Penangan guest laundry dan house laundry Meliputi Penerimaan Cucian Tamu, Penerimaan Cucian Lena , Penyelesaian Administrasi Laundry dan Prosedur Laundry
Pengertian Guest Laundry :
Guest laundry berasal dari kata Guest = tamu dan Laundry = Cucian. Jadi Guest Laundry adalah cucian milik tamu hotel. Atau dengan kata lain boleh kita katakan bahwa Guest Laundry adalah cucian milik tamu – tamu hotel di tempat kita bekerja, maupun dari tamu hotel sebelah manyebelah yang mengirimkan cuciannya ke hotel tempat kita bekerja. Pegawai binatu yang menangani guest laundry-pun khusus pula karena cara penanganan guest laundry harus extra hati-hati, agar tamu jangan sampai complain(mengeluh).
Biasanya petugas-petugas pada guest laundry ini adalah orang-orang pilihan yang sudah mempunyai reputasi baik di bagian laundry dan berpengalaman kerja bertahun-tahun. Jam terbangnya sudah dianggap mapan.
Adapun uraian tugas ( Job Desciption) dari masing-masing jabatan di bagian Guest Laundry adalah :
1. Guest : Tamu menelpon ke seksi laundry agar pakaiannya di cuci.
2. Laundry Order Taker: bertugas menerima pesanan dari tamu
3. Morning Valet Boy : bertugas mengambil cucian dari kamar tamu yang berpesan bahwa ada cucian di kamarnya untuk dicuci hari ini.
4. Checker 11. Folder/Packer
5. Marker 12. Dry Cleaner
6. Sorter 13. Dry Cleaning Operator
7. Washer 14. Dry Cleaning Presser
8.Extacter 15. Billing / Pricing
9. Dryer 16. Evening Valet Boy
10. Presser 17. Guest : Tamu yang menerima pakaian bersihnya.
Pelayanan cucian tamu (guest laundry) di setiap hotel belum tentu sama. Hal ini selain bergantung pada besar kecilnya hotel, juga dipengaruhi oleh selera manjemen dalam membuat organisasi hotel. Namun pada prinsipnya sama, yaitu memberikan memberika pelayanan cucian tamu berpedoman pada ketentuan operasional pencucian pakaian tamu. Misalnya, One day service yang menurut peraturan diserahkan pada pagi hari dengan batas waktu pukul 10.00 pagi, dan akan selesai pada pukul 18.00 pada hari yang sama. Bila tamu menghendaki pelayanan yang cepat (special service), maka cucian tersebut selesai dalam waktu 2 jam. Pada umumnya, pencucian ditambah biaya tambahan 50%.
Penerimaan Cucian Tamu
Sistem pelayanan
- one day service/ regular/ today
- express service
Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal
Prosedur Pelayanan
a.prosedur pengambilan cucian tamu (guest laundry)
- tamu yang berniat mencuciakan pakaiannya ke laundry dapat melalui beberapa cara, yaitu :menghubungi seksi order taker, menggantungkan kartu pelayanan laundry ( laundry service bag) di pintu, memberitahukan kepada room attendant atau floor captain
- informasi yang diterima oleh petugas di atas selanjutnya akan di informasikan kepada valet
- setelah menerima informasi tersebut valet menuju ke kamar tamu sambil membawa perlengkapan yang diperlukan
- sesampainya di kamar tamu valet mengetuk pintu kamar tamu 3x sambil menyebutkan identitasnya
- apabila pintu dibuka oleh tamu ucapkan salam dan katakan keperluan anda
- mintalah ijin kepada tamu untuk mengecek cucian
- setelah melakukan pengecekkan dan pada kolom hotel sudah terisi, masukkan kembali cucian ke dalam tas laundry beserta dengan list nya
- keluarlah dari kamar tamu ucapakan trimakasih kepada tamu
- tutup pintu pelan-pelan letakkan laundry pada kereta laundry bila anda membawanya
- isilah valet record dan bawalah cucian ke ruang laundry serahkan kepada checker
- checker selanjutnya akan mengecek cucian tersebut
b. penerimaan cucian tamu dari luar hotel (out side laundry)
- tamu akan dating ke hotel untuk menyerahkan cuciannya ke hotel dan diterima oleh seksi counter. Apabila hotel memiliki agen maka valet akan mengambil cucian tersebut ke agen yang bersangkutan
- seksi counter dan valet akan mengecek cucian yang dikirim oleh tamu dan mengisi kolom hotel pada laundry list
