Room service yaitu - Prosedur Pelayanan pada Room Service, Peralatan yang Digunakan, Cara Pemesan Room Service dan Contoh Percakapan Antara Order Taker dan Tamu
Room service adalah salah satu bagian dibawah food and beverage service yang mengelola penjualan dibidang makanan dan minuman yang diantarkan langsung ke kamar tamu di hotel tersebut.
Ada beberapa pendapat tentang pengertian room service yaitu:
- Menurut S Meldlik (1980) Yaitu bagian dari tata hidang yang bertanggung jawab atas pesanan dan pelayanan makanan dan minuman untuk dihidangkan di kamar tamu atau di tempat lainnya di dalam hotel kecuali restoran.
- Menurut Warsum WA (1993) Salah satua bagian dari food and beverage departement yang bertugas melayani tamu yang menghendaki makan dan minum di dalam kamarnya.
- Menurut Endar Sugiarto dan Sri Sulartiningrum (1998) Bagian dari food and beverageservice yang mengelola penjualan makanan dan minuman yang diantar langsung ke kamar tamu yang menginap di hotel.
Prosedur Pelayanan pada Room Service
- Tamu memesan makanan menggunakan telepon ke room service, yang di terima Oleh order taker
- Order taker menulis pesanan tersebut ke slip order
- Slip Order di Distribusikan ke kitchen dan ke kasir untuk di buat Bill
- Alat makan di siapkan oleh Room Service.
- Makanan disiapkan di dapur.
- Waiter mengambil makanan di dapur dan mengambil bill di kasir
- Waiter mengirimkan makanan ke kamar tamu dengan Tray atau Trolly
- Didepan kamar waiter harus mengetuk pintu 3x dan mengucapkan "room service please"
- Setelah di ijinkan masuk , waiter menata makanan tamu di atas meja atau dalam kamar.
- Waiter menyarankan Tamu mengecek makanan kemudian menyuguhkan bill
- Waiter mempersilahkan tamu makan kemudian mengucapkan terimakasi dan permisi.
Peralatan-Peralatan yang Digunakan Room Service
Ø Ruang Kantor Room Service
- Telephone
- Denah kamar
- Kertas dan pulpen
- Rak
- Bill
Ø Kamar Tamu
- Telephone
- Daftar menu
- Door knob menu
- Mini bar
- Pulpen
Ø Operasional Room Service
- Telephone
- Dnor knob menu
- Daftar menu
- Slip order
Ø Peralatan Hidang
- Table acesoris
- Chinaware = macam-macam plate, soup cup and saucer
- Tableware = mengacu pada semua jenis sendok dan garpu
- Glassware = water goblet, red wine glass, white wine glass
- Lenan = table cloth, slip cloth, serbet tamu (goest napkin
- Baki/tray
- Built in rechaud (alat pemanas)
- Cover food
Ø Peralatan Khusus
- Meja dorong dan meja lipat (rolling tables and folding tables) adalah suatu meja khusus yang memiliki roda pada keempat kakinya sehingga memudahkan untuk didorong.
- Room service electric car adalah sebuah kendaraan khusus yang diciptakan sedemikian rupa untuk membawa makanan ke kamar- kamar tamu di resort.
- Plastik pembungkus (plastic wrap) adalah plastik tipis bening yang dipergunajan untuk menutupi pesanan khususnya makanan dingin.
- Thermos digunakan untuk diisi air panas/dingin berdasarkan permintaan tamu untuk keperluan di dalam kamarnya.
Cara Pemesan Room Service Melalui Telepon:
Etika Berbicara/Komunikasi Room Service Melalui Telepon
- Cepat - Dering pesawat telephone sebaiknya tidak lebih dari 3 kali dan yang paling baik adalah menjawab panggilan telephone sesegera setelah dering pertama berhenti.
- Tepat - Jawaban paggilan telephone secara tepat dengan mengatakan “Selamat pagi / selamat siang / pelayanan kekamar/ room service…..”.
- Konsentrasi - Pusatkan perhatian pada pembicaraan tamu agar tidak terjadi kesalahan. Tamu tidak mau tau apakah kita sedang sibuk atau tidak, karena telephonya sangat penting. Cara yang terbaik adalah pusatkan perhatian pada pembicara/tamu, janganlah menjawab sambil berbicara dengan teman pada waktu melaksanakan tugas.
- Terang dan Jelas
- Tenang - Jangan berbicara terlalu cepat sebab ada kemungkinan keseleo lidah. Selain itu kalau berbicara terlalu cepat tamu akan merasa seakan–akan diburu–buru dan hal ini merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan buat tamu.
- Jarak - Perhitungan jarak antara mulut dengan transmitter yang terdapat ada gagang telephone. Terlalu dekat akan menyusahkan kita dalam berbicara, sedang jarak yang terlalu jauh akan berakibat bahwa suara kita akan susah di dengar dari seberang sana.
- Menyanangkan - Bicaralah seakan-akan kita sedang berhadapan dengan orangnya. Berteriak, berbisik ataupun bergumam semuanya adalah hal yang tidak berkenan di hati tamu. Berbicaralah dengan suara alamiah yang anda miliki.
- Nama tamu - Panggilah tamu dengan namanya setelah kita tau hal ini akan dapat memberikan kesan kepada tamu bahwa sangat diperhatikan di hotel kita, terlebih bila dia orang yang sangat pentig disebuah hotel.
- Bersifat menelong - Untuk dapat memberikan bantuan kepada tamu pada waktu berbicara melalui telephone, seorang order taker harus menyiapkan dirinya sebaik mungkin. Pengetahuan mengenai menu adalah syarat utama selanjutnya pengetahuan penunjang lainya juga sangat diperlukan.
- Meminta maaf - Mungkin semuanya berjalan tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka dalam hal ini jangan segan untuk lansung meminta maaf kepada tamu dengan cara yang sopan.
- Berterimakasih - Jangan lupa untuk selalu mengucakan terimakasih setelah pembicaraan selesai.
Tahapan Komunikasi Melalui Telepon:
Profil Order Taker
Order taker adalah petugas room service yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pemesan tamu yang ia terima melalui telepon. Adapun tugas order taker yaitu:
- Menerima telephone dari tamu
- Menjawab telephone dengan ramah, ucapan selamat pagi / malam, dengarkan pesananan tamu dengan baik.
- Mencatat pesanan®Mencatatan pesanan pada buku pesanan dalam 3 rangkap dengan data yang benar.
- Mengulang pesanan tamu.
- Mengucapkan terima kasih.
- Menyiapkan peralatan.
Syarat-syarat petugas order taker:
- Berpengalaman di public area, room, dan outlet-outlet lain.
- Menguasai product knowledge.
- Mampu berbahasa inggri dan bahasa lainnya.
- Mampu menggunakan telepon sesuai dengan standar perusahaan.
- Mampu mengoprasikan computer.
- Mempunyai keahlian dalam administrasi.
- Sikap professional (professional appearance).
- Ramah, sopan santun, empati, tanggung jawab, jujur ,fleksible
Komunikasi Antara Order Taker dan Tamu (Contoh)
OT : “Selamat pagi Ibu Wati, dengan tanti dari petugas room service. Ada yang bisa saya bantu?”
TAMU : “Saya ingin memesan makan kekamar.”
OT : “Iya Ibu Wati. Mungkin ingin coba menu spesial hari ini, kami ada fuyunghai seafood untuk minumanya hot milk mungkin mau coba bu?”
TAMU :“Oh iya mbak saya mau fuyunghai sefood dan hot milk untuk dua orang ya mbak.”
OT :“Maaf bu. untuk pesanannya saya ulang ya bu, untuk makanannya funyunghai seafood dan minumanya hot milk untuk 2 orang , apakah benar bu? apakah ada tambahan yang lain bu?”
TAMU :“Benar mbak. Tidak ada. Itu saja sudah cukup mbak.”
OT :“Baik ibu, untuk pesananya kami antar 20 menit lagi ke kamar 123atas nama Ibu Wati. Mohon ditunggu ibu, terima kasih. Selamat pagi”
Tugas Order Taker Setelah Menerima Pesanan
Tugas dan tanggug jawab order taker :
- Membaca logbook, functions sheet, expected arrival, dan expected departure.
- Membagikan kunci kepada roomboy sesuai dengan bagiannya.
- Memeriksa status kamar setiap awal kerja.
- Mencatat semua informasi yang diterima pada logbook.
- Memberikan informasi status kamar kepada roomboy.
- Bertanggung jawab atas pengeluaran ekstra item untuk tamu.
- Mengerjakan administraasi dan pembukuan atas pengeluaran item-item dan guest supplies secara rinci.
- Selalu menangani tindakan follow up segera atas permintaan atau keluhan yang diterima.
- Elakukan penyimpanan lost and found sesuai prosedur di housekeeping office secara sistematis.
- Menjalankan tugas yang diberikan oleh atasan di housekeeping.
- peralatan room service
- materi room service pdf
- peralatan yang dibutuhkan untuk room service
- room service equipment
- mengapa tamu hotel menggunakan jasa room service jelaskan alasannya
- jelaskan tugas atau fungsi dari room service
- pengertian room service pdf
- perbedaan room service dan restoran
Belum ada Komentar untuk "Room service yaitu - Prosedur Pelayanan pada Room Service, Peralatan yang Digunakan, Cara Pemesan Room Service dan Contoh Percakapan Antara Order Taker dan Tamu"
Posting Komentar