Uraian Tugas Room Service Devision, Set Up Tray (Menu American Breakfast, English Breakfast), Cara Membawa Tray Ke Tamu dan Tahapan Pemesanan Melalui Door Knob Menu
Pengertian Room Service
Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atautempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service juga biasa disebut “In-RoomDining”.
Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Jika restorandan bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room servicememiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di kamar-kamar hotelatau apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan,,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.
Baca Juga: Pengertian Pariwisata - Pengelompokan Pariwisata, Komponen Pariwisata, Obyek da Daya Tarik Wisata
Uraian Tugas Room Service Devision
a. Room Service Manager
- Sebagai kepala atau pimpinan tertinggi room service
- Mengatur dan menyusun operasional room service secara keseluruhan
- Bertanggung jawab atas seluruh keperluan operasional room service
- Bertanggung jawab kepada F&B Manager
- Melakukan pengawasan langsung terhadap kelancaran operasioanl room service terutama pelayanan makan dan minum kepada tamu
- Membuat rencana kerja bagi bawahan
- Bertanggung jawab atas segala keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta appearance bawahannya
b.Asisten Room Service Manager
- Memeriksa kehadiran waiter
- Menyediakan segala sesuatu untuk service
- Mengawasai persiapan service yang akan dilakukan
- Mengontrol mutu pesanan yang akan disajikan ke tamu
- Bertanggung jawab kepada room service manager
- Menggantikan tugas head waiter saat berhalangan hadir
- Mengawasi dan membagi tugas untuk persiapan peralatan room service
- Membuat laporan operasional ke head manager
- Mengatur penggunaan peralatan dan bahan
c. Room Service Order Taker
- Menerima dan mencatat pesanan tamu
- Sebagai penghubung dan pemberi keterangan kepada tamu
- Sebagai selesmen atau penjual
- Menyampaikan dan bertangung jawab atas pesanan tamu kepada waiter
- Mengontrol setiap pesanan tamu
d. Room Service Waiter/Waiters
- Menyiapkan alat makan dan alat hiding
- Mengantar makanan dan minuman ke kamar tamu
- Meyajikan makanan dan minuman ke kamar tamu
- Mengclear-up makanan dan minuman di kamar tamu
- Menyampaikan atau menyerahkan bill tagihan pembayaran
- Memeriksa perlengkapan operasional
Departemen Terkait Room Service dan Uraian Tugasnya
Opersional room service tidak dapat jalan dengan lancar apabila tidak didukung dengan bagian lainnya, karena tidaklah mungkin segala sesuatu yang berkaitan dengan room service dapat dikerjakan sendiri tanpa adanya kerjasama dengan bagian lain. Adapun bagian-bagian yang bekerja sama dengan room service adalah sebagai berikut:
- Housekepping
Jika room service memerlukan bunga untuk hiasan trolley, maka room service menghubungi bagian housekeeping department atau tamu memerlukan linen yang bersih room service menghubungi bagian laundry (laundry adalah salah satu bagian dari Housekeeping).
- Front Office
Kerjasama antara room service dengan front office adalah jika ada tamu yang membayar hidangannya hanya dengan tanda tangan, maka guest billnya oleh room service cashier diberikan dengan segera ke front office, untuk ditagihkan pada waktu tamu check out. Begitu juga apabila ada tamu Vip, front office memberi informasi kepada bagian room service, bahwa ada tamu Vip yang harus diberikan compliment seperti fruit basket, bunga, dan lain-lain.
- Accounting
Kerjasama antara room service dengan accounting adalah mengenai pembayaran tamu yang memesan hidangan melalui room service. Room service tidak menyimpan guest bill atau uang tunai, semua urusan mengenai keuangan khususnya mengenai pembayaran tamu adalah cashier (cashier dalam struktur organisasinya di bawah accounting, bukan di bawah pengawasan room service.)
- Engineering
Kerjasama antara room service dengan engineering adalah apabila room service mempunyai kendala, misalnya dengan air coundition-nya yang rusak, lampu yang mati, kursi atau trolley rusak, dan lain-lain, maka bagian room service memerlukan bantuan dari engineering.
- Steward
Kerjasama antara room service dengan steward adalah mengenai penyediaan alat saji atau makan yang dipergunakan untuk operasional sehari-hari. Alat saji dan makan yang telah dipergunakan oleh tamu, maka room service mengirimkan alat-alat tersebut ke bagian steward, dan bagian room service mengambil alat-alat yang bersih.
- Pastry
Untuk keperluan pesanan roti dan kue untuk tamu, maka room service menghubungi bagian pastry untuk menyediakan pesanan tamu tersebut.
- Store
Apabila persediaan hampir habis seperti condiment (chilli sauce, tabasco, salt & pepper, tomato sauce), kacang, paper tissue dan lain-lain, maka room service menghubungi bagian store (gudang).
- Service Bar
Bagi tamu yang memesan minuman beralkohol, maka room service memesan minuman tersebut pada bagian service bar. Service bar tersebut berada diantara main kitchen (dapur utama) dengan room area. Service bar dalam operasionalnya tidak melayani tamu secara langsung.
Profil Waiter Room Service
- Menindaklanjuti pesanan tamu.
- Menghidangkan fruit basket di kamar bagi tamu baru datang (Check-in).
- Menata peralatan dan pesanan tamu diatas tray atau trolley.
- Memeriksa pesanan sebelum di kirim ke kamar tamu.
- Mengantarkan pesanan ke kamar tamu.
- Menata dan menyajikan pesanan di kamar tamu.
- Menyodorkan rekening/bill tamu dengan benar.
- Mengangkat peralatan kotor dari kamar tamu.
- Sift malam bertugas mengumpulkan door knob menu dan menyiapkan peralatannya.
- Melaporkan kegiatan kepada room service captain
Tugas Waiter Room Service:
- Melayani tamu dengan sopan dan baik.
- Mengantar pesanan ke kamar tamu.
- Set up pesanan Room Service.
- Clear Up Room Service.
Set Up Tray (Menu American Breakfast, English Breakfast)
Jenis-jenis Penataan tray dan trolley
Standar set up tray dan trolley untuk room service menggunakan equipment yang sama dengan standar set up di restoran. Tetapi ada beberapa peralatan yang tidak diperlukan seperti; meja, tablecloth, table number, dan ashtray.
Adapun jenis-jenis penataan tray dan trolley meliputi:
a. Breakfast
b. Lunch
c. Dinner
Standard set up tray and trolley for breakfast
Pada prinsipnya standar set up di room service akan menggunakan peralatan yang sama dengan direstoran seperti:
1. Tray 9. Folded napkin
2. Main knife 10. Teaspoon
3. Main fork 11. Flower vase
4. Side plate 12. Cup & saucer
5. Tray cloth 13. Tea pot
6. Side knife 14. Sweetener
7. Water goblet 15. Creamer
8. Salt & pepper cruets 16. Jam container
Standard set up tray and trolley for lunch and dinner
Peralatan yang digunakan:
1. Tray 6. Main knife
2. Tray cloth 7. Side plate
3. Side knife 8. Main fork
4. Water goblet 9. Flower vase
5. Folded napkin 10. Salt & pepper cruet
Ketentuan umum penataan tray:
- Ambil tray bersihkan bagian atas, bawah dan pinggirnya
- Lengkapi dengan tray cloth atau tray mat yang bersih
- Lipatlah napkin menyerupai bantal atau lipatan yang lain yang sesuai.
- Masukanlah dinner knife kedalam folded napkin disebelah kanan, dengan mata pisau menghadap ke kiri dan dinner fork disebelah kiri. Dan letakanlah disebelah kanan bawah
- Letakanlah side knife disebelah bawah kiri tray
- Letakan center equipment ditengah-tengah sebelah atas tray
- Letakan water goblet disebelah kanan atas tray
- Letakan cup and saucer sebelah kanan bawah tray.
Tata cara dan prosedur untuk mengambil makanan dan minuman:
- Sebelum mengambil makanan dan minuman harus dilakukan pemeriksaan terhadap kebersihan tray dan peralatan yang digunakan, kelengkapan dan ketepatan peralatan khususnya cutlery yang digunakan.
- Ambilah makanan yang dingin sebelum yang panas dan pastikan bahwa semua accompaniments (seperti: tomato ketchup, tartar sauce, mustard, berbagai macam dresing untuk salad, milk, cream, lime, sausage, bacon, ham, jam, marmalade, honey, sambal, dll) untuk masing-masing makanan tersebut sudah lengkap.
- Makanan dan minuman harus diperiksa, dengan memperhatikan sedetail mungkin seperti:Food and beverage temperatures, Portion size, Visual presentation as per recipe standards, Wine details, including vintage.
- Suhu makanan dan minuman harus diperhatikan dari waktu pengambilan sampai pada pengirimannya.
- Penutup makanan (plate cover) dan atau hot boxes harus digunakan untuk mempertahankan suhu makanan.
- Ambilah bill atau check tamu dan komfirmasikan apakah sudah sesuai dengan pesanannya.
Bila semua item sudah diperiksa seperti: service equipment, kesesuaian dengan pesanan makanan dan minuman dan bill. Makanan dan minuman tersebut harus segera dikirim ke kamar tamu dan tidak boleh ditunda.
Cara Membawa Tray Ke Tamu
- Penataan harus rapi bersih dan menarik.
- Hindari penumpukan dan jauhkan antara makanan panas dengaan makanan dingin
- Suhu makanan harus tetap di jaga (gunakan alat yang dapat menjaga suhu dan kondisi makanan) seperti gunakan heater untuk makanan panas, termos/pot untuk minuman dan alat / bahan pendingin untuk makanan dingin.
- Jauhkan makanan yang mudah tumpah dengan badan saat membawa.
- Pastikan seluruh makanan tertutup (gunakan food cover dan plastic wrapped).
- Kelompokan makanan utama dengan makanan penyertannya
- Gunakan peralatan yang tepat.
Cara Memasuki Kamar Tamu
- Pramusaji memastikan nomor kamar yang dituju
- Pramusaji mengetuk pintu kamar tamu sebanyak tiga kali sambil menyebutkan jati diri (room service).
- Setelah tamu membuka pintu, pramusaji mengucapkan salam kepada tamu (selamat pagi / selamat siang / selamat malam tergantung dari waktu pengantarannya).
- Jika menggunakan trolley pramusaji menanyakan kepada tamu dimana tamu ingin menikmati hidangannya. Dan jika menggunakan tray pramusaji dapat menata hidangan tamu di atas coffe table atau night table.
- Jika menggunakan trolley , maka trolley dapat diperbesar dahulu dengan cara membuka sayap kiri dan kanan. Pastikan bahwa roda trolley terkunci dengan baik agar pada saat tamu makan trolley tersebut tidak lepas dari kaitannya.
- Jelaskan kepada tamu jenis makanan dan minuman sesuai dengan pesanannya termasuk peralatan yang digunakan.
Etika memasuki kamar tamu
- Mendekati karma dengan tenang
- Ketuk kamar dengan sopan dan ucapkan “ room service secara jelas dan penuh kepercayaan. Ingat bahwa suara anda harus menembus pintu yang ter tutup.
- Dengarkan jawab tamu dan lakukan reaksi yang sesuai, menunggu diluar atau masuk didalam kamar bila tidak ada jawaban , ketuk kembali dan ucapkan room service jangan masuk sebelum tamu membukakan pintu atau anda diminta masuk.
- Bila anda telah masuk, sapa tamu dengan menyebut namanya atau kata – kata lain yang diperlukan.
Cara Menyajikan Ke Tamu Diatas Meja
Mendekatlah dengan terlebih dahulu mengucapkan “maaf, permisi”, dengan suara sedang agar mereka tidak terkejut, lalu letakkan makanan atau minuman sesuai pesanan dan prosedur pelayanan yang berlaku di restoran tersebut. Telitilah kelengkapan segala sesuatunya sambil tetap berdiri dengan sopan.Apabila semua sudah siap, ucapkan “Selamat Makan dan Menikmati “, lalu mundur beberapa langkah sambil tetap memperhatikan mereka dengan sikap berdiri tegak. Begitu pula pada saat clearing-up sampai pada saat memberikan bill selalu diiringi dengan service courtesy, sehingga service courtesy selalu melekat pada setiap tahapan service.
Cara Meninggalkan Kamar
- Tanyakan kepada tamu apakah memerlukan pelayanan dari pramusaji pada saat menikmati hidangan, jika tidak pramusaji mempresentasikan bill dan meminya tamu untuk menandatanganinya.
- Sebelum meninggalkan kamar tamu, pramusaji mematikan alat pemanas (heater atau rechaud) yang berada dibawah trolley. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti makanan hangus, atau kebakaran..
- Selanjutnya pramusai memberikan “Magic Word” have a nice day kepada tamu dan mengucapkan salam sekali lagi kepada tamu.
- Pramusaji meninggalkan kamar tamu dan menutup kembali pintu kamar tamu dengan perlahan.
- Pramusaji kembali ke kasir untuk menyerahkan bill dan selanjutnya ke room service station untuk melaksanakan tugas berikutnya.
