Pengertian Room Service - Syarat, Struktur Organisasi, Operasional dan Cara Menyediakan Room Service


Pengertian Room Service merupakan seksi dari food and beverage departemenyang bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman di kamar Pada dasarnya fungsi room service sama dan sejalan dengan restaurant dan bar. Kalau restoran dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di restoran atau bar, sedangkan room service di kamar-kamar hotel. Dalam fungsi ini juga termasuk

  • Mengambil pesanan taking the order
  • Menyiapkan menyajikan di kamar 
  • Mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar



Baca Juga: Jenis Jenis Laporan Reservasi, Form Form Reservasi dan Jenis-jenis/Tipe dan Garansi Reservasi


Syarat - Syarat Room Service

  • Buka 24 jam
  • lokasinya dekat dengan service lift
  • Dekat dengan main kitchen


 

Struktur Organisasi Room Service

Struktur organisasi room service ditentukan oleh suatu kebijaksanaan suatu hotel ada yang merangkap dengan petugas restoran dan ada yang berdiri sendiri dan masih bernaung pada Food and beverage department yang di kepalai oleh Food and Beverage manager, jabatan yang ada di room service section

  • Room Service Manager (head waiter/head waitress)
  • Room Service Captain
  • Room Service Order Taker
  • Room Service Waiters


Operasional Room Service

Pada umumnya Room Service beroperasi selama satu hari penuh, siap menyajikan makanan dan minuman untuk

  • Breakfast
  • lunch 
  • dinner
  • supper .


Puncak kesibukan di room service biasanya terjadi pada waktu makan pagi. Di samping operasi tersebut di atas, room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti misalnya: Mempersiapkan fruit basket , Melaksanakan pesanan makan dan minuman tamu lunch boxes
Tugas pokok room service  meliputi:

  • Preparation
  • Taking order ,langsung melalui telepon ataupun tertulis melalui “ door knob menu.”
  • Service
  • Clear-up


Menyediakan Room Service

 Teknik menelepon

Hampir semua permintaan room service diberikan melalui telepon. Karena itu, telepon merupakan titik kontak pertama bagi staf room service. Teknik menelepon yang baik berperan sangat vital dalam menciptakan segala sesuatu yang sangat penting untuk kesan pertama yang menguntungkan.Seseorang yang menjawab telepon harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai menu dan profesional dalam sopan-santun menelepon.

Sopan santun menelepon
Cara yang baik dalam menelepon meliputi:

  • jawab dengan cepat dan tepat
  • konsentrasi pada pembicaraan
  • berbicara dengan menyenangkan
  • berbicara dengan jelas
  •  berbicara langsung kepada tujuan
  • berbicara tidak tergesa-gesa
  • bersikap menolong
  • menyapa setiap tamu dengan namanya
  • meminta maaf untuk kesalahan dan keterlambatan
  • mengucapkan terima kasih sebelum mengucapkan selamat tinggal.


Cara mencari nama tamu:

  • Sistem komputer
  • Daftar cetakan kamar
  • Meminta keterangan dari front office
  • Bertanya langsung.

Tujuan pengulangan pesanan adalah:

  • melakukan konfirmasi order tamu
  • mencegah kesalahan
  • menyarankan tambahan atas barang-barang yang telah dipesan.


Manfaat penjualan yang disarankan:

  • untuk tamu
  • organisasi
  • karyawan.


Urutan dan prosedur mengumpulkan barang – barang makanan dan minuman
Nampan dan trolley harus diperiksa demi kebersihan, tata letak dan pengambilan peralatan yang tepat, sebelum mengumpulkan barang-barang makanan dan minuman.
Kumpulkan yang dingin sebelum yang panas dan pastikan bahwa barang pelengkap telah dikumpulkan secara tepat dengan setiap barang inti.
Barang-barang makanan dan minuman harus diperiksa dengan memperhatikan secara terperinci, seperti:

  • suhu makanan dan minuman
  • ukuran porsi
  • penampilan sesuai standar resep
  • perincian wine, termasuk tahun pembuatan.