- masukkan kembali cucian kotor beserta dengan listnya ke laundry bag dan serahkan ke checker untuk di cek kembali
Penerimaan Cucian Lena Hotel
Prosedur penerimaa cucian lena hotel (house laundry) adalah pengiriman lena kotor biasanya dilakukan oleh seorang linen attendant atau line boy. Ada juga pengirimannya dibawa langsung pleh petugas ke ruang lena atau laundry. Sedangkan untuk seragam karyawan biasanya diserahkan ke seksi uniform. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut
pengembalian cucaian bersih
1.prosedur pengembalian cucian tamu hotel (guest laundry)
- setelah cucian selesai dipak atau digantung dan ditempel laundry list, valet akan mengumpulkannya
- valet membawa cucian-cucian tersebut ke kamar tamu sambil membawa laundry vocher
- ketuk pintu kamar tamu sambil menyebutkan identitas
- setelah dibuka katakan maksud dan tujuan anda
- setelah tamu mengecek cuciannya mintalah tamu untuk menandatangani laundry vocher
- ucapkan terima kasih dan tutup pintu kamar tamu pelan-pelan
- setelah semua laundry diserahkan kepada tamu, serahkan laundry vocher yang sudah ditandatangani ke kasir kantor depan
- setelah cucian selesai dipak dan ditempel dengan laundry lilst aturlah di rak dengan rapi dan teratur
- apabila tamu/ pelanggan mengambil cucian mintalah laudry list yang aslu dari tamu dan cocokkan dengan laundry yang sudah diaatur di rak
- setelah cocok, serahkan kepada tamu. Apabila tamu menyelesaikan pembayarannya stempellah laundry vocher dengan stampel lunas
- serahkan laundry vocher beserta pembayarannya ke kantor depan
- setelah cucian selesa lena tersebut di serahkan ke general linen room beserta listnya
- linen attendant akan mengecek jumlah dan jenis cucian
- serahkanlah ke seksi/ departemen yang mengirimnya tertera di dalam linen laundry list
- untuk pakaian seragam karyawan setelah dicuci, disetrika, dan digantung maka akan dibawa keruang lena
- setelah dicek oleh seksi uniform selanjutnya akan diataur dalam lemari karyawan
Penyelesaian Administrasi Laundry
format ini diisi oleh tamu dan valet. Fungsinya adalah sebagai alat kontrol atas setiap pencucian di laundry. Untuk cuci biasa akan menggunakan laundry list, untuk cucian kering menggunakan dry cleaning list dan untuk pelayanan setrika saja menggenakan pressing list.
Informasi atas cucian tersebut sesuai dengan saat menyerahkan dan service yang di minta. Makin cepat waktu pengembalian cucian (express) maka makin mahal biaya ongkos cuci.
Laundry list di setiap hotel tidak selalu sama. Informasi yang tertera biasanya tidak terlepas dari informasi penting. Biasanya list ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusaib sebagai berikut :
- asli untuk tamu
- copy ke dua untuk laundry
- copy ke tiga untuk arsip
laundry voucher dibuat berdasarkan laundry list, dry cleaning list, dan press list. Setiap list ini akan dibuatkan laundry voucher sendiri-sendiri meskipun dalam satu kamar. Dari laundry voucher ini dapat diketahui berapa biaya pencucian yang harus dibayar tamu. Seddangkan untuk mengisinya menjadi tanggung jawab seksi counter dan administrasi.Laundry voucher dibuat rangkap tiga dan pendistribusainya sebagai berikut :
- asli untuk tamu
- copy ke dua untuk laundry
- copy ke tiga untuk arsip
3.list of voucher/ daily guest laundry recapitulation
list ini merupakan rekapitulasi dari laundry voucher yang umumnya dibuat dala satu shift. Dari datanya dapat kita lihat jumlah penghasilan laundry selama satu shift.
List ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusainya sebagai berikut :
- asli untuk tamu
- copy ke dua untuk laundry
- copy ke tiga untuk arsip
list ini digunakan untuk mencatat pengiriman cucian milik hotel (house laundry) yang terdiri dari lena food and bevarage departemen, housekeeping departemen dan uniform.
