Section – section dalam housekeeping dan Penjelasannya Secara Lengkap
Housekeeping department yang sangat luas
dengan area kerjanya , agar fungsinya berjalan dengan baik maka
diperlukan suatu system operasional yang baik, birokrasi yang tepat dan
team yang solid.System management yang baik dapat dilakukan dengan
system operasional yang dilaksanakan dengan komitment yang di patuhi
dari management puncak sampai bawah.Komitment Ini sangat penting sebagai
fondasi dari suatu system management, faktor kepemimpinan juga sangat
besar pengaruhnya dalam merealisasikan system management yang sesuai
dengan company goal yang diusung.Birokrasi yang tepat ini merupakan
faktor untuk mempermudah menjadikan system kerja yang effektif dan
effisien untuk melayani kebutuhan pelayanan pelanggan / tamu .Tidak
sedikit dalam
beberapa hotel system birokrasi sangat rumit dan
berbelit – belit sehingga terkadang kebutuhan untuk pelayanan terhadap
tamu terabaikan, akan tetapi keuntungan dengan birokrasi yang rumit dan
berbelit-belit dapat menekan tingkat pemborosan bahkan mencegah
penyalahgunaan cost atau adanya mark up cost.dalam birokrasi yang tepat
ini bukan berarti harus mengesampingkan faktor-faktor yang membuka
peluang pemborosan atau penyalahgunaan cost, akan tetapi
birokrasi yang tepat ini adalah system birokrasi yang bukan pula harus
dimudah – mudahkan tetapi birokrasi yang tepat ini harus tetap menjaga
keseimbangan cost dengan mengutamakan kualitas pelayanan untuk tamu.
Team
yang solid dalam housekeeping department merupakan garda yang paling
depan , oleh karenanya dalam membuat suatu team yang solid harus
merancang dan membagi area tugas dengan fair, oleh karenanya dalam
housekeeping department pembagian section yang secara umum dapat dilihat
dari diagram model management yang telah di kemukakan diatas.
Section – section dalam housekeeping dapat di kelompokan seperti di bawah ini :
A. Floor section
Diatas
telah sedikit diuraikan area – area mana saja yang harus di jaga
kebersihannya, ditata kenyamanannya, dirawat furniturenya dan
difungsikan sesuai dengan fungsi semestinya. Mainly dalam floor section
ini adalah guest room, tentunya dengan tidak mengesampingkan area
lainnya seperti corridor , guest landing, executive launch dan pantry
area atau station floor.
Guest Room
Guest room adalah element
yang paling penting dalam usaha penginapan, apartment , hotel atau
sejenisnya.Kebersihan, penataan, penggunaan jenis furniture harus
disesuaikan dengan kebutuhan agar dapat memberikan kenyamanan kepada
para tamu yang menginap dan menikmati segala fasilitas yang terdapat
dalam kamar khususnya ataupun fasilitas-fasilitas lain diluar kamar
sebagai faktor pendukung untuk memberikan kepuasan kepada tamu demi
memberikan kesan bahwa hotel tempat dia menginap dapat dijadikan sebagai
rumah kedua baginya ( guest ) .
Hal ini tentunya tidak mudah untuk
memberikan kesan bahwa hotel tempat dia ( guest )menginap adalah sebagai
rumah kedua baginya, oleh karenanya dibutuhkan kerja keras yang cerdas,
kerjasama antar department yang solid, yang paling penting adalah
komitment dari seluruh lapisan dari level management sampai dengan
karyawan level bawah sekalipun, yang harus dipatuhinya.
Sebelum
kita melanjutkan pembahasan tentang fasilitas yang ada dala kamar tamu,
alangkah baiknya kita mengetahui type – type kamar yang kita ketahui di
hotel – hotel atau kapal pesiar atau sejenisnya, Type – type tersebut
adalah Deluxe atau clasic ini merupakan kamar standard yang artinya
fasilitasnya dengan standard, suite , executive suite, club suite, dan
president suite atau penthouse. Akan tetapi istilah deluxe , suite,
executive suite di dalam apartement biasa disebut dengan istilah studio
1, studio
2 atau bed room 1, atau bed room 2, atau mereka memberi
istilah type 1, type 2 dsb.akan tetapi untuk standard kelengkapannya
sama dengan hotel, hanya saja di apartement biasanya dilengkapi dengan
kitchen dan perlengkapannya.