    

Suhu makanan dan minuman harus dipertahankan sama sejak waktu dikumpulkan sampai dengan waktu disajikan kepada tamu.
Penutup piring yang dapat mempertahankan panas makanan dan box panas sebaiknya digunakan untuk menjaga makanan pada suhu tepat.
Kumpulkan rekening/bon dan pastikan sesuai dengan order yang diterima.
Bila semua barang telah diperiksa (peralatan pelayanan, makanan dan minuman sesuai order dan rekening) semua harus segera dibawa ke kamar tamu.


Memasuki kamar tamu

Menghormati privasi tamu merupakan pertimbangan utama pada saat memasuki kamar tamu.
Barangkali diperlukan prosedur khusus untuk ini, tetapi hal-hal berikut merupakan yang sering dilakukan:

  1. Mendekati kamar dengan tenang
  2. Ketuk kamar dengan sopan dan ucapkan “Room Service” secara jelas dan penuh kepercayaan. Ingat bahwa suara anda harus menembus pintu yang tertutup
  3. Dengarkan jawaban tamu dan lakukan reaksi yang sesuai; menunggu di luar atau masuk ke dalam kamar. Bila tidak ada jawaban, ketuk dan ucapkan kembali “room service”. Jangan masuk sebelum tamu membukakan pintu atau anda diminta masuk.
  4. Bila anda telah masuk, sapa tamu dengan menyebut namanya, misalnya: “Good morning Mr. Jones, Here is your breakfast” atau kata-kata lain yang diperlukan


Prosedur penyajian rekening room service
Biaya akan dibayar oleh tamu dengan cara:

  • Tanda tangan di dalam tagihan.
  • Pembayaran tunai:transaksi akan dilakukan setelah pelayan menyajikan makanan di kamar tamu,  tagihan akan di simpan dalam bill holder untuk pembayaran tunai.


Membersihkan trolley dan nampan room service
Membersihkan room service.
Trolley dan nampan.
Nampan dan trolley biasanya ditempatkan di luar kamar oleh tamu. Merupakan suatu hal yang sangat penting bahwa nampan dan trolley tersebut harus bersih dan tidak kotor, serta memberikan kesan berantakan pada lantai atau lorong, yang dapat memberikan kesan kurang baik.
Pengambil order room service biasanya akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk pengawasan prosedur pelayanan setiap lantai dan mengarahkan staf untuk membersihkan kamar dan lantai.
Menurut prosedur, pengambil order room service mencatat informasi berikut pada kertas acara atau daftar periksa, untuk memastikan adanya pengawasan yang efektif dan efisien:

  • tanggal
  • nomor kamar
  • apakah nampan dan trolley telah diambil
  • waktu pengambilan order
  • waktu pengiriman
  • petugas yang mengirimkan waktu membersihkan


Lantai harus dibersihkan dengan cepat dan tenang, serta selama mengerjakan hal tersebut staf harus memperhatikan bahwa peralatan disimpan pada tempat yang tepat dan dipindahkan secara aman.
Nampan dan trolley harus dibersihkan dan dibuat aman serta higienis sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini termasuk prosedur untuk:

  • penumpukan peralatan
  • linen kotor
  • menyimpan barang-barang yang dapat digunakan.

 

 Baca Juga: Jenis Laporan, Status Reservasi, Istilah dalam Reservasi Hotel Dan Formulir Yang Digunakan Di Bagian Reservasi

 

 Penelusuran yang terkait dengan room service adalah

  • peralatan room service
  • materi room service pdf
  • room service equipment
  • mengapa tamu hotel menggunakan jasa room service jelaskan alasannya
  • sebutkan dan jelaskan cara pemesanan di room service!
  • pengertian room service dalam bahasa inggris
  • jelaskan tugas dan syarat seorang pramusaji yang bertugas di room service ?
  • percakapan room service saat mengantarkan makanan

Belum ada Komentar untuk " Pengertian Room Service - Syarat, Struktur Organisasi, Operasional dan Cara Menyediakan Room Service"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel