hari. Jenis serta jumlah lena, perlengkapan tamu (guest supplies),alat, serta bahan pembersih mungkin tidak sama antara hotel yang satu dengan yang lain.
Yang perlu perhatikan oleh seorang pramugraha pada saat menata trolley adalah:
- Sebelum penempatan lena dan setelah selesai membersihkan kamar (pada saat storing) dusting-lah trolley terlebih dahulu sehingga trolley benar-benar terjaga kebersihannya.
- Penempatan lena, guest supplies, alat serta bahan pembersih, dalam kereta harus seragam dan konsisten.
- Secara berkala roda trolley harus diberi pelumas agar lancar pada saat didorong, dan tidak menimbulkan suara yang tidak enak.
Sebagai seorang room attendant, dituntut dapat mempersiapkan perlengkapan peralatan dan bahan untuk pembersihan kamar. Hal ini diperlukan karena sangat menentukan kelancaran pada pelaksanaan pekerjaan pembersihan kamar itu sendiri. Di samping kemampuan di atas juga kemampuan-kemampuan lain, seperti : memeriksa keadaan trolley,set up trolley sesuai dengan penempatan yang benar.
Penelusuran yang terkait dengan Membersihkan dan Menyimpan Trolly
- penataan trolley, dan perlengkapannya
- prosedur menyimpan dan merawat peralatan pembersih
- cara menyimpan alat kebersihan
- jenis-jenis trolley di housekeeping
- peralatan room attendant
- ciri-ciri trolley yang baik
- tempat penyimpanan peralatan dan bahan pembersih di housekeeping
- proses penyimpanan setelah peralatan dipakai
Belum ada Komentar untuk " Membersihkan dan Menyimpan Trolly dan Menata Perlengkapan yang ada di Trolly Secara Lengkap"
Posting Komentar