5.valet record
adalah format yang digunakan oleh valet pada saat melaksanakan tugasnya selama satu shift
Prosedur Laundry
- PICK UP
- PENSORTIRAN
- IDENTIFIKASI
- PENCUCIAN:
#. PENCUCIAN DRY CLEANING Tahap – tahap Pencucian Dry Cleaning: Pastikan semua pakaian yang akan di Dry Cleaning tidak mengandung unsur Plastik dan Karet. Pisahkan pakaian berdasarkan warnanya. Pastikan SOLVENT dry cleaning cukup untuk proses pancucian. Lakukan pencucian warna Putih / Terang terlebih dahulu. Jangan meninggalkan mesin terlalu lama pada saat melakukan proses pencucian
# PENCUCIAN WET CLEANING Tahap - tahap pencucian Seluruh bahan pakaian yang biasa di drycleaning. Perlakuan hanya utk bahan yang tidak jauh berbeda dengan dryclean. Info tambahan untuk wet cleaning; Media yang digunakan Wetcleaning menggunakan air. Wetcleaning memerlukan teknik khusus dalam proses pencucian maupun dalam proses finishingnya Wetcleaning tidak berbahaya bagi lingkungan, pelaku bisnis dan pengguna. Ramah lingkungan, tidak memakai bahan kimia berbahaya, Hasil dari wetcleaning lebih lembut dan lebih cerah, Wet cleaning tidak memerlukan mesin yang mahal seperti drycleaning.
- PENGERINGAN
- PENGEPRESSAN
Tahap – tahap Pengepressan Pakaian: Pisahkan Kemeja, T-Shirt dan Trouser pada tempat yang berbeda. Kemeja pada Garment Press, T- Shirt dan Trouser pada Wool Press. Pakaian dalam di pisahkan langsung ke bagian pengepakan ( set up )
Pengepressan Kemeja Step – step pengepressan Kemeja Pertama – tama, kemeja yang akan di press harus dalam keadaan lembab untuk hasil yang lebih bagus. Press bagian Kerah dan Pergelangan tangan terlebih dahulu pada mesin Cuffing & culler machine. Setelah itu lakukan pengepressan pada bagian Punggung, Dada dan Lengan dengan menggunakan mesin Mushroom Press machine. Pengepressan terakhir adalah bagian badan dengan menggunakan Garment Press machine. Bila masih ada yang kurang bagus maka lakukan pengepressan bagian lengan bawah dengan menggunakan hand iron
Pengepressan T Shirt Step – step pengepressan T- Shirt Pastikan T- Shirt yang akan di press harus benar- benar dalam keadaan kering. Pertama- tama lakukan pengepressan pada bagian kerah. Kemudian lakukan pengepressan pada bagian lengan. Setelah itu baru lakukan pengepressan pada bagian Badan.
Pengepressan Trouser Step – step pengepressan Trouser Pengepressan Trouser Bahan : Pertama – tama lakukan pengepressan pada bagian pinggang, di lanjutkan dengan pada bagian kaki. ( pastikan garis yang terbentuk harus sama dengan sebelumnya ) Pengepressan Trouser Jeans : Pertama – tama lakukan pengepressan pada bagian pinggang, selanjutny pada bagian kaki, ( penggunaan garis hanya jika ada permintaan dari tamu)
- PELIPATAN Ada 4 jenis pelipatan Pelipatan Sheet & Duvet Cover Pelipatan Towel Pelipatan Pillow Cases Pelipatan Pakaian
- SET UP PAKAIAN
- QUALITY CONTROL
Yang harus di perhatikan dalam pengecekan Linen adalah : Pastikan Lipatan Linen dalam keadaan rapih. Pastikan Linen beraroma segar / wangi. Pastikan tidak ada noda pada Linen, pada saat pelipatan. Pastikan tempat penyimpanan Sementara Linen terbebas dari debu dan kotoran. Pisahkan Linen yang masih bernoda pada tempat khusus agar mudah proses spoting atau treatment.
Penelusuran yang terkait dengan Penangan guest laundry dan house laundry
- pengertian house laundry
- in house guest laundry adalah
- outside laundry adalah
- formulir yang ada di laundry
- sebutkan masing-masing jabatan pada guest laundry
- alur pelayanan laundry
- contoh guest laundry
- kategori tekstil yang dicuci di laundry hotel terbagi dua yaitu
Belum ada Komentar untuk "Penangan guest laundry dan house laundry Meliputi Penerimaan Cucian Tamu, Penerimaan Cucian Lena , Penyelesaian Administrasi Laundry dan Prosedur Laundry"
Posting Komentar