Clear Up
Semua peralatan yang telah selesai digunakan segera diangkat dari kamar tamu. Hal ini merupakan tanggung jawab penuh room service waiter yang bersangkutan. Mereka harus memastikan bahwa semua peralatan telah kembali dan sesuai dengan jumlah pada saat pengiriman.
Ada beberapa tempat dimana waiter dapat mendapatkan kembali peralatan yang sudah selesai digunakan dalam pelayanan room service yaitu:
- Di kamar tamu.
- Di koridor (biasanya tamu meletakkan diluar kamar dekat pintu masuk).
- Di housekeeping floor station (dikumpulkan oleh room boy / maid dan disimpan di housekeeping station).
1. Prosedur mengangkat piring kotor di room service:
- Tunggu 1 jam setelah pengiriman (cek pada report room service pesanan yang akan di clear-up).
- Tamu akan menelpon order taker, memberitahukan staf room service untuk segera mengangkat piring kotor.
- Bawa dan gunakan format pencatatan peralatan yang digunakan baik untuk pengiriman dan pengambilan.
- Masuk ke kamar bila tamu sudah mempersilahkan.
- Minta bantuan room boy/maid untuk membukakan pintu.
- Angkat semua peralatan kotor dan susun di atas nampan/trolley antara lain: sisa-sisa makanan, peralatan makan, piring dangelas, serbet makan, dll.
- Jumlah peralatan yang ada harus sesuai dengan jumlah pada saat pengiriman.
- Laporkan bila ada kekurangan peralatan.
Pengawasan terhadap peralatan yang digunakan di room service harus dilakukan dengan baik dan ketat untuk mencegah terjadinya banyak kehilangan terhadap penggunaan peralatan. Di room service diterapkan pennggunaan format isian yang diletakkan di atas baki atau rolling table yang dikirim ke kamar-kamar. Ketika room service waiter kembali membawa peralatan dan perlengkapan yang telah di pakai di kamar tamu, mereka harus dengan segera memeriksa ulang dan menyesuaikan peralatan sesuai dengan catatan yang ada pada format pada saat pengiriman. Bila terjadi kekurangan atau kehilangan harus segera melaporkan kepada supervisor yang bertugas.
Tahapan Pemesanan Melalui Door Knob Menu:
Cara Pengisian Door Knob Menu
Doorknob menu sudah disediakan room boy di kamar tamu, dan tamu mengisi doorknob menu pada malam hari sebagai berikut:
- Hidangan apa yang diinginkan
- Banyaknya hidangan yang dipesan.
- Tanggal pemesanan.
- Jam pengantaran hidangan.Nomor kamar.
- Tanda tangan tamu.
Setelah doorknob menu diisi oleh tamu, maka doorknob menu tersebut oleh tamu digantungkan di handel pintu kamar tamu di sebelah luar. Kemudian petugas room service mengambil doorknob menu di setiap kamar tamu yang memesan. Doorknob menu langsung diberikan ke order taker untuk dibuatkan guest bill dan dipilah-pilah sesuai dengan jam yang sama serta jam yang lebih dahulu hidangan yang akan dikirim.
Cara Pengumpulan Door Knob Menu
Untuk mengumpulkan doorknob menu tersebut dapat dilakukan dengan cara:
- Petugas berkeliling di setiap floor setiap satu jam sekali.
- Mengambil doorknob menu yang tergantung didepan pintu tamu dan mencocokan nomor kamar yang tertera serta memperhatikan waktu pengiriman order tersebut.
- Mengumpulkan doorknob menu di room service sesuai dengan waktu delivery.
- Menyalin order yang tertulis pada doorknob menu ke dalam captain order dengan teknik ‘triplicate checking system’.
- Mempersiapkan peralatan yang sesuai dengan order tersebut (set-up). Pastikan peralatan yang digunakan bersih termasuk tray dan atau trolly
Baca Juga: Pengertian dan Definisi Parwisata Beserta Dampak Positif dan Negatif Pariwisata
Penelusuran yang terkait dengan room service merupakan
- peralatan room service
- materi room service pdf
- mengapa tamu hotel menggunakan jasa room service jelaskan alasannya
- room service equipment
- sebutkan dan jelaskan cara pemesanan di room service!
- pengertian room service dalam bahasa inggris
- susunan petugas room service
- percakapan room service saat mengantarkan makanan
Belum ada Komentar untuk "Uraian Tugas Room Service Devision, Set Up Tray (Menu American Breakfast, English Breakfast), Cara Membawa Tray Ke Tamu dan Tahapan Pemesanan Melalui Door Knob Menu"
Posting Komentar