Dalam sebuah kamar hotel ( guest room )
tentunya fasilitas – fasilitas yang paling dominan dan merupakan
kebutuhan primer dan merupakan standard penginapan untuk seorang tamu
seperti fasilitas Bed ( tempat tidur )yang tentunya dilengkapi dengan
bantal ( pillow ), selimut ( blanket ), sprei ( bed sheet
)duvet atau
bed cover ,fasilitas living room yang dilengkapi dengan alat elektronic
seperti TV dan telephone, kemudian fasilitas kamar mandi (
bath room ) tentunya untuk
kelengkapannya disesuaikan
dengan kategori penginapan itu sendiri, karena tidak menutup kemungkinan
fasilitas bath room ini akan berbeda cara penataan atau kelengkapannya
disesuaikan dengan prestigous dan kategori hotel tsb.
Kita ambil
contoh fasilitas hotel bertarap bintang lima, setiap hotel yang
mengkategorikan hotel berbintang lima, seharusnya dalam pengadaan
supplies bath room selain toilet dan shower cabin fasilitas lainnya yang
merupakan standard harus menyediakan berbagai macam Towels ( handuk )
dan kelengkapan body care .
Mari kita uraikan kelengkapan – kelengkapan fasilitas tersebut diatas ;
- Fasilitas tempat tidur ( bed facilities )
Bed facilities yang terdapat pada hotel bintang lima mengharuskan mengikuti standard .
Ukuran
tempat tidur setiap negara biasanya berbeda-beda, untuk hal ini kita
ambil contoh ukuran yang dipakai pada umumnya di United States America
dan negara kita ( indonesia ) .
Ukuran tempat tidur di USA dan Indonesia
Untuk
ukuran bed sheet nya ( sprei ), selimut ( blanket ) pada umumnya
dilebihkan panjang dan lebarnya 70-90 cm dari setiap ukuran tempat
tidurnya .
Untuk kelengkapan fasilitas tempat tidur dilengapi dengan duvee atau bed cover .
- Fasilitas living room
Fasilitas living room ini yang selain tersedianya satu set meja dan kursi untuk bekerja ( business hotel
)lengkap
dengan internet connection , lemari pakaian yang didalamnya dilengkapi
dengan gantunganbaju juga safe devosit box ( SDB ), kemudian fasilitas
lainnya seperti tempat untuk menyimpan barang atau koper ( luggage rack
), television, telephone, pensil atau ballpoint, memo pad dan penerangan
atau lampu yang cukup dan persedian candle lengkap dengan matches .
Untuk fasilitas living room ini akan disesuaiken dengan type kamarnya.
- Fasilitas kamar mandi (bathroom )
Dalam
fasilitas kamar mandi ( bathroom ) yang meliputi toilet , shower cabin,
wash basin dan bath tub , harus dilengkapi dengan handuk ( towels ),
toilet paper dan tissue paper.
Sebagaimana kita ketahui berbagai macam dan ukuran serta kegunaannya handuk ( towel ) yang disediakan dalam kamar tamu.
Dibawah ini merupakan ukuran towels ;
Kelengkapan lainnya yang di tata dalam kamar mandi ialah kelengkapan peralatan tubuh ( body care). Kelengkapan body care ini yang disediakan seperti bath gel, shampoo,conditioner, hand soap, body lotion , cotton bud, tooth brush, shaving kit, shower cap dan sewing kit serta complimentary mineral water dan tea , coffee sachet.
Selain kelengkapan kamar mandi harus diperhatikan pula kelengkapan lainnya seperti hotel dictionary, candle and mathes, door knob dan flyer – flyer informasi, atau signage Dont Disturb, Please Make up the room jika masih memakai manual yang di gantungkan di balik pintu.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam menata kamar tamu adalah curtain dan black out, ini terkadang terlupakan dalam menata dan memperhatikan kebersihannya.buatlah record setiap kali curtain dan black out di cuci.Apabila kamar tamu memiliki balcon maka furniture – furniturenya harus di perhatikan.
- Floor Corridor / gang way
menjaga dan merawat karpet tsb, apabila lantai nya menggunakan marmer atau granit maka lakukanlah moping dan lakukan polishing treatment untuk granit atau marmer dan buatlah recordnya .Sepanjang corridor biasanya dihiasi dengan lukisan – lukisan yang di tempelkan pada dinding kamar , maka lakukankahkegiatan dusting dengan intensif, melakukan pengecekan lampu – lampu coridor,jika menemukan salah satu lampu corridor mati maka segeralah laporkan ke bagian enggineering dengan mencatatkannya melalui order taker housekeeping.satu hal yang sering banyak ditemui
- Guest landing area
- Executive lounge
Selain personal service, fasilitas lainnya tersedia seperti meeting room, internet room, business center, dll. Sebagai tamu yang menginap di club floor mendapatkan keistimewaan seperti cocktail party dan buttler service.
- Pantry / Floor Station
Public Area Section
Di atas telah di sebutkan beberapa ruangan yang termasuk kategori publi area, dapat dikatakan seluruh ruangan yang ada di suatu gedung merupakan public area.Tapi disini yang dimaksud area yaitu suatu ruangan yang intensitas di kunjungi oleh tamu atau staff sangat tinngi. Beberapa ruangan tersebut akan di uraikan dibawah ini ;
- Lobby area
Lobby area ini adalah suatu ruangan yang tingkat kunjungan tamunya sangat tinggi, bahkan hampir semua tamu yang akan menginap di hotel akan melewati lobby terdahulu.karena di lobby inilah proses transaksi check- in check out berlangsung pada umumnya.Front office atau front desk sudah tentu di posisikan di lobby area.Oleh karenanya lobby area ini sangat luas karena lobby ini gerbangnya suatu hotel untuk menampilkan kesan elegance dan “ WAH “ nya.Di lobby area untuk mengeffesienkan dan mengeffektikan ruangan tersebut menjadi suatu ruangan yang bisa memberikan nilai lebih dalam atri profit, maka management hotel biasanya lobby tempat yang merupakan pusat kegiatan para tamu hotel management / owner membuat suatu lounge demi kenyamanan para tamu dan akan dikelola oleh F&B department .
Sebuah lobby dalam hotel berbintang merupakan refresentatif dari keunikan, luxury, elegance, dan pelayanan servicenya untuk setiap tamu yang berkunjung atau menginap. Penataan , decoration lobby area yang syarat dengan kesan elegance, unik, merupakan tanggung jawab Housekeeping department secara umum, management hotel akan menrauh besar perhatian pada setiap keindahan, kenyamanan lobby area. Lantai yang harus selalu bersih dan harus selalu terlihat mengkilap untuk lantai yang terbuat dari marmer yang berkualitas, lampu-lampu kristal yang berkilauan, lukisan – lukisan yang bernilai artistik tinggi, furniture yang begitu lux, show case barang – barng antik pun melengkapi kemewahannya.
Semua itu harus terjaga, terawat dengan baik, housekeeping department menempatkan public area attendantnya in charge untuk lobby yang bertugas mejaga keberseihannya setiap saat.
Dengan equpiment yang elegance , unik , lux, diatas dimaksudkan bahwa lobby yang merupakan gerbang untuk memperkenalkan kepada tamu tentang kenyamanan, keindahan hotel tersebut.Lobby merupakan unsur untuk membuat first impression dalam rangka membuat rapport customers yang berkunjung. Oleh sebab itu tampilan, perawatan, penataan lobby hotel menjadi sangat penting untuk diperhatikan.
- Restaurant
Outlet – outlet F&B merupakan fasilitas pendukung dalam suatu hotel, penataan, lay out, dekorasi adalah sepenuhnya kewajiban F&B department, namun dalam perawatan furniture, kebersihan sanitasi yang higienis adalah tugas dan kewajiban housekeeping.Housekeeping tidak bertanggung jawab dengan segala peralatan restaurant seperti crokeries,chinaware dll.
Kewajiban housekeeping untuk restaurant adalah perawatan furniture, kebersihan restaurant. Yang harus diperhatikan dalam merawat dan menjaga kebersihan restaurant dengan membuat record saat melakukan special project misalnya, polishing furniture, shampoing karpet, brushing pantry service area, polishing granit.
- Function room
Function room yang meliputi beberapa meeting room yang digunakan sebagai fasiltas pendukung pada umumnya adalah dibawah naungan f&B department akan tetapi untuk perawatan furniture
adalah kewajiban housekeeping. Function room ini berbeda dengan ukuran luasnya, mulai dari kapasitas untuk rapat 10 orang sampai bisa menampung ribuan orang.untuk acara wedding ceremony atau acara yang melibatkan lebih banyak orang maka ballroom yang tepat di gunakan.
Tuigas Housekeeping dalam menjaga dan merawat fasilitas ini misalnya gunakan metode record yang untuk melakukan kegiatan brushing, polishing or shampoing.
- Lockers room
Lockers room merupakan bagian terprnting dalam tanggung jawab housekepping.Ruangan locker ini adalah merupakan ruang ganti karyawan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan aktifitas pekerjaan.Selain kebersihan lockers ini yang harus diutamakan, kenyamanan, sanitasi dan higienisnya, perlu diperhatikan.Pada umumnya lockers room baik male atau female harus menyediakan fasilitas toilet, shower cabin, wash basin dan changing room. Pest control harus dilakukan dengan frequensi yang tepat demi menjaga kebersihan dan tetap higienis.Begitu pula dengan lemari yang disediakan harus di tata penempatannya mengikuti kaidah – kaidah good clinic practice.
Kegiatan brushing, cleaning, treament harus di buat record,begitu pula untuk setiap kelengkapan lockers rusak dan harus sesegera mungkin di tangani.hal yang sering terjadi kerusakan dalam housekeeping seperti toilet tersumbat, wash basin tersumbat, drainase tidak berfungsi sempurna, supply air panas yang sering bermasalah, dan tidak sedap. Masalah – masalah tersebut harus di tangani dengan sesegera mungkin untyuk menghindari efek yang tidak baik pada kesehatan karyawan.
Selain ruangan – ruangan tersebut diatas masih banyak lagi ruangan yang harus di jaga kebersihannya, seperti Offices , mushola, parking area dll. Akan tetapi yang paling penting adalah komitment bersama
– sama untuk menjaga dan merawat fasiltas tersebut.
Order Taker Desk Section
Order taker desk ini merupakan section yang terdapat di dalam ruangan atau office Housekeeping department. Order taker desk terlihat simple dalam tugasnya hanya duduk di belakang meja mengangkat dan menerima order lewat telepone akan tetapi order taker memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan informasi tentang status kamar tamu dan tamu VIP yang on board. Pencatatan setiap order harus details, dan terrecord dengan system administrasi file yang rapi.Kegiatan order taker memang banyak melibatkan alat elektronik komputer dan tetelpone, membuat log book setiap transaksi kegiatan operasional.Hal paling penting untuk dikuasai sebagai order taker officer harus memiliki kecakapan memilih tingkat urgency dan mempunyai jiwa leadership dalam memutuskan sesuatu case, jika terjadi banyak order pelayanan yang overload. Officer order taker harus mampu melihat kondisi urgency tersebut. Selain kegiatan melakukan pencatatan setiap order , order taker officer juga melakukan kegiatan yang berkaitan dengan lost and found procedure, oleh karena itu seorang order taker officer harus secara intensif melakukan pengecekan terhadap setiap recorded Lost & Found.
Setiap barang – barang Lost and found memiliki kadar luasa yang harus dikeluarkan jika sang pemilik ( tamu hotel ) tidak mengklaim barang-barangya yang tertinggal tersebut dan ditemukan oleh karyawan sesuai dengan policy batas lama penyimpanannya. Tentunya saat melakukan pengecekan dan memberitahukan kepada executive housekeeper untuk barang-barang lost and found yang telah kadaluarsa masa penyimpanannya, executive housekeeper yang akan memutuskan untuk di keluarkan dan menjadi hak milik karywan yang menemukannya.
Linen and Uniform Section
Section ini merupakan section yang hubungan kerjanya erat dengan laundry department, Linen and uniform section dalam ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan bahan – bahan tekstil yang merupakan kelengkapan sarana kegiatan housekeeping department.Kita mengetahui section linen ini bertanggung jawab dengan segala kebutuhan linen baik untuk memenuhi kebutuhan dalam melakukan kegiatan floor section, public area section, F&B operation dan department lainnya yang membutuhkan supporting dari segi kebutuhan linen. Yang nampak jelas adalah semua karyawan pasti sangat berhubungan dengan section ini dalam penyediaan uniform.
Floor section membutuhkan stock seperti bed sheet, pillow case,blanket , curtain , bed cover, duvet, guest towels, rug , service towel dll.sementara public area section membutuhkan linen seperti out of service bed sheet, out of service guest towels, service towels dll, dalam rangka kelengkapan kegiatan proces cleaning, polishing dll, untuk F&B operation linen section harus memenuhi kebutuhan linennya seperti table cloth, table runner, service towel, glass cloth dll.
Perlu di highlight dalam section linen and uniform ini faktor data inventory sangat penting, karena semua pemakaian dan stock dalam gudang serta frequensi pembelian dapat terkontrol dengan baik.
System in – out, check details, dalam recorded atau log book harus valid.
Horticulture Section
Section ini berperan dalam memberikan kesan indah, peduli lingkungan, hijau dan artistik. Peran horticulture memberikan rasa nyaman kepada para tamu, sentuhan artistik seorang florist dalam merangkai sebuah flower arrangement bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan tamu.Taman yang hijau, pemilihan tanaman yang bisa memberikan efek relax, pemilihan tanaman yang memberikan efek positive akibat dampak rumah kaca, merupakan salah satu kewajiban section horticulture. Ruang lingkup horticulture ini sangat luas, menjangkau hampir semua department dalam hotel tsb.
Untuk melakukan kegiatan horticulture, pada umumnya management hotel lebih memilih out sourching company sebagai pengelolanya tetapi masih dalam tanggung jawab Housekeeping department, Florist
section yang akan bertindak sebagai coordinator kegiatan horticulture dalam setiap perencanaa dan pelaksanaan kegiatannya.
Kegiatan perawatan, penataan tanaman diluar gedung pada umumnya dipercayakan pada rekanan perusahaan akan tetapi penataan flower arrangement yang bersipat artistik untuk kebutuhan internal hotel dilakukan oleh florist attendant .
Minibar section
Untuk struktur organisasi section minibar section pada umumnya berada di bawah naungan housekeeping department tetapi ada juga yang berada dibawah naungan Food and beverage department, akan tetapi yang penting untuk dipahami yaitu cara kerjanya. Entah itu berada di wilayah Housekeeping atau F&B procedure kerjanya dalam melakukan kegiatannya sama.
Minibar attendant bertugas mensupply segala bentuk jenis minuman yang beralkohol ataupun non alkohol yang dikemas dalam bentuk botol atau kaleng berukuran mini, begitu jpula dengan makanan kecil ( snack ).Mininbar attendant dalam tugas ke sehariannya selain melakukan pengecekan apakah ada minuman atau makanan kecil yang tersdeia di dalam kamar di consume atau tidak saat tamu hotel
akan melakukan transaksi check out. Front desk attendant akan menghubungi minibar attendant pada saat tamu sedang dalam process checking out.Dalam melakukan kegiatan inventory seorang minibar attendant selain mensesuaikan stock harus melakukan system FIFO untuk menghidari expired product yang berlebihan yang tidak terjual.
Penelusuran yang terkait dengan Section – section dalam housekeeping
- pengertian housekeeping dalam bahasa inggris
- bagian bagian housekeeping
- housekeeping adalah
- apa itu room section
- struktur organisasi housekeeping
- struktur room section
- housekeeping report adalah
- materi housekeeping
Belum ada Komentar untuk "Section – section dalam housekeeping dan Penjelasannya Secara Lengkap"
Posting Komentar